DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Interaktif Konsep Permutasi dan Kombinasi pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang. (Tesis)

Bambang Dwi Andari

Abstrak


Abstrak

Andari, Bambang Dwi. 2012. Pembelajaran Interaktif Konsep Permutasi dan Kombinasi pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, (II) Dr. Makbul Muksar, M.Si.

Kata kunci : interaktif, konsep permutasi dan kombinasi.

Pembelajaran matematika disekolah menengah menuntut siswa untuk memahami konsep konsep dasar. Matematika dilandasi dari definisi, teorema yang menyajikan konsep konsep yang berkaitan dengan masalah yang terjadi dalam memahami kasus kasus matematika. Khususnya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi konsep permutasi dan kombinasi masih rendah. Siswa cenderung menghafal definisi dan tidak mampu menerapkan dalam memecahkan kasus. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap permutasi dan kombinasi dengan pembelajaran interaktif.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan prosedur pembelajaran interaktif konsep permutasi dan kombinasi bagi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang tahun ajaran 2011/2012. Pembelajaran interaktif memiliki ciri ciri yaitu: intervensi, kolaborasi, negosiasi dan evaluasi. Pada intervensi, siswa diberikan permasalahan konsep permutasi dan kombinasi, sedangkan guru berperan memberi intervensi dengan memberikan permasalahan. Pada negosiasi, siswa mendiskusikan hasil temuan, guru berperan sebagai mediator dalam kegiatan diskusi. Pada kolaborasi siswa dengan teman sebangku bekerjasama untuk menyelesaikan masalah, selain berkolaborasi siswa juga saling bernegosiasi dan mengevaluasi hasil hasil kolaborasi. Pada evaluasi, guru melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran interaktif konsep permutasi dan kombinasi bagi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang dapat membangun pemahaman konsep permutasi dan kombinasi. Prosedur pembelajaran interaktif terdiri dari 10 tahap yaitu: (1) memberikan orientasi tantang pembelajaran, (2) menyampaikan tujuan pembelajaran, (3) memotivasi dan apersepsi, (4) guru memberikan intervensi kepada siswa, (5) negosiasi guru dengan siswa, (6) kolaborasi siswa dengan siswa, (7) negosiasi siswa dengan siswa, (8) guru memberikan intervensi pada saat siswa melakukan kolaborasi dan negosiasi, (9) guru dan siswa bernegosiasi untuk membuat kesimpulan, dan (10) guru melakukan evaluasi.

Keberhasilan penelitian dilihat dari hasil observasi, hasil tes akhir siklus, dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa yang dilakukan pada kategori sangat baik. Dari hasil tes akhir siklus persentasi ketuntasan klasikal (TB) sebesar 97,22%. Dengan persentase sebesar 97,22% menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dapat membangun pemahaman konsep permutasi dan kombinasi. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa dapat membangun pemahaman konsep permutasi dan kombinasi dengan pembelajaran interaktif melalui lembar kerja.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai suatu bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan memahami konsep permutasi dan kombinasi bagi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang.

ABSTRACT

Andari, Bambang Dwi. 2012. Interactive Learning for Permutations and Combinations Concept in XI Class of science Senior High School 4 Malang. Thesis, Mathematics Education Major, Postgraduate Program, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M Pd, (II) Dr. Makbul Muksar, M.Si.

Keywords: interactive, permutations and combinations concept.

Mathematics learning in senior high school requires students to understand the basic concepts. Mathematics is based from the definitions, theorems which presents the related concepts to understanding the problems that occur in the mathematics problem. Paticularly, the reality on the ground shows that the mastery of students to the permutations and combinations concept are low. Students tend to memorize the definitions and are not able to apply in solving problems. Therefore we need a effort to building students' understanding of permutations and combinations with interactive learning.

This research aims to produce an interactive learning procedure the permutations and combinations concept for XI class of science 1 Senior High School 4 Malang in academic year 2011/2012. Interactive learning has a characteristic that is: intervention, collaboration, negotiation and evaluation. In the intervention, students are given the problems of permutations and combinations concept, while teachers provide intervention by giving problem. On the negotiations, the students discuss the problem, teacher acts as a mediator in discussions. On collaboration, student with other student on bench work to solve problem, other than collaborate, student with each other as the result of negotiation and evaluation of the collaboration. On evaluation, teacher has evaluate the process and learning outcomes.

Based on the results of research, the interactive learning for permutations and combinations concept for XI class of science 1 Senior High School 4 Malang can build an understanding concept of permutations and combinations. Interactive learning procedure consists of 10 stages, that is: (1) gives the orientation of the challenge of learning, (2) deliver the learning objectives, (3) motivate and apperception, (4) teachers provide intervention to students, (5) teacher negotiations with the student, (6 ) collaboration student with student, (7) negotiation student with students, (8) teachers provide intervention when student collaboration and negotiation, (9) teachers and students negotiate to make inferences, and (10) teacher evaluation.

The success criteria for this research based on the result of the observation, results of the final test cycle, and interviews. Observations indicate that performed very well in the category. From the end of cycle test results, classical completeness percentage (TB) is 97.22%. With a percentage of 97.22% indicates that the interactive learning can build an understanding permutations and combinations concept. From interviews show that students can build an understanding permutations and combinations concept with interactive learning through the worksheet.