DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Transformative Learning pada Pengasuhan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga

Edi Widianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Widianto, Edi. 2013. Transformative Learning pada Pengasuhan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir, M.A., (II) Dr. Achmad Rasyad, M.Pd.

Kata Kunci: transformative learning, pengasuhan, anak usia dini, keluarga.engasuhan anak usia dini dalam keluarga merupakan proses yang penuh dengan permasalahan dan peristiwa transformatif. Kasus ‘anak karbitan' sebagai dampak ambisi dari orangtua banyak terjadi di daerah perkotaan, sedangkan di daerah pedesaan banyak orangtua yang melakukan berbagai kekeliruan dalam mengasuh anak. Hal tersebut disebabkan oleh kurang adanya pemahaman orangtua dalam mengasuh anak yang ideal.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) gambaran umum transformative learning pada pengasuhan anak usia dini di lingkungan keluarga, (2) masalah-masalah yang dihadapi orangtua dalam mengasuh anak usia dini di dalam lingkungan keluarga, (3) tindakan-tindakan yang dilakukan orangtua dalam mengatasi masalah pengasuhan anak usia dini melalui transformative learning di lingkungan keluarga, (4) dampak transformative learning dalam pengasuhan anak usia dini di lingkungan keluarga.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di Desa Duwet Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Informan penelitian adalah orangtua yang mempunyai anak usia 0-6 tahun. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, FGD, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sebelum turun ke lapangan dan selama di lapangan dengan menggunakan interactive analysis models menurut Miles & Huberman.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat kesimpulan. Pertama, orangtua banyak mengalami pembelajaran transformatif dalam mengasuh anak-anaknya. Pada umumnya, mereka tidak menyadari bahwa pengalaman belajar yang dilakukan orangtua membawa dampak transformatif terhadap kehidupan dalam mengasuh anak dalam lingkungan keluarga. Kedua, masalah-masalah yang dihadapi orangtua dalam mengasuh anak usia dini berupa: (1) masalah yang berkaitan dengan mengelola karakter yang unik anak, (2) masalah yang berkaitan dengan pembiasaan anak, (3) masalah yang berkaitan dengan melatih kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab anak, (4) masalah yang dihadapi orangtua yang berkaitan dengan interaksi sosial anak, (5) masalah yang berkaitan dengan melatih percaya diri anak, (6) masalah yang berkaitan dengan pendidikan seks anak usia dini. Ketiga, tindakan-tindakan yang dilakukan orangtua dalam menyelesaikan masalah pengasuhan anak usia dini berupa pemberian penghargaan, nasihat, peringatan, hukuman, dan pembiaran kepada anak. Keempat, dampak transformatif yang terjadi pada orangtua, yaitu secara internal dan eksternal.

 

ABSTRACT

 

Widianto, Edi. 2013. Transformative Learning in Early Childhood Parenting in Family Environments. Thesis. Nonformal Education Program, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir, M.A., (II) Dr. Achmad Rasyad, M.Pd.

Keywords: transformative learning, parenting, early childhood, family.Early childhood parenting in a family is a process fraught with problems and transformative events. One of the cases is ‘anak karbitan' as a result of parents' ambition prevalent in urban areas, while in rural areas many parents do a variety of mistakes in parenting. It is caused by a lack of parental understanding on the parenting ideal.The purpose of this study is to explain: (1) an overview of transformative learning in early childhood parenting in family environments, (2) the problems parents face in parenting younger children in family environments, (3) the actions that parents do in addressing the issue of the early childhood parenting through transformative learning in family environments, (4) the impact of transformative learning in early childhood parenting in family environments.This study employed a qualitative approach with a case study design. This study took place in Desa Duwet Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. The informants of this study were parents having children aged 0-6 years. The processes of data collection used were in-depth interviews, focus group discussions, participatory observation, and documentation. The techniques of data analysis were conducted prior to and during going to the field by using interactive analysis models according to Miles & Huberman.Based on the data analysis, there were four conclusions. First, many parents experienced a transformative learning in parenting their children. In general, they did not realize that the learning experience they did gave transformative impacts on their way of parenting their children in their family environments. Second, the problems faced by parents in early childhood parenting were: (1) problems associated with managing the unique character of the child, (2) problems associated with the habituation of a child, (3) issues related to training the children's independence, discipline, and responsibilities, (4) the problems faced by parents with regard to the child's social interaction, (5) problems related to training their children's confidence, (6) issues related to sex education of early childhood. Third, the actions that the parents did in solving early childhood parenting issues such as giving awards, advice, warnings, punishments, and neglects to their children. Fourth, the transformative effects that occurred in parents were internally and externally.