DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Utilizing Teacher Feedback Given Through Facebook to Improve the Writing Skills of the Eleventh Graders at SMAN 3 Blitar. (Tesis)

Tomy Gumilar, Fachrurrazy Fachrurrazy, Bambang Yudi Cahyono

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah umpan balik guru yang diberikan melalui Facebook untuk mengajar menulis. Idenya datang ke pikiran peneliti sejak peneliti menemukan bahwa murid-muridnya menghadapi kesulitan dalam menulis teks persuasi karena kurangnya kosakata dan aspek-aspek lain seperti penulisan tata bahasa, organisasi, koherensi, dan konten. Hal ini telah menjadi masalah di kelas peneliti selama bertahun-tahun karena, pada kenyataannya, siswa tidak pernah memiliki cukup waktu untuk mempelajari aspek-aspek menulis di dalam kelas karena keterbatasan waktu. Dengan demikian, siswa merasa sulit untuk berdiskusi dengan guru mereka tentang bagaimana untuk menyelesaikan teks dari langkah yang sangat awal sampai akhir. Umpan balik guru sangat dibutuhkan oleh para siswa yang membutuhkan bimbingan lengkap dan menyeluruh tentang proses penulisan mereka bekerja. Namun, mengapa harus diberikan melalui Facebook? Karena, Facebook tidak hanya telah membuktikan popularitasnya di kalangan siswa, berdasarkan kuesioner peneliti, tetapi juga terbukti menjadi situs yang paling sering dikunjungi oleh siswa di kelas peneliti. Selain itu, ia juga memiliki beberapa fitur yang dapat memungkinkan siswa untuk belajar menulis tanpa batas kelas karena proses pembelajaran akan dilakukan secara online.

Kata kunci: umpan balik guru, facebook, keterampilan menulis