DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi. (Tesis)

Fitri Handayani K.D.

Abstrak


Permasalahan pokok yang terjadi di SMP Negeri Purwodadi yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Dari observasi lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi paling tinggi mencapai rata-rata klasikal 60 dan ketuntasan 52%. Untuk itu perlu adanya terobosan baru dalam pembelajaran di sekolah. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang inovatif. Kegiatan pembelajaran yang terjadi di SMP Negeri 1 Purwodadi masih didominasi oleh metode ceramah dan dapat dikatakan berpusat pada guru, sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep adalah pembelajaran yang terpusat pada guru. Agar pembelajaran terpusat pada siswa maka perlu adanya perubahan model pembelajaran. Pembelajaran kooperatif TGT dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan yang menyenangkan dan menantang.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Purwodadi pada tahun 2008-2009.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I, ke siklus II dan dari siklus II ke Siklus III. Untuk hasil proses pembelajaran (afektif) nilai rata-rata klasikal dari siklus I adalah 79,86 siklus II sebesar 84,19 dan siklus III adalah 87,64. Peningkatan aktivitas belajar dari sebelum dikenai tindakan ke siklus I sebesar 25%, dan dari siklus I ke siklus II dan III sebesar 9% dan 4%. Untuk hasil tes kognitif nilai rata-rata klasikal siklus I sebesar 72,16, siklus II adalah 79,46 dan siklus III sebesar 82,16. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 20%, siklus II adalah 10% dan siklus III adalah 4%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik secara kognitif maupun afektif. Selain itu pembelajaran kooperatif TGT sangat disenangi siswa, terbukti para siswa memberikan respon positif dengan kategori skala sikap sangat senang. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) Guru Geografi dapat menerapkan dan mengembangkan pembelajaran kooperatif TGT untuk materi lain yang bersifat konseptual, seperti hidrosfer, litosfer, dan atmosfer serta menggunakan variasi permainan dan media gambar yang menarik sehingga membuat siswa lebih cepat memahami suatu konsep baru. (2) Bagi siswa disarankan agar lebih serius dan tidak terlalu banyak bergurau di dalam kelas sehingga hasil belajar lebih baik.