DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangil. (TESIS)

Dwi Irma Marini, Arif Hidayat, Sentot Kusairi

Abstrak


Physics teachers have to be creative to develop contextual learning and educate students to develop information and skills in solving problems. Some studies said that the study of physics in the classroom is still have faced some problems such as lack of understanding the concept instructional process on traditional methods, not in context, as well as teachers do not training students about problem solving ability. This research purpose to test the difference between the students understanding of concepts and problem solving ability taught by using ICT-based PBL strategy and PBL strategy. The research used a quasi experimental design with pretest posttest control group design. The population were the tenth grade students of Bangil Senior High School years 2012-2013. The Subject of the study involved were 72 students devided into two groups that experiment group and control group with simple random sampling techniques. The Instruments used consisting of concept understanding and problem solving ability that was essay questions. The research data were collected by test and observation. Data were analyzed using MANOVA. Hypothesis testing performed on the 5% significance level. The results showed that: (1) there is the difference between the students understanding of concepts taught by using ICT-based PBL strategy and PBL strategy; (2) there is the difference between the students problem-solving ability that studied using ICT-based PBL strategy and PBL strategy. Base on the research result can be raised some suggestions are forwarded as follows: (1) teachers are expected to play an active role as a facilitator in group work, group discussions and class discussions, experimental activities, as well as the issues raised relate to the subject matter in accordance with the learning steps that have been made; (2) required the development of ICT-based PBL strategy made ​​by teachers on an ongoing basis in line with the development of ICT.

 

Guru fisika harus mengembangkan pembelajaran yang kontekstual dan mendidik siswa untuk mengembangkan informasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran fisika di kelas masih menghadapi masalah seperti kurangnya pemahaman konsep siswa, pembelajaran dengan metode tradisional, tidak kontekstual, dan guru yang tidak melatihkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT dan strategi PBL. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil semester 1 tahun pelajaran 2012-2013, sejumlah 323 siswa dalam 9 kelas. Sampel penelitiannya 72 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok  eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik pemilihan acak. Instrumen yang digunakan adalah butir soal pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes uraian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data menggunakan MANOVA. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT  dan strategi PBL; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT  dan strategi PBL. Saran berdasarkan penelitian ini adalah: (1) guru diharapkan mampu berperan aktif sebagai fasilitator dalam kerja kelompok, diskusi kelompok dan diskusi kelas, kegiatan eksperimen, serta mengaitkan antara masalah yang dimunculkan dengan materi pelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dibuat; (2) diperlukan adanya pengembangan strategi PBL berbasis ICT yang dilakukan oleh guru secara berkesinambungan seiring dengan berkembangnya ICT.

 

Keywords:  ICT-based PBL strategy, understanding concept of  physics, problem solving ability