DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Multimedia pada matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bahrur Rosyidi Duraisy

Abstrak


ABSTRAK

 

Duraisy,Bahrur  Rosyidi.2013.Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Multimedia pada Matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah Al Asyhar Bungah Gresik.Jurusan Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes.(II) Dr. H. Sulton, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan,Media Presentasi Pembelajaran, Multimedia, TIK

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media presentasi pembelajaran  yang  terintegrasi dengan alur navigasi  yang telah tervalidasi pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XII MA Al Asyhar  Bungah Gresik  yang dilengkapi dengan audio dan video tutorial  untuk membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan.

Prosedur dan sistematika pengembangan media presentasi pembelajaran berbasis multimedia ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari pengembangan Clark & Mayer 2003 yang dimodifikasi oleh Cepi Riyana (2007) dan Borg dan Gall 1983 yang dimodifikasi bisa dijabarkan secara lebih terperinci menjadi 7 langkah sistematis sebagai berikut: (1) analisis potensi dan masalah (2) Desain Produk (3) mengumpulkan materi, (4) membuat produk awal(5) melakukan uji ahli (6) merevisi produk dari uji ahli, dan (7) melakukan uji lapangan. uji coba produk yang telah direvisi pada siswa kelas XII dengan subjek sebanyak  35  siswa dan diteliti menggunakan kuisioner yang dianalisis keseluruhannya.

Hasil pengembangan media dinyatakan valid atau layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran klasikal dan personal. Hal itu dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik dari ahli media dengan skor persentase 87,84 %(valid), sedangkan ahli materi dengan skor persentase 90,63 %(valid), uji lapangan secara klasikal diperoleh hasil 89,29%(valid). Data pengolahan hasil tes belajar diperoleh skor rata-rata pre-test 66,0  dan pada post-test adalah 80,4, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada uji coba klasikal secara keseluruhan sebesar 358  dengan persentase sebesar 10,3%.  Dari pengolahan data tabel juga terlihat peningkatan persentase siswa yang memenuhi SKM (≥ 70). Sebelum penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis multimedia , persentase jumlah siswa yang memenuhi SKM sebesar 45,7%, menjadi 91,4% setelah siswa menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis multimedia. Hasil belajar dianalisis dengan metode Uji t sampel berpasangan (paired samples t test).Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SPSS diperoleh  kesimpulan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan.

Saran pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya yaitu  sebaiknya guru  menyampaikan materi secara terstrukturkarena terdapat beberapa materi yang saling berkaitan.Pengembangan media presentasi ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengembangan selanjutnya pada materi pembelajaran lainnya yang lebih menarik, dinamis, dan atraktif. Pengembangan produk ini hanya sampai pada tahap evaluasi formatif. Sehingga bila hendak dipakai untuk tahap diseminasi, maka perlu dilakukan evaluasi sumatif terlebih dahulu.