DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA INOVASI KEPALA SEKOLAH, KELENGKAPAN SARANA PRASARANA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SUMBAWA BESAR

perpus um

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Ade. 2013. Hubungan antara Inovasi Kepala Sekolah, Kelengkapan Sarana Prasarana Sekolah, Motivasi Kerja, dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar. Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., (II) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: inovasi, kepala sekolah, sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, kinerja guru

Peran kepala sekolah sangat penting dalam proses pencapaian tujuan pendidikan dan dalam pembaruan sehingga menciptakan suatu inovasi yang dapat membawa dampak yang positif dalam perkembangan sekolah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Selain itu, kelengkapan sarana prasarana sekolah dan motivasi kerja juga sangat berperan dalam menentukan kinerja guru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (2) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (3) hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (4) hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (5) hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (6) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah, kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (7) hubungan tidak langsung antara inovasi kepala sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (8) hubungan tidak langsung antara kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar.

Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik secara proporsional (proportional sampling). Sedangkan untuk menganalisis data yaitu  menggunakan analisis jalur (path analysis).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (2) terdapat hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (3) terdapat hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (4) terdapat hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (5) terdapat hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (6) terdapat hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah, kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (7) terdapat hubungan tidak langsung antara inovasi kepala sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (8) terdapat hubungan tidak langsung antara kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar.

Ada beberapa saran yang dikemukakan oleh peneliti yaitu: (1) Kepala Dinas dan Pengawas Pendidikan di Kabupaten Sumbawa Besar, hendaknya memberikan masukan atau arahan secara kontinyu kepada para kepala sekolah atau guru sehingga dapat memotivasi atau meningkatkan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (2) Kepala SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, disarankan agar dalam melakukan inovasi di sekolah hendaknya dapat dilaksanakan sesuai dengan pembaruan yang ada sehingga menimbulkan suatu perubahan yang pada akhirnya dapat terciptanya suatu inovasi baik dalam bidang sarana prasarana sekolah atau dalam bidang lainnya guna meningkatkan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (3) Guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, para guru hendaknya tetap saling memberikan motivasi satu sama lain guna tercapainya kinerja yang baik antar sesama rekan kerja serta dapat memelihara kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja guru, (4) Peneliti lain, apabila peneliti lain melakukan penelitian yang hampir sama dengan ini, maka hendaknya lebih disempurnakan baik dari segi teori maupun hal lainnya sehingga hasil penelitian yang sangat baik.