DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Dinamika Organisasi MGMP melalui Pen-dampingan Berbasis Pembelajaran Orang Dewasa (Kasus di MGMP Ekonomi Tingkat SMA Kabupaten Jombang). (Disertasi)

Nanik Sri Setyani

Abstrak


Setyani, Nanik Sri, 2012, Peningkatan Dinamika Organisasi MGMP melalui Pen-dampingan Berbasis Pembelajaran Orang Dewasa (Kasus di MGMP Ekonomi Tingkat SMA Kabupaten Jombang). Disertasi Program Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Prof. Dr. J.G.Nirbito, M.Pd, Pembimbing: II Dr.Hari Wahyono, M.Pd, Pembimbing III: Prof. Dr. Sa'dun Akbar, M.Pd.

Kata Kunci: dinamika organisasi, pendampingan, pembelajaran orang dewasa

Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional guru harus ber-tolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru. Agar pro-ses peningkatan keprofesionalan atau kualitas guru tersebut dapat terprogram de-ngan baik, diperlukan wadah pembinaan guru yang mandiri dan profesional seper-ti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru SMP/MTs./ SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK /MAK.

Berdasarkan studi pendahuluan yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa MGMP Ekonomi tingkat SMA Kabupaten Jombang membutuhkan proses pen-dampingan pada lima aspek manajemen, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia /MSDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional/Kegiatan, Manajemen Pengguna Eksternal/Siswa, dan Manajemen Informasi.

Pendekatan penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah kualitatif. Proses penelitian lebih menekankan usaha untuk memahami makna suatu kejadian atau interaksi orang dalam situasi tertentu. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian terapan (applied research) jika mengacu pada tujuan umum, dan jika mengacu pa-da tujuan secara khusus termasuk penelitian tindakan (action research). Penelitian ini menggunakan proses pendampingan penyusunan Rencana dan Proses Kegiatan MGMP selama satu semester (semester Gasal 2010/2011). Diawali dengan pem-buatan perencanaan/planning/unfreezing berdasarkan penemuan masalah yang di-lakukan dalam studi pendahuluan. Setelah itu perencanaan tersebut dilaksanakan/ action/change selama satu semester dan kemudian ditarik kesimpulan/hasil/result /refreezing. Jika ada ketidak berhasilan dalam pelaksanaan/action, maka akan di-lanjutkan dengan proses umpan balik atau feedback loop A/B/C, yaitu melalui sa-ran atau masukan dari anggota yang memiliki efek untuk mengubah perencanaan berikutnya.

Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pendampingan manajemen orga-nisasi MGMP dapat disimpulkan bahwa dinamika organisasi MGMP dapat me-ningkat. Pengurus lebih memahami tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga dapat mengkoordinir kegiatan anggota dengan maksimal. Banyak anggota yang merasa kegiatan MGMP lebih jelas dan sangat bermanfaat bagi mereka secara in-dividu. Sehingga interaksi pengurus dan anggota dapat terjalin dengan baik, hal ini ditandai pula dengan munculnya ketergantungan antara anggota dengan pe-ngurus, dan anggota dengan anggota.

Rekomendasi penelitian ini adalah 1) Untuk MGMP, komunikasi yang efek-tif antara pengurus dan anggota harus segera terbentuk dengan cara yang tepat ya-itu melalui proses pelaksanaan kegiatan MGMP yang berbasis pembelajaran orang dewasa. Karena dengan cara ini, MGMP dapat meningkatkan keprofe-sionalan guru/anggota secara mandiri. 2) Untuk Kepala Sekolah, berfungsi sebagai motor penggerak kesadaran guru untuk berkomunikasi dengan guru lain dalam wadah MGMP, bukan dalam bentuk instruksi atasan kepada bawahan. Dengan cara pendampingan ‘partisipatif' yang memperhatikan pembelajaran orang dewasa, kepala sekolah dapat menyadarkan guru akan pentingnya aktif da-lam forum MGMP. 3) Untuk Pengawas, komunikasi yang efektif harus diwu-judkan melalui kemampuan pengawas untuk menggalang informasi non akademis yang dibutuhkan guru atau siap sebagai narasumber informasi non akademis yang dibutuhkan anggota MGMP secara berkelanjutan. 4) Untuk Perguruan Tinggi LPTK, hendaknya meningkatkan kepekaan atau kepeduliaan terhadap kebutuhan peningkatan profesionalisme guru melalui wadah MGMP ini. Sangat dimung-kinkan dibuat agenda rutin pendampingan manajemen informasi dari perguruan tinggi LPTK. 5) Untuk penelitian berikutnya, kelemahan penelitian ini adalah be-lum nampak hasil program milis grup yang terbentuk secara menyeluruh untuk anggota, masih pada taraf ‘pilot project' untuk pengurus. Sehingga program pendampingan pada manajemen informasi masih harus diupayakan dilanjutkan, agar kemanfaatan milis grup dapat benar-benar dirasakan oleh anggota.

