DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Problem Based Learning (Studi pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang)

Linda . Rachmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Linda. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Problem Based Learning (Studi pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd; (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA, Model Problem Based LearningTuntutan teoretik menyatakan bahwa dalam kegiatan pembelajaran harus didukung oleh perangkat yang dapat memperlancar prosesnya dan efektif mencapai tujuan belajar. Ditemukan fakta bahwa di SDN Wandanpuro 04 belum menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan KTSP. RPP yang dibuat oleh guru cenderung kurang tepat dan kurang memperhatikan prinsip pembuatannya sehingga kegiatan pembelajaran kurang terstruktur dengan baik. Aktivitas belajar siswa cenderung didominasi oleh guru, siswa kurang mandiri, mengabaikan tugas dan kurang bisa bersosialisasi dengan teman. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu belajar siswa secara mandiri dan melatih bersosialisasi bersama temannya. Oleh karena itu dikembangkanlah  perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL berupa RPP dan modul. Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) mengembangkan perangkat yang valid secara teoretik, (2) mempunyai tingkat keterterapan yang tinggi, dan (3) efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg&Gall. Secara garis besar langkah penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) uji coba skala terbatas, dan (6) produk akhir. Studi pendahuluan dilakukan untuk menganalisis kebutuhan. Perencanaan dilakukan dengan mengkaji teori, analisis karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, dan mengembangkan instrumen. Selanjutnya pengembangan produk RPP dan modul berorientasi model PBL. Validasi produk diberikan kepada ahli perencanaan pembelajaran untuk RPP sedangkan ahli materi/isi dan ahli desain untuk modul lalu dilakukan revisi I. Uji coba skala diawali dengan uji coba kelompok kecil lalu uji coba pada kelas lalu dilakukan revisi II sehingga menghasilkan produk akhir.Validasi ahli dan uji coba skala terbatas menghasilkan data-data yang digunakan untuk revisi penyempurnaan produk. Validasi pada RPP mencapai kategori cukup valid dan modul mencapai kategori cukup valid. Data keterterapan mencapai kategori sangat tinggi sedangkan data keefektifan mencapai kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL dapat dikatakan valid secara teoretik, mempunyai tingkat keterterapan yang tinggi dan efektif mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi terkait daur air dan perlunya menghemat air pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 Malang.

 

ABSTRACT

 

Rachmawati, Linda. 2013. Development of Natural Science Learning Equipment Oriented Problem Based Learning Model (Study on the Fifth Graders at State Elementary School Wadanpuro 04 of Bululawang Subdistrict of Malang Regency). Thesis, Elementary Education Study Program, Postgraduate, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd; (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D.

 Keywords: Natural Science Learning Equipment, Problem Based Learning ModelTheoretical demand states that in the learning activity should be supported by equipment which can smooth the process and the effectivity to achieve the purpose of learn. Founded a fact that at State Elementary School Wadanpuro 04 did not use yet a learning material which is appropriate for Education Unit Level Curriculum. Learning Implementation Plan which is made by teacher tends to less appropriate and less to pay attention the principle of making, so that the learning activity is less structured properly. The learning activity of the students tend to be dominated by teacher, the students are less to be independent in the learning, ignoring the tasks and less to able to socialize with their friends. One of alternative for the problem solving is to develop the learning equipment which can help the students to learn autodidactly and training to make socialization together with their friends. Therefore, it is developed a Natural Science learning equipment oriented Problem Based Learning model which is in the form of Learning Implementation Plan and module. The purpose of this research, that is to (1) develop the valid equipment theoretically, (2) to have the level of high application, and (3) effective in achieving the purpose of learning.The Natural Science learning equipment oriented this Problem Based Learning model uses the simplification developing model of the Borg & Gall. In outline, steps of this research are including (1) study of introduction, (2) planning, (3) development of products, (4) validation of products, (5) testing of limited scale, and (6) final products. Study of introduction is done to analyze the necessity. Planning is done by studying the theory, analysis of the students’ characteristic, formulating the purpose of learning, and developing of instrument. The next, product development of Learning Implementation Plan and module oriented Problem Based Learning model. Validation of products are given to the expert of the learning plan for Learning Implementation Plan, while the expert of the subject/contents, and then expert of the design for module then is done revision I. testing of scale is began with testing of small group, and then testing on the classroom is done revision II, so that it produces a final product.Validation of the expert and testing of limited scale produces datas used for revision of product perfecting. Validation on the Learning Implementation Plan achieves in enough valid category and module achieves in enough valid category. Data of applied achieves very high category, whereas effectivity data achieves in effective category. Based on the result of Natural Science learning equipment oriented Problem Based Learning model can be said theoretically valid, having the level of high applied and effective to achieve the purpose of learning or competence in related to water cycle a