DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2015: SEMESTER 1

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Keefektifan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

RETNO FAJARWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajarwati, Retno. 2015. Keefektifan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A. (II) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A.

Kata kunci: pendekatan cognitive behavior modification, motivasi berprestasi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan cognitive behavior modification(CBM) dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan eksperimen subjek tunggal dengan “reversal design”. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII yang teridentifikasi memiliki motivasi berprestasi rendah. Pemilihan subjek berdasarkan hasil angket dan hasil observasi.

Data pada fase baseline dan pada fase intervensi diperoleh melalui rubrik observasi serta didukung dengan rubrik penilaian lembar refleksi. Analisis data menggunakan analisis visual. Keseluruhan motivasi berprestasi subjek pada fase baseline pertama (A1) cenderung stabil rendah. Pada fase intervensi pertama (B1) empat subjek mengalami peningkatan dan terdapat satu subjek yang pada sesi awal belum mengalami peningkatan. Pola ini menunjukkan terjadi latensi atau subjek membutuhkan waktu penyesuaian pada proses intervensi. Namun kondisi subjek berubah pada sesi ketiga di akhir fase intervensi pertama (B1) terjadi peningkatan level. Masuk pada baseline kedua (A2) saat intervensi ditarik dan tidak diberikan, terjadi penurunan. Kondisi ini berubah setelah masuk ke fase intervensi kedua (B2) terjadi peningkatan level dan trend. Pola tersebut menunjukkan bahwa jika intervensi ditarik atau tidak diberikan terjadi penurunan level dan trend, dan jika intervensi diberikan terjadi peningkatan level dan trend.

Simpulan yang dapat diambil dari penelitian adalah pendekatan cognitive behavior modification efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP. Hasil penelitian tersebut mengarahkan beberapa saran, yaitu 1) penguasaan akan dinamika kelompok menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam menerapkan CBM, agar siswa dapat melalui setiap tahapan intervensi dengan maksimal 2) penelitian ini menggunakan single subject design, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan desain penelitian lain agar pendekatan CBM  dapat lebih teruji keefektifannya dalam meningkatkan motivasi berprestasi.