DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Manajemen Gugus Sekolah Dalam Pencapaian Prestasi Nasional (Studi Kasus Pada Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang. (Tesis)

Handayani Handayani

Abstrak


Handayani. 2012. Strategi Manajemen Gugus Sekolah Dalam Pencapaian Prestasi Nasional (Studi Kasus Pada Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd, (II) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd

Kata kunci : manajemen, strategi, gugus sekolah, prestasi nasional

Berkaitan dengan meningkatnya persaingan dalam bidang pendidikan ini, terjadi pula perubahan pada perilaku konsumen, dalam hal ini yang dimaksud adalah masyarakat (orangtua dan siswa), maupun dunia usaha. Upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar adalah melalui Sistem Pembinaan Profesional (SPP). Gugus sekolah ini terdiri dari tiga sampai delapan sekolah dasar yang saling berdekatan. Pada SD inti terdapat KKG (Kelompok Kerja Guru), PKG (Pusat Kegiatan Guru) dan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) yang merupakan wadah pembinaan professional. Berkaitan dengan masalah tersebut maka dalam penelitian ini penulis berusaha mengkaji dan meneliti peran KKG dalam meningkatkan kinerja guru SD di Gugus Kecamatan Klojen Kota Malang.

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana Manajemen Sekolah dalam Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang, (2) Bagaimana Manajemen Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang, (3) Bagaimana Strategi Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dalam pencapaian prestasi lomba gugus tingkat nasional. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan rancanagn studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan awal kegiatan observasi pada sekolah inti di gugus II. Dilanjutkan dengan kegiatan wawancara dan pengumpulan dokumen. Hasil wawancara dengan ketiga kepala sekolah dihimpun dan dianalisis bersama dokumen yang terkumpul.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Manajemen Sekolah dalam Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang sudah berjalan baik hal ini ditunjukkan dengan upaya masing-masing sekolah dalam mendukung dan merealisasikan program gugus sesuai dengan keadaan di sekolah masing-masing, (2) Manajemen Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dinilai sangat baik, kerja sama antara sekolah initi dan beberapa sekolah imbas yang dapat dilihat, mulai dari penyusunan rencana program hingga realisasi. Kegiatan yang kasat terlihat adalah program KKG dan program kegiatan bersama, (3) Strategi Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dalam pencapaian prestasi lomba gugus tingkat nasional dicapai dengan kekompakan dan upaya bersama dalam menjalankan berbagai program unggulan di tiap-tiap sekolah, baik inti maupun imbas.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peningkatan pelaksanaan program kegiatan gugugs sekolah dan membantu kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan program kegiatan gugus sekolah. Umumnya elemen Dinas Pendidikan Kota Malang serta khususnya pendidikan gugus sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang.

 

ABSTRACTION

Handayani. 2012. Strategy Management Bunch Go To School In Attainment Of Achievement National ( Case Study At School Bunch II Klojen District of Malang Town. Thesis Program of Pascasarjana Program Study Management Education of Counsellor. (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd, (II) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd

Keyword : management, strategy, school bunch, national achievement.

Relate to the increasing of emulation in the field of this education, happened also change at behavior of consumer, such in this case is society ( student and parent), and also corporate world. Effort which have been conducted by government to increase ability of elementary schoolteacher is to through System Construction Of Professional . Bunch go to school this consist of three until eight elementary school which each other bunching up. At elementary school is core of there are KKG ( Working Team Teacher), PKG ( Centre of Activities Teacher) and KKKS ( Working Team Headmaster) representing the place of construction of professional. Relate to the the problem hence in this research of writer try to study and check role of KKG in improving performance learn elementary school in Bunch District of Unlucky Klojen Town.

Formula of is problem of this research is ( 1) how Management go to school in School Bunch II Klojen District of Malang Town, ( 2) how Management School Bunch II Klojen District of Malang Town, ( 3) how Strategy School Bunch II Klojen District of Malang Town in attainment of bunch race achievement mount national. Research with approach qualitative with case study devica. This research is conducted with step early activity of observation at school is core of bunch of II. Continued with activity of interview and gathering of document. Result of interview third headmaster mustered and analysed with gathered document.

Pursuant to result of research concluded: ( 1) Management go to school in School Bunch II Klojen District of Malang Town have worked well this matter is shown with effort of is each school in supporting and realize bunch program as according to situation in each school, ( 2) Management School Bunch II Klojen District of Malang Town of assessed by district of Malang Town very good, is same activity between school of initi and some glimpse school able to be seen, start from compilation of program plan till realize. Activity which is seen is program of KKG and activity program with, ( 3) Strategy Bunch Go To School II District Of Unlucky Klojen Town in attainment of bunch race achievement mount tired national with effort and solidarity with in running various pre-eminent program in every school, good of glimpse and also nucleus core.

Result of this research is expected can become reference to make-up of execution of program activity of gugugs go to school and assist to interested parties in execution of program activity of school bunch. Generally element On Duty Education of Unlucky Town and also specially education of School Bunch II Klojen District of Malang Town.