DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Rubrik Analitik Asesmen Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi KPK dan FPB Dua Bilangan. (Tesis)

Imarotul Muhibbah, Akbar Sutawidjaja, Muchtar Abdul Karim

Abstrak


Asesmen merupakan suatu proses pengumpulan informasi tentang pengetahuan siswa, ketrampilan dan kemampuan menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah, sikap atau keyakinan terhadap matematika, dan proses membuat kesimpulan dari fakta-fakta tersebut untuk berbagai kepentingan. Terdapat kesenjangan antara beberapa praktik asesmen di lapangan dengan teori asesmen yang ada, khususnya proses asesmen pada kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika. Dalam proses asesmen kemampuan penyelesaian masalah siswa, guru hanya memperhatikan proses perhitungan dan jawaban, serta memberi sedikit perhatian pada kemampuan penyelesaian masalah. Oleh karena itu, guru tersebut memperoleh sedikit informasi tentang kemampuan siswa menyelesaikan masalah. Rubrik merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan penyelesaian masalah siswa. Namun, banyak guru yang tidak menggunakan alat tersebut. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah tidak ada rubrik yang tersedia di lapangan dan waktu yang diperlukan untuk persiapan. Berdasar pada fakta-fakta tersebut, peneliti berinisiatif untuk merancang suatu rubrik analitik untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah dalam hal proses dan hasil. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan rubrik analitik penyelesaian masalah siswa sekolah dasar pada materi KPK dan FPB dua bilangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, sehingga proses pengembangan yang dilakukan melalui lima fase, yaitu: (1) investigasi awal; (2) disain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Dalam penelitian ini, fase implementasi tidak dilakukan. Rubrik analitik yang dihasilkan hanya diuji coba untuk dinilai kevalidannya. Hasil dari penelitian ini adalah rubrik analitik untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah siswa. Rubrik analitik disesuaikan dengan lembar tes yang memuat beberapa permasalahan open-ended dan open-middled. Rubrik analitik tersebut terdiri dari empat skala poin pada tiap-tiap empat tahapan Polya. Uji coba melibatkan 26 siswa kelas VI dan satu guru di MI Thoriqotus Sa’adah Pujon Kabupaten Malang. Analisis data dilakukan dengan dua teknik, yakni statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan rubrik analitik di lapangan. Analisis statistik deskriptif diuji dengan menggunakan analisis berkorelasi Karl Pearson, yaitu Product-Moment Correlation berbantuan program SPSS versi 16. Adapun analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis proses asesmen yang dilakukan guru, baik menggunakan teknik yang lama maupun yang baru. Berdasarkan kedua analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa rubrik analitik untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah siswa pada materi KPK dan FPB dua bilangan dapat dinyatakan valid/baik. Oleh karena itu, disarankan paling sedikit dua hal berikut. Pertama, bagi orang yang ingin menggunakan rubrik-rubrik ini, dia perlu mengetahui bagaimana menggunakannya. Selanjutnya, bagi para peneliti lain, mereka perlu mengembangkan rubrik-rubrik tersebut pada topik yang berbeda.

 

 

 

Kata kunci: pengembangan rubrik analitik asesmen, kemampuan penyelesaian masalah, KPK dan FPB dua bilangan