DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Lesson Study pada Metode Numbered Heads Together Dipadu dengan Team Games Tournament untuk Pengembangan Karakter, Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Kepanjen. (Tesis)

Agil Lepiyanto

Abstrak


ABSTRAK

Lepiyanto, Agil, 2012, Implementasi Lesson Study pada Metode Numbered Heads Together Dipadu dengan Team Games Tournament untuk Pengembangan Karakter, Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Kepanjen. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd

Kata kunci: karakter, aktivitas, motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif numbered heads together dipadu teams games tournament, lesson study

Berdasarkan observasi dan hasil wawancara didapatkan data bahwa nilai karakter siswa selama ini belum dimasukkan oleh guru dalam pembelajaran Biologi. Terdapat permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Kepanjen yaitu aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa masih kurang. Siswa masih memiliki potensi untuk ditingkatkan kembali maka perlu adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran biologi di sekolah yaitu dengan mengimplementasikan kegiatan Lesson study pada pembelajaran NHT dipadu dengan TGT.

 Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran, siklus I terdiri dari 4 pertemuan, siklus II terdiri dari 4 pertemuan dan siklus III terdiri dari 4 pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter siswa, peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar biologi, serta respon siswa terhadap pembelajaran melalui metode belajar NHT dipadu dengan TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Kepanjen Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012.Waktu penelitian mulai Bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember 2011.

Hasil penelitian menunjukkan, implementasi Lesson Study guru Biologi pada metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament dapat mengembangkan karakter siswa. Pada indikator bersahabat dari siklus I ke II terjadi peningkatan sebesar 5.07%, dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 17,51%, indikator disiplin dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4.03% dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 13.13%, indikator kerja keras mengalami peningkatan sebesar 8.69% pada siklus II dan 10.48% pada siklus III, indikator mandiri mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9.69% dan meningkat kembali pada siklus III sebesar 9.79%. Hasil analisis lembar angket motivasi didapatkan terjadinya peningkatan motivasi siswa. Pada indikator Attention dari siklus I ke II terjadi peningkatan sebesar 5.40%, dan meningkat pada siklus III sebesar 9.70%, indikator Relevance dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 6.30% dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 10.40%, indikator Confidence mengalami peningkatan sebesar 7% pada siklus II dan 11% pada siklus III, indikator Satisfaction mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4.10% dan meningkat kembali pada siklus III sebesar 11%. Penelitian juga dapat meningkatkan aktivitas siswa. Keberhasilan peningkatan aktivitas kelas tampak pada siklus I sebesar 48,54% meningkat menjadi 60,52% pada siklus II kemudian meningkat menjadi 69,82% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, hal ini tampak pada peningkatan daya serap klasikal pada siklus I sebesar 61.29% meningkat menjadi 70.96% pada siklus III dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 83.87%. Dari angket respon siswa, didapatkan menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran sebagai berikut: 1) Guru mata pelajaran biologi disarankan agar dalam proses pembelajaran dapat menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament karena dapat mengembangkan karakter, meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa, maka disarankan kepada guru bidang studi biologi untuk menerapkan pendekatan pembelajaran ini pada kompetensi dasar yang lain. 2) Dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament diperlukan kreativitas guru yang tinggi terutama dalam menyajikan permainan. Guru harus memilih permainan yang tidak menciptakan siswa untuk ribut yang bisa mengganggu jalannya pembelajaran. 3) Guru hendaknya senantiasa melakukan kegiatan Lesson study untuk mengoptimalkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran biologi, karena dapat meningkatkan kualitas penyusunan RPP, LKS, media belajar, serta kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran.


ABSTRACT

Lepiyanto, Agil, 2012, The Implementation of Lesson Study in Numbered Heads Together Method Combined with Team Games Tournament Method for Character Development, the Increasing of Learning Activity, Motivation, and The Students' Learning Achievement in Biology At SMA Negeri 1 Kepanjen. Thesis, Biology Education Majors, Post Graduate Program of Malang State University. Advisors: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd

Key Words: character, activity, learning motivation, learning achievement, numbered heads together cooperative learning combined with teams games tournament, lesson study

Based on observation and interview, it was found that the students' character score had not been included by the teacher in Biology lesson. There were some problems which happened in SMAN 1 Kepanjen that were learning activity, learning motivation and the students' biology learning achievement was still low. The students still had potency that can be improved so it was needed new way in biology learning process in the school by implementing Lesson study activity in NHT learning combined with TGT.

 The research that was done is using Classroom Action Research. The research was done in 3 learning phase. Phase I consist of 4 meetings, Phase II consist of 4 meetings and Phase III consist of 4 meetings. The purpose of this research were to know the development of students' character, increasing activities, motivations, and biology learning achievement, also students' response toward learning using NHT combined with TGT learning method. The subject of this research was 31 students of X.8 class SMA Negeri 1 Kepanjen at odd Semester in academic year 2011/2012. The research was done on October until December 2011.

 The research result showed that Lesson Study implementation of biology teacher using Numbered Heads Together combined with Team Games Tournament method could develop students' character. In indicator of character showed different increase. Friendly Phase I to Phase II increased 5.07%, and only then increased in Phase III as big as 17.51%, discipline Phase I to Phase II increased 4.03% and in Phase III increased 13.13%, hard work as big as 8.69% in Phase II and 10.48% in Phase III, independent increased from Phase I to Phase II as big as 9.69% and in Phase III increased 9.79%. The analysis result of motivation questionnaire sheets found that the students' motivation were increase. In attention from Phase I to II increased 5.40%, and in phase III increased 9.70%, relevance from Phase I to Phase II increased as big as 6.30% and in Phase III increased 10.40%, confidence also increased 7% in Phase II and 11% in Phase III, satisfaction increased from Phase I to Phase II as big as 4.10% and increased 11% in Phase III. Research also was able to increase students' activities. The success of increasing class activities could be seen in Phase I as big as 48.54% increased to be 60.52% in Phase II then increased 69.82% in Phase III. The students' learning achievement was also increase from Phase I until Phase III, this is showe on classical mean score in Phase I as big as 61.29% increased to be 70.96% in Phase II and became 83.87% in Phase III. From students' response questionnaires, found that it showed positive response toward learning which was done by the teacher.

 Based on the research result, the writer gives suggestions as follows: 1) in learning process, the biology teacher is suggested to apply learning method that can make the students active in learning, one of the method is Numbered Heads Together combined with Team Games Tournament because it can develop character, increase activities, motivations, and students' achievement, so it is suggested to the biology teacher to apply this method in another basic competency. 2) In applying Numbered Heads Together combined with Team Games Tournament method is needed high teacher's creativity especially in presenting the games. The teacher should choose the game which does not make the students noisy that can disturb the learning process. 3) The teacher ought to always do Lesson study to optimize the planning and learning implementation in biology lesson, because it can increase the quality of lesson plan composing, LKS, learning media, and also the quality of learning so it can increase the students' achievement.