DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE JIGSAW DAN STAD) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI EVALUASI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN TES TULIS BIDANG STUDI PAI. (DISERTASI)

Moh. Sahlan

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dan interaksi strategi pembelajaran kooperatif (jigsaw dan STAD) dan dua gaya belajar (aktif dan reflektif) terhadap kemampuan memahami materi evaluasi pembelajaran dan kemampuan mahasiswa menyusun tes tulis bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial 2 x 2 pretest-posttest nonequivalent control group design. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik MANOVA faktorial 2 x 2. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan memahami materi evaluasi pembelajaran dan kemampuan menyusun tes tulis bidang studi PAI antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan STAD. (2) ada perbedaan yang signifikan kemampuan memahami materi evaluasi pembelajaran dan kemampuan menyusun tes tulis bidang studi PAI mahasiswa yang memiliki gaya belajar aktif dan reflektif. Gaya belajar aktif lebih tinggi dibanding mahasiswa yang memiliki gaya belajar reflektif (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap kemampuan memahami materi evaluasi pembelajaran dan kemampuan menyusun tes tulis bidang studi PAI

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif Jigsaw, kooperatif STAD, gaya belajar, pemahaman materi, menyusun tes.