 

ABSTRACT

Setyani, Sri Nanik, 2012, Improving Organizational Dynamics MGMP through Adult Learning-Based Assistance (Cases in Economic MGMP Jombang for high school level). Dissertation of Economics Education of Post Graduate Program, Malang State University. Advisor one is Prof.Dr.J.G. Nirbito, M.Pd., second advisor is Dr.Hari Wahyono, M. Pd, and the third is Prof.Dr.Sa'dun Akbar, M.Pd.

Keywords: dynamics of the organization, mentoring, adult learning

Development or improvement of professional skills of teachers must begin on the needs or real problems faced by teachers, so that these activities are sig-nificant. In order to improve the quality of teacher professionalism, there should be a good program that is implemented properly. This needs an independent or-ganization coaching teachers and professionals such as Teachers Subject Council (MGMP) for junior high school teacher/MTs./SMPLB, SMA/MA/SMALB and SMK/MAK. From the summary of the Self-Evaluation questionnaire of the MGMP member (for the triangulation of the chairman's answer), it can be con-cluded that Economic MGMP of high school level in Jombang requires mana-gement assistance.

The research approach chosen in this study is qualitative, since the process emphasizes more on the attempt of understanding an event or interaction of people in certain situations. Researchers attempted to reveal the form of the beha-vior within written words that can be observed. This type of study is included into an applied research, if it refers to a common purpose. However as it refers to the specific objectives, it comes to an action research. Researchers conducted a mentoring action related to planning and activity process of MGMP for one semester (odd semester of 2010/2011). It begins as the creation of planning and unfreezing based on the discovery issue in the pre-liminary study conducted. After the plan was implemented for one semester, the researcher drew a conclusion.

If there is lack of success in the implementation, then it will proceed with the feedback loop A/B/C, through the advice or input from members that effect the change of next plan.

The conclusion of this research is through management assistance organi-zation MGMP can be concluded that organizational dynamics can MGMP to rise. Administrators better understand the duties and functions well, so as to coordinate activities of members to the maximum. Many members feel more MGMP activiti-es obvious and extremely beneficial to them in the individual. So that the interac-tion of management and members can be well maintained, it is characterized also by the emergence of dependence between the pe-committee members, and mem-bers of the members.

Recommendations of this study are 1) To MGMP, effective communi-cation between management and members should be formed in a proper way, namely through the implementation process MGMP based adult learning. Because in this way can improve the professionalism of teachers MGMP/members inde-pendently. 2) To the Principal, serves as a driving force of awareness of teachers to communicate with other teachers in the container MGMP, not in the form of instructions to subordinates superiors. By way of assistance 'participatory' who pay attention to adult learning, the school head teachers can be aware of the importance of MGMP active in the forum. 3) For the Trustees, effective communication should be realized through the ability of supervisors to raise non-academic information required or prepared as a resource teacher non-academic information needed MGMP members on an ongoing basis. 4) For Higher Education LPTK, should increase the sensitivity or kepeduliaan to the need for increased professionalism of teachers through this MGMP container. It is possible made a regular agenda management assistance LPTK information from colleges. 5) For the next study/research, the weakness of this study is not yet visible results of a mailing list program that formed the group as a whole to the members, are still at the level of 'pilot project' for the board. So that the mentoring program on information management should be pursued still continued, for the benefit of group mailing lists can be truly felt by the members.