DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Kompetensi Mata Pelajaran Produktif yang Diajarkan di SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kota Mojokerto Menurut Kurikulum Toyota. (Tesis)

Supa’i Supa’i

Abstrak


Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi lulusan agar mereka dapat mengisi peluang kerja yang ada di dunia usaha/dunia industri. Kurikulum yang diharapkan harus memiliki kesesuaian atau relevansi dengan kebutuhan yang dipersyaratkan oleh DU/DI. Oleh karena itu, keterlibatan DU/DI dalam penyusunan kurikulum dan keikutsertaan untuk mem-bantu proses belajar mengajar di SMK perlu ditingkatkan dalam suatu bentuk kemitraan antara SMK dengan DU/DI.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian standar kom-petensi dan kompetensi dasar mata pelajaran produktif yang diajarkan di SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kota Mojokerto menurut kurikulum Toyota. Mata pelajaran produktif tersebut meliputi: (1) Gambar Teknik, (2) Pe-ngetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM), (3) Automotive General Knowledge & Frequency Service Job, (4) Chasis, Drive Train & Frequency Service Job, (5) Engine & Frequency Service Job, dan (6) Electrical & Frequency Service Job.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis dokumen. Populasi penelitian adalah seluruh guru mata pelajaran produk-tif SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif bidang keahlian General Repair di Kota Mojokerto. Teknik analisis data tiap-tiap butir instrumen menggu-nakan rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Gambar teknik yang diajarkan di  SMK Kota Mojokerto sebagian besar sudah sesuai dengan kurikulum Toyota (58,25% dan 69,86%), (2) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PDTM yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto sebagian besar sudah sesuai dengan kurikulum Toyota (61,07% dan 67,86%), (3) kesesuaian standar kompe-tensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Automotive General Know-ledge & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (38,10% dan 44,36%), (4) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Chasis, Drive Train & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojokerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (39,48% dan 45,14%), (5) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Engine & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK Kota Mojo-kerto hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (44,23% dan 46,50%), dan (6) kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar kelompok mata pelajaran Electrical & Frequency Service Job yang diajarkan di SMK hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kurikulum Toyota (48,19% dan 48,15%)

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada sekolah untuk men-jalin kerjasama (kemitraan) dengan DU/DI. Kerjasama ini bertujuan untuk meng-identifikasi dan menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang seharusnya diberikan kepada peserta didik dengan mengacu kepada kebutuhan kompetensi dunia kerja, khususnya mata pelajaran: (1) Automotive General Knowledge & Frequency Service Job, (2) Chasis, Drive Train & Frequency Service Job, (3) Engine & Frequence Service Job, dan (4) Electrical & Frequency Service Job.