DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Sumber Daya Manusia pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multikasus pada Tiga PAUD di Kota Mataram). (Disertasi)

Siti Zaenab, Hendyat Soetopo, Kusmintardjo Kusmintardjo, Bambang Budi Wiyono

Abstrak


Kualitas guru PAUD sebagai SDM pendidikan menjadi salah satu faktor kualitas pengembangan sistem PAUD. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM) guna mendukung terselenggaranya PAUD secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan manajemen sumber daya manusia pada pendidikan anak usia dini sebagai alternatif peningkatan profesional pendidik dan tenaga kependidikan meliputi dengan; rekrutmen, seleksi, penempatan, pembinaan, dan evaluasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan studi multikasus. Informan kunci sebagai sumber data meliputi, kepala PAUD, yayasan, guru-guru dan stakeholders. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) wawancara mendalam (indepth interview) (2) observasi partisipan (participant obsevation), dan (3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan derajat kepercayaan atau kredibilitas (credibility), ketergantungan (dependability) dan konfirmabilitas (confirmability). Analisis data dilakukan dengan comperative case study membandingkan (comperative and constrated) pada masing-masing kasus melalui dua teknik, yaitu (a) analisis data kasus individu dan (b) analisis data lintas kasus.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) rekrutmen SDM pada PAUD belum berjalan dengan baik, karena rendahnya sumber daya manusia di masing-masing lokasi penelitian, (2) seleksi akan dilakukan apabila di lihat dari tingkat pendidikan dan pengalaman bagi pendidik, (3) penempatan pendidik, bisa mendapatkan tempat di kelompok mana dia akan mengajar harus disesuaikan dengan kebutuhan, (4) pembinaan dilakukan melalui: pelatihan, studi lanjut disebutkan, dan (5) evaluasi dilakukan pada setiap semester dan akhir tahun.

Kesimpulan secara teoritis hendaknya. pengelola/yayasan PAUD mengacu pada teori manajemen, yang meliputi tahap-tahap kegiatan perencanaan. (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan evaluasi (controlling), sedangkan implikasi penelitian ini secara teknis pengelola PAUD hendaknya menyelenggarakan secara utuh (holistic integrasi) dengan semua pihak agar mendapatkan perlakuan secara proposional.

Berdasarkan paparan data, beberapa hal yang direkomendasikan peneliti kepada pihak-pihak terkait yaitu : yayasan selaku pengelola agar selalu berpedoman pada aturan yang ada, terkait dengan rekrutmen SDM, bagi kepala sekolah PAUD tetap meningkatkan kualitas SDM PAUD, bagi pendidik agar tetap meningkatkan profesional, bagi stakeholder tetap memantau kualitas layanan pendidik, kepala sekolah dan pengelola agar tetap menjaga mutu dan kualitas PAUD, Direktorat Jenderal PAUD Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kota Propinsi, tetap memperhatikan peningkatan dana pendidikan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan UP. Subdin PFNI pemerintah kota, tetap melakukan pengawasan dan peneliti berikutnya agar tetap memperhatikan acuan standar pendidik dan tenaga kependidikan sehingga lebih berinovasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas PAUD.

Kata kunci: manajemen, sumber daya manusia, pendidik anak usia dini