DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batu. (Tesis)

. Hermawanto

Abstrak


ABSTRAK

Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batu

Hermawanto

Abstrak: Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang mempengaruhi bidang pendidikan. E-learning merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet. E-learning memiliki banyak kelebihan. Kelebihan itu antara lain: meningkatkan interaksi antara guru dan peserta didik melalui media forum, memiliki banyak sumber belajar yang up-to-date, membuat peserta didik lebih mandiri dan aktif, guru dapat memberikan layanan kepada peserta didik tanpa berhadapan langsung dengan peserta didik, memberikan pendalaman materi ataupun remedial, tidak terbatas oleh waktu, pembelajar dapat menentukan kapan saja waktu untuk belajar. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap pengguasaan konsep fisika 2) Mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penalaran fisika.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2012-2013. Rancangan yang digunakan adalah Randomized Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batu. Sampel penelitiannya sebanyak 4 kelas yaitu kelas X-6 dan X-10 sebagai kelas eksperimen, kelas X-11 dan X-12 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes pengguasaan konsep dan penalaran fisika dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui daya beda, tingkat kesukaran, validitas, dan reliabilitas. Pengumpulan data pengguasan konsep dan penalaran menggunakan posttest. Analisis data menggunakan analisis diskriptif dan uji t kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey. Sebelum dilakukan uji statistik, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. 1) Ada pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penguasaan konsep fisika, 2) Ada pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penalaran fisika. Pembelajaran blended learning dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan penalaran fisika. Pembelajaran Blended learning melatih peserta didik untuk mandiri, aktif, serta efektif dan efisien.

Kata kunci: blended learning, penguasaan konsep fisika, penalaran fisika.

The influence of Blended Learning to Concept Achievement Physics and Reasoning of Physics for Students Grade X in Senior High School 1 Batu

Hermawanto

Abstract: Information and communication technology grow rapidly that is influence education sector. E-learning is one of learning model by using information technology media and communication especially internet. E-learning has many strength, they are increase interaction between teacher and student through forum media, it has up to date study's source, make the students more stand alone and active, the teacher can give a service for the students without face to face with them in class, give the deepening of material or remedial, the students can determine whenever the time of study, it means there's no limit for study. The aims of this research are 1) knowing the influence of blended learning study toward concept achievement physics, 2) knowing the influence of blended learning toward physics reasoning.

This research was a Quasi Experiment. This research is conducted in odd semester 2012-2013 academic year. The design used Randomized Posttest only Control Group Design. The research population were students of grade X in senior high school 1 Batu. The research sample is four classes. They were X-6 and X-10 as the experiment classes, X-11 and X-12 as the control classes. The instrument is test of physics concept achievement and physics reasoning in multiple choice form. Before the instrument used, first of all we do the try out for knowing the difference of test, difficulties, validity and reliability. The data submitting of concept achievement physics and reasoning use posttest. The data analyze used, descriptive analysis and t test, it's continued with Tukey test for knowing which group that has better. Before doing of statistic test we do analysis of condition test. It is the using standart and homogenity.

The result showed that there is the influence, we conclude as follows 1) there is the influence of Blended Learning study toward concept achievement physics, 2) there is influence of blended learning study toward physics reasoning. Blended learning study can increase concept achievement physics and reasoning. Blended learning train the students to be independent, active, and procces teaching and learning can be effectively and efficient.

Key word: blended learning, concept achievement physics, physics reasoning.