DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Kompetensi Mata Pelajaran Produktif yang Diajarkan di SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kota Mojokerto Menurut Kurikulum Toyota. (Tesis)

Supa’i Supa’i

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi lulusan agar mereka dapat mengisi peluang kerja yang ada di dunia usaha/dunia industri. Kurikulum yang diharapkan harus memiliki kesesuaian atau relevansi dengan kebutuhan yang dipersyaratkan oleh DU/DI. Oleh karena itu, keterlibatan DU/DI dalam penyusunan kurikulum dan keikutsertaan untuk mem-bantu proses belajar mengajar di SMK perlu ditingkatkan dalam suatu bentuk kemitraan antara SMK dengan DU/DI.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian standar kom-petensi dan kompetensi dasar mata pelajaran produktif yang diajarkan di SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kota Mojokerto menurut kurikulum Toyota. Mata pelajaran produktif tersebut meliputi: (1) Gambar Teknik, (2) Pe-ngetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM), (3) Automotive General Knowledge & Frequency Service Job, (4) Chasis, Drive Train & Frequency Service Job, (5) Engine & Frequency Service Job, dan (6) Electrical & Frequency Service Job.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis dokumen. Populasi penelitian adalah seluruh guru mata pelajaran produk-tif SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif bidang keahlian General Repair di Kota Mojokerto. Teknik analisis data tiap-tiap butir instrumen menggu-nakan rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Gambar teknik yang diajarkan di  SMK Kota Mojokerto sebagian besar sudah sesuai dengan kurikulum Toyota (58,25% dan 69,86%), (2) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PDTM yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto sebagian besar sudah sesuai dengan kurikulum Toyota (61,07% dan 67,86%), (3) kesesuaian standar kompe-tensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Automotive General Know-ledge & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (38,10% dan 44,36%), (4) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Chasis, Drive Train & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (39,48% dan 45,14%), (5) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Engine & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojo-kerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (44,23% dan 46,50%), dan (6) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Electrical & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (48,19% dan 48,15%)

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada sekolah untuk men-jalin kerjasama (kemitraan) dengan DU/DI. Kerjasama ini bertujuan untuk meng-identifikasi dan menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang seharusnya diberikan kepada peserta didik dengan mengacu kepada kebutuhan kompetensi dunia kerja, khususnya mata pelajaran: (1) Automotive General Knowledge & Frequency Service Job, (2) Chasis, Drive Train & Frequency Service Job, (3) Engine & Frequence Service Job, dan (4) Electrical & Frequency Service Job.