DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Bangun Geometri untuk Mananamkan Konsep Penjumlahan Pecahan. (TESIS)

Nanik Ulfa, Gatot Muhsetyo, I Nengah Parta

Abstrak


Understanding of the concept is an important element in the structure of mathematics. Concept is an abstract idea that allows to group objects into the sample or non-sample. Mastery of many concepts will allow someone to solve problems better. But in reality there are many students who do not understand the concepts in mathematics, as do the problems, students just memorize the examples given by the teacher, so when they meet different problems they will have difficulties. Based on preliminary observations in SDN 02 Kedungpedaringan Kepanjen, obtained that during these teachers deliver content and provide sample questions only.Based on interviews with some of the math teachers obtained the information that students are less interested in learning mathematics, especially in the fractions matter, and teachers also had difficulty conveying the concept offractions because students are less interested in learning math, thus researcher is trying to conduct research in order to embed the concept offractional summationusing geometry media. This study is class action that performed collaboratively between researcher as a teacher, and a math teacher and colleagues as observers. This study aims to describe the systematic steps of geometrymedia use to embed the concept of fractional summation. The research subjects were students of class V SDN 02 KedungpedaringanKepanjen Malang, totaling19 students. The data collection was done through: (1) the implementation of learning, (2) observation of the of teachers and students activities during the learning process, (3) the final actiontest. As for the action in this study is to provide a fun learning situations and encourage students to be actively involved in the learning, so that they understand the concept of fractions with the experience they have had. There are three steps being taken in this study, namely: (1) the initial stage, in which the teacher checks students' prerequisite knowledge by conducting question and answer, (2) the core stage, in this stage the students are working on worksheets, (3) closing stages, teachers and students conclude of the study that has been done. In this study, teachersuse a flat geometrymedia which summarized in the Student Worksheet prepared withDienes game step, considering the age of primary school students are still in the stage of playing. Dienes gamesteps are namely: (1) free game, (2) arranged game, (3) the nature equation game, (4) the presentation game, (5) the presentation game, (6) the formalization game. In each stage of the game, the students perform the steps in accordance with the commands in work sheet. The expectedresult is that students do not just memorize how to do fractional addition, but the students get hands-on experience in understanding the concepts of fractional summation, so the concept itself will be embedded in the students’minds.

 

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 02 Kedungpedaringan Kepanjen pada 5 Oktober 2012 diperoleh kesimpulan bahwa siswa masih belum memahami konsep penjumlahan pecahan, selain itu kegiatan pembelajaran selama ini masih berfokus kepada guru. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menanakan penggunaan media bangun geometri untuk menanamkan konsep penjumlahan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah sistematis penggunaan media bangun geometri dalam menanamkan konsep penjumlahan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pengajar, dan guru matematika serta teman sejawat sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah sistematis penggunaan media bangun geometri dalam menanamkan konsep penjumlahan pecahan. subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Kedungpedaringan Kepanjen Malang sebanyak 19 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui: (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, (3) tes akhir tindakan. Adapun tindakan dalam penelitian ini adalah memberi situasi pembelajaran yang menyenangkan dan mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa memahami konsep pecahan dengan pengalaman yang telah dialami. Agar siswa mendapat pengalaman belajar secara langsung maka dalam pembelajaran digunakan media bangun geoemetri untuk membantu siswa dalam mengkonkritkan pecahan. bangun geometri yang dipilih adalah bangun geometri datar berupa persegi, persegi panjang, dan lingkaran. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran ini, yaitu: 1) tahap awal, dimana guru mengecek pengetahuan prasyarat siswa dengan melakukan tanya jawab, 2) tahap inti, dalam tahap ini siswa mengerjakan LKS, 3) tahap penutup, guru dan siswa mengambil kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan media bangun geometri datar yang terangkum dalam Lembar Kerja Siswa. Lembar Kerja siswa disusun sesuai dengan langkah permainan Dienes, mengingat usia anak sekolah dasar masih dalam tahap permainan. Langkah-langkah permainan dalam permainan Dienes yaitu: (1) Permainan Bebas, (2) Permainan tersusun (3) Permainan Kesamaan Sifat, (4) Permainan Penyajian, (5) Permainan Penyimbulan, (6) Permainan Formalisasi. Dalam setiap tahap permainan tersebut siswa melakukan langkah-langkah sesuai dengan perintah dalam LKS. Hasil yang diharapkan adalah siswa tidak hanya menghafal bagaimana cara mengerjakan penjumlahan pecahan, namun siswa mendapat pengalaman secara langsung dalam memahami konsep penjumlahan pecahan, sehingga konsep tersebut akan tertanam dengan sendirinya dalam ingatan siswa. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas siswa diperoleh sebesar 95,8% dan kegiatan guru sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan diperoleh bahwa ketuntasan belajar mencapai 89% dari 19 siswa yang mengikuti tes mencapai ketuntasan.

 

Keywords : Media, Geometry, Concept, Fraction Summing