DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Bercirikan Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fungsi Pada Mahasiswa Calon Guru. (Tesis)

Miftachul Rahmi

Abstrak


ABSTRAK

Rahmi, Miftachul. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Bercirikan Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fungsi Pada Mahasiswa Calon Guru. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D, dan (II) Dr. I Nengah Parta, M.Si.

Kata kunci: pengembangan, lembar kerja mahasiswa, learning cycle, fungsi.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah "bagaimana pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa bercirikan Learning Cycle untuk meningkatkan pemahaman konsep fungsi pada mahasiswa calon guru"? Sejalan dengan pertanyaan penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan Lembar Kerja Mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Banyuwangi.

Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel dan terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, pada pengembangan perangkat pembelajaran ini hanya dibatasi sampai tahap ke tiga yaitu tahap pengembangan karena hasil pengembangan tidak disebarkan secara luas pada perguruan tinggi lain. Untuk mengetahui keterpenuhinya kriteria yang ditetapkan, maka dilakukan validasi dan uji coba lapangan.

Untuk mendukung diperolehnya perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif, maka dibuat instrumen-instrumen penilaiannya. Instrumen-instrumen yang dimaksud adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas mahasiswa, angket respon mahasiswa, dan tes hasil belajar.

Aktivitas mahasiswa dalam Lembar Kerja Mahasiswa ini dirancang berdasarkan aktivitas-aktivitas pada pembelajaran Learning Cycle, yang terdiri dari lima fase, yaitu engagement (pendahuluan), exploration (eksplorasi), explaination (penjelasan), elaboration (elaborasi) dan evaluation (evaluasi).

Draft lembar validasi yang telah disusun divalidasi oleh dua validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa draft lembar validasi memenuhi kriteria kevalidan. Reliabilitas lembar validasi perangkat pembelajaran diuji berdasar hasil validasi dari dua validator. Hasil pengujian menunjukkan bahwa lembar validasi perangkat pembelajaran memiliki reliabilitas sangat tinggi, karena selisih skor untuk seluruh indikator tidak lebih dari satu. Lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, observasi aktivitas mahasiswa dan tes hasil belajar tidak divalidasi kevalidator tetapi hanya didiskusikan dengan sejawat yang telah melakukan penelitian pengembangan.

Uji coba bertujuan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Kepraktisan diukur melalui keterlaksanaan pembelajaran yang dalam ujicoba ini masuk dalam kategori tinggi dan fase-fase pembelajaran Learning Cycle terlaksana dengan tingkat keterlaksanaan tinggi yaitu .

Keefektifan Lembar Kerja Mahasiswa diukur melalui tiga indikator yaitu; (1) aktivitas mahasiswa, (2) respon mahasiswa, dan (3) ketuntasan belajar. Rata-rata aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran secara keseluruhan adalah 3,48. Hal ini berarti secara keseluruhan aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa berada pada kriteria aktif yaitu ≥ 3. Sedangkan rata-rata item respon mahasiswa secara keseluruhan adalah 2,4. Hal ini berarti secara keseluruhan mahasiswa memberikan respon positif yaitu dengan kriteriaskor rata-rata (SR) . Dan berdasarkan data hasil tes belajar setelah selesai mengikuti proses pembelajaran dari 40 mahasiswa prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Banyuwangi tidak ada mahasiswa yang memperoleh nilai di bawah 65 dari nilai keseluruhan yang harus dicapai. Lebih lanjut, jika melihat secara klasikal memperoleh rata-rata 93,7. Hal ini sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, maka mahasiswa memperoleh ketuntasan belajar.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, beberapa saran yang bisa diberikan adalah (1) LKM sebaiknya dikembangkan lebih lanjut dengan materi-materi lainnya terutama materi yang berkaitan dengan aljabar, dan (2) LKM yang dikembangkan ini berdasarkan karakteristik mahasiswa prodi Pendidikan MatematikaUniversitas PGRI Banyuwangi, sehingga bila digunakan pada mahasiswa lain diperlukan penyesuaian seperlunya.

ABSTRACT

Rahmi, Miftachul. 2012. Developing of Student Worksheet Characterized by Learning Cycle to Improve The Understanding of Function Concept on The Student as The Prospective Teachers. Thesis, Mathematics Education Studies Program, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Drs.Purwanto, Ph.D, and (II) Dr. I NengahParta, M.Sc.

Keywords: Developing, Student Worksheet, Learning Cycle, function.

The question of this research is, "how the developing of student worksheet characterized by Learning Cycle to improve the understanding of function concept on thestudent as theprospective teachers?".In line with the research question, the purpose of the research is to produce valid, practical and effective Student Worksheet. The research was conducted in Mathematics Education University of PGRI Banyuwangi.

The development of learning media is to follow the steps model of Thiagarajan, Semmel and Semmeldevelopment and consists of four stages of define, design, develop and disseminate. However, the development of these student worksheet tools is limited only three stages of development because the development is not widely disseminated to other universities. To find out fulfillment criteria, the researcher coducted validation and field trials.

The student activities in this students worksheet also includes the learning activities that match with Learning Cycle, and it consists of five phases, namely engagement, exploration , explaination, elaboration and evaluation.

To support the obtained valid, practical, and effective learning, the researcher made the instruments of assessment. The instruments in question are validation sheet of learning device, observation sheets implementation of learning tools, observation sheet of student activity, questionnaire responses of students, and test results to learn.

Validation draft sheet had been compiled validated by two validators. Validation results indicated that the draft sheet validation validity the criteria. Reliability of the validation study sheets examined based on the results of the validation in two validators. Test results showed that the learning media had a reliability validation of the learning was very high, because the difference in scores for all indicators were not better than one. Observation sheet implementation learning tools, student activities and observation of learning outcomes tests were not validated to the validator, but only discussed with colleagues who had done research on development.

The trial aims purposed to see the practicality and effectiveness of student worksheet were developed. Practicality was measured through the learning implementation in these trials included in the high category and the phases of the study carried out by the Learning Cycle implementation levels as high as T ≥ 3.

Student Worksheet effectiveness was measured through three indicators, namely: (1) students activities, (2) students response, and (3) exhaustiveness study. Data on the observation of student activity during the learning process as a whole was 3,48. This means that the overall activity of students in the learning process by using the Student Worksheet were on active criteria, that was ≥ 3. While the data on overall student response was 2.4. This means that overall the students gave a positive response with an average score kriteia (SR) ≥ 2. And based on test results to learn after the completion learning process of the 40 students of program Mathematics Education University of PGRI Banyuwangishowed that there was no students who had under score 65 of standard learning objectives. Furthermore, the classical achieved point in 93.7. This is in accordance with the established criteria, and the student receive a exhaustiveness study.

Based on the results of this research, it is suggestedthat Student worksheet should be developed with the other materials, especially the materials which is related to algebra and the student worksheetwhich is developed is based on the students characteristic of Mathematics 20Education in University of PGRI Banyuwangi, so if they are used to other students those should be used as necessary.