DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Masail Fiqhiyah. (Disertasi)

Evi Fatimatur Rusydiyah

Abstrak


Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Masail Fiqhiyah. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., M.Pd., (III) Dr. Sulthon, M.Pd.

Kata Kunci: problem based-learning, konvensional, motivasi berprestasi, prestasi belajar.

Paradigma belajar yang dianut oleh dosen tercermin pada strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran sebagai penataan cara-cara yang memuat urutan langkah-langkah prosedural yang dapat digunakan pada kondisi tertentu untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Di lapangan selama ini, dosen kurang memperhatikan strategi pembelajaran yang digunakannya. Seringkali seorang dosen hanya menggunakan strategi pembelajaran yang monoton, yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada dosen. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran yang menyatakan bahwa tidak semua strategi pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai semua tujuan pada berbagai kondisi.

Penggunaan strategi pembelajaran yang tidak tepat, dimana mahasiswa tidak dilibatkan secara aktif dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata kuliah yang dipelajari. Hal ini berimplikasi terhadap rendahnya kompetensi mata kuliah yang dipelajari. Keadaan tersebut dapat mengakibatkan ketidakpuasan terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Untuk itu, seorang dosen perlu menguji keefektifan suatu strategi pembelajaran sebelum strategi itu digunakan dalam perkuliahan.

Salah satu strategi pembelajaran yang perlu diuji keefektifannya adalah strategi pembelajaran problem based learning (PBL). PBL dirancang tidak untuk menyampaikan materi sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa, melainkan untuk mengembangkan cara berfikir, pemecahan masalah, ketrampilan intelektual, belajar melalui situasi nyata atau simulasi, dan menjadi pebelajar mandiri. Sebagai pembanding keefektifan strategi pembelajaran PBL, digunakan strategi pembelajaran konvensional karena strategi ini sangat lazim digunakan oleh para dosen jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengampu mata kuliah.

Selain strategi pembelajaran, hal penting yang perlu juga menjadi perhatian guru dalam pembelajaran adalah karakteristik pebelajar, diantaranya adalah motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah dorongan atau keinginan yang dimiliki mahasiswa untuk melakukan aktivitas dengan harapan memperoleh hasil yang sebaik-baiknya. Sejauhmana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar merupakan konsentrasi penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah pada mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegunaan penelitian ini dipilah menjadi dua, yaitu (1) manfaat teoritis yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan dalam pendidikan dan (2) manfaat praktis untuk pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas dalam lembaga pendidikan.

Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Desainnya merupakan versi faktorial nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester III S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya semester gasal tahun akademik 2011/2012 berjumlah 210 (6 kelas). Sampelnya berjumlah 70 orang (dua kelas) mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Semester III. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan sampel kelompok acak, dimana yang diacak adalah kelas. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varian (anova) dua jalur 2 x 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran PBL dan kelompok mahasiswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Kelompok dengan strategi pembelajaran PBL lebih tinggi skor reratanya dari konvensional (PBL= 79,6; konvensional = 76,26), (2) ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah antara kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi. Kelompok dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi skor reratanya dari kelompok yang bermotivasi berprestasi rendah (motivasi berprestasi tinggi= 80,33; motivasi berprestasi rendah=75,78), dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar.

Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menggunakan strategi pembelajaran PBL dalam mata kuliah yang diampu pada pokok bahasan tertentu yang sesuai dengan karakteristik strategi pembelajaran ini. Dalam penelitian ini motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, oleh karena itu, para dosen hendaknya memperhatikan kondisi pembelajaran, seperti minat, bakat, kemampuan awal, motivasi, gaya kognitif, intelegensi, sikap, dan lain-lain, sehingga dosen dapat memberdayakan mahasiswa untuk belajar secara maksimal.

 

ABSTRACT

Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2012. The Influence of Learning Strategies and Achievement Motivation on Learning Achievement of Masail Fiqhiyah. Dissertation. Department of Instructional Technology, Postgraduate Program State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., M.Pd., (III) Dr. Sulthon, M.Pd.

Keywords: problem based-learning, conventional, achievement motivation, learning achievement.

The learning paradigm followed by the lecturers is reflected on the learning strategies implemented in the learning process. The learning strategies refer to the structuring ways that contain procedural steps that can be used only in certain condition to obtain a certain learning achievement. All this time, the lecturers pay less attention on the learning strategies. Often, a lecturer implements a monotonous instructional strategy, that is lecturer-based learning strategies. This condition, in fact, does not meet to the belief of the general principle on the use of learning strategies. That belief states that not all learning strategies are able to be used to reach all learning objectives in various conditions.

Inappropriate use of learning strategies, which does not actively involve the students, can influence the learning achievement in the studied subjects. This implies to the low competence on the studied subject. This condition can lead to the dissatisfaction with the quality of university graduates. Considering this, a lecturer needs to test the effectiveness of learning strategies before those strategies are used in the lectures.

One of the learning strategies that need to be tested its effectiveness is problem-based learning (PBL) strategies. PBL is designed not to deliver material to the students as much as possible, but to develop their ways of thinking, problem solving, intellectual skills, learning through real or simulated situations, and become independent learners. As its comparison, conventional learning strategies are used, because these strategies are commonly used by the lecturers of Islamic Education Department (PAI) in conducting their lectures.

Beside learning strategies, the important thing which also needs to be concerned by the lecturers is learner characteristic, such as achievement motivation. Achievement motivation is the students' urging or desire to do activities with the hope for obtaining the best possible outcome. The main effect and the effect of the instructional strategy interaction and achievement motivation to the learning achievement are the concentrations of this research.

The purpose of this study is to determine the main effect and the interaction effect of the variable treatment to the S1 students' learning achievement on Masail Fiqhiyah in Islamic Education Department (PAI). The significances of this study are divided into two, namely (1) theoretical significance which is associated with the policy implementation in education and (2) the practical significance for the implementation of learning action in the classroom in certain educational institution.

This study employed quasi-experimental design. The design is a version factorial of the nonequivalent control group design. The research population were the 3rd semester students of S1 Islamic Education Department (PAI) Tarbiyah Faculty in the state Institute for Islamic Studies (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, which consist of 70 students (two classes) of 3rd semester in S1 Islamic Education Department (PAI) of Tarbiyah Faculty. The sample is selected by using a random sample group, in which a class is randomized. The collected data is analyzed by an statistic using the variant analysis technique (ANOVA) two-tracks 2 x 2.

The results showed that (1) there were differences in learning achievement on Masail fiqhiyah subject between student groups who were treated by using PBL learning strategies and student groups who were treated by using conventional learning strategies. The PBL's Group is higher than the conventional (PBL = 79.6; conventional = 76.26) , (2) there were differences in learning achievement on Masail Fiqhiyah subject between student groups with low achievement motivation and student groups with high achievement motivation. Group who have high achievement motivation is higher than the group who have low Achievement motivation (High Achievement Motivation = 80.33; Low Achievement Motivation = 75.78), (3) there was an interaction between learning strategies and achievement motivation to the learning achievement.

Based on the research findings, it is suggested to the lecturers to try to use PBL learning strategies in conducting their courses on a certain topic in accordance with the characteristics of these learning strategies. In this study, the achievement motivation influences significantly to the learning achievement. Therefore, the lecturers should consider the learning conditions, such as interests, talents, prior knowledge, motivation, cognitive style, intelegence, attitudes, etc., so that the lecturers can empower students to the maximal learning.