DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERNUANSA KEBANGSAAN MELALUI MODEL ECONOMICS COOPERATIVE LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Putri Ayu Anisatus Shalikha

Abstrak


ABSTRAK

 

Shalikha, Putri. A.A. 2013. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Bernuansa Kebangsaan Melalui Model Economics Cooperative Learning Di Sekolah Menengah Atas (Sma). Tesis.Prodi S2 Pendidikan Ekonomi, JenjangMagister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd., (II) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed.

 

Kata kunci:Pembelajaran Ekonomi Bernuansa Kebangsaan,Model Economics Cooperative Learning

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi di SMA cenderung hanya terpaku pada penyelesaian penyampaian materi yang terdapat pada buku teks kepada peserta didik dan kurangnya minat peserta didik untuk mempelajari ekonomi sehingga pada saat ujian peserta didik melakukan kecurangan agar mendapat nilai bagus. Keadaan tersebut berarti bahwa pembelajaran ekonomi yang selama ini diterjadikan di kelas cenderung mengajarkan nilai-nilai liberalisme kepada peserta didik serta melupakan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945 khususnya pada pasal 33 sehingga hanya mencetak generasi penerus bangsa yang berjiwa liberalisme ketimbang berjiwa Pancasila. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian dan pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa kebangsaan melalui model Economic Cooperative Learning untuk menterjadikan pembelajaran ekonomi yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 yang mengacu pada tujuan pembelajaran ekonomi yang termaktub dalam Standar Isi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan dengan pendekatan design based research(DBR).

Penelitian ini menggunakan pendekatan model Design Based Research dalam pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Kebangsaaan Melalui Model Economic Cooperative Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik statistika deskriptif dan kualitatif.

Berdasarkan hasilpenelitian dan pengembangan menunjukkan hasil tanggapan peserta didik pada saat uji coba di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan dan di SMA Negeri 1 Talun sebesar 93,5% dan 97,04%. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Economics Cooperative Learning dapat memahamkan peserta didik tentang konsep ekonomi yang sesuai dengan idiologi Bangsa Indonesia terutama dapat menanamkan nilai-nilai karakter kebangsaan diantaranya, cinta produk Indonesia, menjunjung tinggi kebersamaan, menghargai pendapat orang lain, hemat, bijak dan musyawarah untuk mufakat.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar, (1)pemanfaatan model pembelajaran Economic Cooperative Learning perlu dikembangkan untuk semua materi yang bersifat matematis dengan beberapa modifikasi model, (2) produk diseminasikan pada forum MGMP Guru Mata Pelajaran Ekonomi, (3) pengembangan produk lebih lanjut berupa pengembangan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran Economic Cooperative Learning melalui sarana media elektronik yang inovatif dan kreatif.