DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Ekonomi Siswa SMA Negeri Se Kota Malang. (Tesis)

Januar Kustiandi

Abstrak


ABSTRAK

Kustiandi, Januar. 2012. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Ekonomi Siswa SMA Negeri Se Kota Malang. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dr. Bambang Pranowo, S.E.,M.Pd.

Kata kunci : status sosial ekonomi keluarga, pendidikan ekonomi di keluarga, intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah, pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy), perilaku ekonomi siswa

Perilaku ekonomi siswa dalam hal rasioanalitas ekonomi sebagai tindakan yang mencerminkan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa sejak mereka berada di lingkungan keluarga maupun masyarakat tempat dimana dia tinggal. Pemahaman berikutnya melalui pendidikan di sekolah formal mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa merupakan pelaku ekonomi dalam hal ini bertindak sebagai konsumen. Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi selalu bersikap rasional, karena manusia adalah homoeconomicus. Rasionalitas konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengetahuan dasar ekonomi dan status sosial ekonomi seseorang, pendidikan ekonomi di sekolah. Meskipun demikian perilaku yang dilihat dari rasionalitas ekonomi siswa kurang nampak.

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy), (2) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy), (3) Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy), (4) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap perilaku ekonomi, (5) ) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku ekonomi, (6) Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi, (7) Pengaruh pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku ekonomi siswa.

Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual, karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dilihat dari hubungan antar variabel ada empat variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan dua variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sampel berjumlah 200 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status soial ekonomi, pendidikan ekonomi di keluarga, intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah dan perilaku ekonomi siswa. Sementara teknik tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar SEM (Structural Equation Modeling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows.

Hasil-hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut: 1) Latar belakang sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa 2) Pendidikan ekonomi dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa. 3) Intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa. 4) Latar belakang sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 5) Pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 6) Intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 7) Pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Negeri se Kota Malang.

Saran dan rekomendasi Bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran, sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaranyang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materi maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai.

ABSTRACT

Kustiandi, Januar. 2012. Influential Factors of Economic Behavior High School Students towards the State of Malang. Thesis, Master of Economic Education, Post Graduate Program, State University of Malang. Adviser (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dr. Bambang Pranowo, S.E.,M.Pd.

Keywords: family socioeconomic status, family economic education, learning economics intensity at the school, economic literacy, behavioral economics students

Economic behavior of students in terms of economic rationality as an act that reflects a tendency to act in accordance with economic principles have been basically known by the students since they are in the family environment and the community where he lived. Subsequent understanding through formal schooling began elementary school (SD) to high school (SMA). Students are economic actors in this case acting as a consumer. A consumer in the act of consumption is always to be rational, because man is homoeconomicus. The rationality of consumers are affected by many factors such as basic knowledge of economic and socio-economic status of a person, economic education in schools. Although such behavior is viewed from the economic rationality of students are less visible.

This study aims to describe and analyze (1) Effect of family socioeconomic background of basic knowledge of economics (economic literacy), (2) The influence of economic education in the family of basic knowledge of economics (economic literacy), (3) Effect of intensity in the learning economy schools on the basis of the knowledge economy (economic literacy), (4) Effect of family socioeconomic background of economic behavior, (5)) the influence of economic education in the family of economic behavior, (6) Effect of intensity of economic learning in schools of economic behavior, (7) Effect of basic knowledge of economics (economic literacy) of students' economic behavior.

This research is explanatory research aimed at describing and analyzing certain variables in an objective empirical conditions which will be described and analyzed the influence of independent variables and the dependent variable. This study was designed to use a quantitative approach. The unit of analysis in this study is individual, because of all the measured variables of the study subjects as individuals. This study is a cross sectional study, where this research was to obtain data from respondents in a particular time period (data are gathered just once). Judging from the relationship between variables, there are four variables that are positioned as exogenous variables and two variables that are positioned as an endogenous variable. Sample of 200 students, data collection was done by using questionnaires and tests. Questionnaire techniques used to collect data on economic soial status, economic education in the family, the intensity of the learning economy and economic behavior in school student. While the test techniques used to collect data on basic knowledge of economics (economic literacy). Data analysis was performed with the technique of path analysis variables and relationships are structured by SEM (Structural Equation Modeling). Analyses were performed using the program LISREL 8.80 for Windows applications.

The results of the analysis and discussion that has been done in the previous section provides some conclusions are as follows: 1) family socioeconomic background affect the basic knowledge of economics (economic literacy) students 2) economic education in the family does not affect the basic knowledge of economics (economic literacy) students. 3) The intensity of economic learning in schools does not affect the basic knowledge of economics (economic literacy) students. 4) family socioeconomic background does not affect the economic behavior of students. 5) Education in the family economies influence the economic behavior of students. 6) The intensity of economic learning in school affects the economic behavior of students. 7) Basic knowledge of economics (economic literacy) influence the economic behavior of a State high school students Malang.

Suggestions and recommendations for teachers as an input to improve the learning process, so that learning in school are more oriented economy to build a moral and economic behavior for students. Pembelajaranyang activities can increase student interest in fostering and encouraging students to improve their competence in terms of material and mastery of skills in implementing appropriate learning strategies.