DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2015: SEMESTER 1

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Muatan Lokal Keterampilan Kerja (Studi Multi Situs di MA Sunan Kalijaga dan MA Miftahul’Ula Kabupaten Nganjuk)

SONY EKO ADISAPUTRO

Abstrak


ABSTRAK

 

Adisaputro, Sony Eko. 2015. Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Muatan Lokal Keterampilan Kerja (Studi Multi Situs di MA Sunan Kalijaga dan MA Miftahul’Ula Kabupaten Nganjuk). Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo, M. Pd (II) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: implementasi, manajemen kurikulum muatan lokal, keterampilan kerja, pembelajaran

Penelitian ini dilatar belakangi oleh undang-undang No 20 tahun 2003 pasal 36 ayat 3 yang salah satu butirnya menyatakan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia meliputi Tuntutan dunia kerja, maka dari itu penelitian ini di lakukan di MA Sunan Kalijaga dan MA Miftahul’Ula, karena lembaga ini satu-satunya lembaga pendidikan tingkat SMA/MA di Nganjuk yang menyelenggarakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang memasukan mata pelajaran keterampilan antara lain: otomotif mobil, otomotif sepeda motor, tata busana dan tata rias pengantin untuk MA Sunan Kalijaga, sedangkan MA Miftahul’Ula memiliki keterampilan berupa: pengelasan dan tata busana. Program keterampilan kerja merupakan terobosan baru untuk memberikan keterampilan bagi peserta didik.

Berdasarkan kontek penelitian tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri dari: (1) proses perencanaan kurikulum dan pembelajaran muatan lokal keterampilan kerja keterampilan kerja, (2) pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran muatan lokal keterampilan kerja keterampilan kerja, (3) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran muatan lokal keterampilan kerja keterampilan kerja (4) evaluasi kurikulum dan pembelajaran muatan lokal keterampilan kerja keterampilan kerja di MA Sunan Kalijaga dan MA Miftahul’Ula.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik dengan rancangan penetian berupa studi multi situs sebagai rancangan penelitian ini agar peneliti dapat mengamati secara cermat mengenai suatu program, peristiwa, fenomena, aktivitas, proses serta kegiatan mengenai objek yang akan diteliti. pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam (In depth interview) dokumentasi, observasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis data induktif dengan pendekatan induktif membuka kemungkinan untuk melakukan penemuan atau discovery, serta penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data berupa trianggulasi dan member check, untuk trianggulasi menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua madrasah melaksanakan program keterampilan kerja berupa: (1) mata pelajaran yang dimasukan kedalam struktur kurikulum muatan lokal, program keterampilan kerja ini merupakan wujud dari visi misi yang ada di kedua madrasah tersebut, (2) pengorganisasian yang dilakukan di kedua madrasah ini, dengan menyiapkan materi-materi pembelajaran yang sesuai dengan bidang keterampilan yang dimiliki oleh kedua madrasah tersebut, dan juga mencarikan tenaga pendidik yang sesuai dengan ketrampilan sehingga peserta didik dapat dengan mahir dalam menguasai materi-materi yang sudah disiapkan oleh madrasah. Bentuk pengorganisasian yang ada di kedua lembaga tersebut dapat terlihat dari struktur kurikulum yang ada di masing-masing madrasah yaitu dengan memasukan mata pelajaran ketarampilan kedalam intrakurikuler, yang menjadi mata pelajaran wajib pilihan bagi MA Sunan Kalijaga dan menjadi wajib bagi peserta didik di MA Miftahul’Ula, (3) program keterampilan kerja ini berupa mata pelajaran keterampilan yang pelaksanaannya dilakukan 2 jam/minggu untuk semua kelas baik kelas sepuluh sampau kelas dua belas, dengan metode pengajaran berupa ceramah kemudian disertai dengan praktik langsung, serta guru mata pelajaran keterampilan dalam penyampaian materinya sesuai SK/KD yang ada dan dijabarkan kedalam program tahunan, program semester, program minguan, silabus dan RPP, (4) kepala madrasah dalam melaksanakan evaluasi menggunakan evaluasi kontek, evaluasi dokumen, evaluasi proses dan evaluasi hasil dengan bentuk evaluasi formatif dan sumatif. Dalam evaluasi program keterampilan kerja guru mata pelajaran menggunakan teknik tes tulis dan praktik.

Berdasarkan pada pembahasan dan kesimpulan penelitian maka disarankan sebagai berikut: (1) Kepala Kemeterian Agama kabupaten Nganjuk, agar meningkatkan dan memotivasi lembaga pendidikan khususnya madrasah aliyah untuk dapat mengembangkan kurikulum muatan lokal keterampilan kerja, (2) Kepala Madrasah Aliyah, agar meningkatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap kurikulum muatan lokal keterempilan kerja, (3) bagi madrasah lain, hendaknya memberikan matapelajaran muatan lokal sesuai dengan kondisi daerah tempat tinggal, (4) peneliti lain, dapat dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian lebih kompleks tentang implementasi kurikulum muatan lokal keterampilan kerja dan pembelajaran