DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sikap Mahasiswa Terhadap Undang-Undang Akuntan Publik Pada Optimisme dan Perencanaan Karir (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang). (Tesis)

Nurdian Susilowati

Abstrak


ABSTRAK

Susilowati, Nurdian. 2012. Sikap Mahasiswa Terhadap Undang-Undang Akuntan Publik Pada Optimisme dan Perencanaan Karir (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang). Tesis, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. Tuhardjo, S.E, M.Si, Ak.

Kata kunci: sikap, undang-undang akuntan publik, optimisme, motivasi karir, minat karir, pilihan karir

Profesi akuntan publik memiliki peranan yang besar dalam mendukung perekonomian nasional yang sehat dan efisien serta meningkatkan transparansi dan mutu informasi dalam bidang keuangan. Jumlah akuntan publik sampai dengan tahun 2011 adalah stagnan dan sedikit mahasiswa akuntansi yang tertarik menjadi akuntan publik. Oleh karena itu munculah UU akuntan publik yang mendapatkan reaksi pro dan kontra khususnya penjelasan pasal 6 ayat 1 huruf yang berbunyi "..Yang dapat mengikuti pendidikan profesi akuntan publik adalah seseorang yang memiliki pendidikan minimal sarjana strata 1 (S-1), diploma IV (D-IV), atau yang setara". Tujuan penelitian ini adalah melalui fenomenologi akan mendeskripsikan sikap mahasiswa terhadap UU akuntan publik, optimisme, motivasi karir, minat karir, dan pilihan karir mahasiswa menjadi akuntan publik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu fenomenologi. Sumber data utamanya adalah kata dan tindakan yang diperoleh melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Humberman. Terdapat tiga jalur analisis yaitu reduksi, model data, dan verifikasi kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa melakukan perencanaan karir sebelum menentukan pilihan karir. Sikap mahasiswa atas UU Akuntan Publik adalah keberatan, netral, dan mendukung. Artinya ada respon favourable dan unfavourable. Sikap tersebut memunculkan optimism, menentukan motivasi karir, minat karir, dan pilihan karir mahasiswa menjadi akuntan publik. Mahasiswa mempunyai ekspektasi menyeluruh bahwa akan ada lebih banyak hal yang baik daripada hal yang buruk terjadi pada masa yang akan datang. Good pay, status sosial akuntan publik dijunjung tinggi oleh masyarakat, dan pekerjaan yang penuh dengan tantangan merupakan faktor pembentuk motivasi karir. Optimisme menentukan minat karir mahasiswa menjadi akuntan publik. Pengetahuan, kecerdasan, peran orang tua, saudara, dan dosen merupakan aspek pembentuk minat karir mahasiswa. Optimisme mempengaruhi pilihan karir mahasiswa menjadi akuntan publik. Peran karir yang tersedia, pengalaman belajar, keyakinan diri, skill, dan ekspektasi akan hasil menentukan pilihan karir mahasiswa. Munculnya sikap positif dan negatif pada UU Akuntan Publik menentukan optimisme yang selanjutnya mempengaruhi motivasi karir dan minat karir mahasiswa dan kemudian sebagai penentu keputusan karir.

ABSTRACT

Susilowati, Nurdian. 2012. Students Attitudes toward Public Accountant Act on Optimism and Career Planning (A Study on Accounting Students, State University of Malang). Thesis, Department of Economic Education, Graduate Program, State University of Malang. Supervisors: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. H. Tuhardjo, S.E, M.Si, Ak.

Keywords: attitudes, public accountant act, optimism, career motivation, career interest, career choices.

Profession as a public accountant has a major role in supporting national economy which are healthy and efficiency and in improving the quality and transparency of information in the financial sector. The number of public accountant in 2011 is slightly stagnant and accounting students who are not interested in becoming public accountants. Hence, the public accountant act was ussued in which followed by pros and cons in a particular the explanation of article 6 paragraph 1 which says "..Who can follow the education for public accountant profession is a person who has at least an undergraduate education strata 1 (S-1), diploma IV (D-IV), or equivalent". The purpose of this study were through phenomenology approach it would describe the attitude toward the public accounting act, optimism, career motivation, career interest, and career choices of students to be public accountants.

This study used a qualitative approach that is phenomenology. The main data sources were the words and actions obtained through purposive sampling. Data collection techniques in the study were in-depth interviews and documentation studies. The research data were analyzed using data analysis of Huberman and Miles model. There were three lines of analysis, namely the reduction, the data model, and verifying conclusions.

The results showed that students plan careers before making career choices. The attitudes of students toward the Act of Certifies Public Accountant were objective, neutral, and supportive. This means that there are favourable and unfavourable responses. These brought optimism, determination of career motivation, career interests, and career choices of students to be public accountants. Students have a thorough expectation that there will be better things than bad things might happen in the future. Well-paid job, high social status of a public accountant within society, and challenging work are factors in forming the career motivation. Optimism determined career interests of students to be public accountants. Knowledge, intelligence, the role of parents, relatives, and teachers are aspects in forming the career interests of students. Optimism influenced the career choice of students to be public accountants. The role of available careers, the learning experiences, confidence, skills, and expected results determined the career choices of students. The emergence of positive and negative attitude toward the Act of Certified Public Accountant determined optimism it further influenced career motivation and career interest of students and then become the clincher of career decision.