DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode STAD dan Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. (Tesis)

Siti Nurhidayati

Abstrak


ABSTRAK

Nurhidayati, Siti. 2012. Pengaruh Metode STAD dan Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd.; (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd.

Kata kunci: STAD, inkuiri terbimbing, aktivitas belajar, hasil belajar

Pembelajaran biologi saat ini masih cenderung menekankan kegiatan pengajaran (teaching) dibandingkan pembelajaran (learning). Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Kenyataan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yakni berkaitan dengan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa yang relatif rendah, dan guru sering mengalami kendala dalam merangsang siswa agar berani dalam mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, 2) pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran. Variabel terikatnya adalah aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif. Subyek penelitian semua siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Penarikan sampel dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi dan tes untuk memperoleh data aktivitas belajar dan data nilai hasil belajar kognitif siswa. Uji hipotesis digunakan teknik analisis kovarian (anacova) pada taraf signifikasi = 0,05.

Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa. Kelompok yang dibelajarkan dengan metode integrasi STAD-inkuiri terbimbing memiliki aktivitas belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan metode STAD, inkuiri terbimbing dan konvensional. Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kelompok yang dibelajarkan dengan metode integrasi STAD-inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan metode STAD, inkuiri terbimbing dan konvensional, tetapi metode STAD dan metode inkuiri terbimbing berada pada posisi yang setara dalam meningkatkan hasil belajar kognitif.

Berdasarkan temuan tersebut maka secara umum dapat ditarik kesimpulan berikut ini. 1) Terdapat pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. 2) Terdapat pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.


ABSTRACT

Nurhidayati, Siti. 2012. The Influence of STAD Method and Guided Inquiry on the Students' Learning Activities and Outcomes in Biology Class of Year X at SMA Laboratory-State University of Malang. A Thesis, Graduate Program in Biology Department, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.; (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd.

Keywords: STAD, Guided Inquiry, Learning Activity, Learning Outcomes

The teaching of Biology nowadays tends to emphasize on the activity of teaching itself rather than learning due to it calls teacher-center instruction. In SMA Laboratory State university of Malang, the activities of teaching and the learning outcomes in Biology were relatively low and teachers found difficulties in encouraging students to express their opinion during process. This study aims at investigating: 1) the influence of a STAD method and a guided inquiry on the learning activity of year X students of SMA Laboratory State university of Malang. 2) the influence of the STAD and the guided inquiry on the learning outcomes in Biology class of year X students of SMA Laboratory State university of Malang.

The research employed a quasi-experimental design. The research variables include independent and dependent. The subjects of the research involved the tenth grade of students of SMA Laboratory State university of Malang in academic year of 2011/2012. The sampling technique was in cluster random sampling. Data related to the learning activity and the learning outcome was collected using observation and test. The T-test was counted by using analysis of covariance technique (anacova) at the significance level of 0.05.

The results of the analysis show that there was an influence of the STAD method on the students' learning activity. The students who were taught using the integration of the STAD-the guided inquiry obtained higher influence than the STAD, the guided inquiry, and the conventional. There was an influence of the method on the students' cognitive learning outcome.Those who were treated using the integration of the STAD-the guided inquiry got higher than the STAD, the guided inquiry, and the conventional but the STAD and the guided inquiry were equal in improving the students' outcomes.

On the basis of those findings, it can be generally concluded that 1) there was an influence of the STAD and the guided inquiry on the students' learning activities of year X students of SMA Laboratory State university of Malang, 2) there was an influence of the STAD and the guided inquiry on the students' outcome of year X students of SMA Laboratory State university of Malang.