DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu. (Tesis)

Avita Dwi Nurhidayah

Abstrak


Nurhidayah, Avita Dwi. 2011. Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd, M.A, (II) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D.

Kata kunci : pembelajaran, pendekatan matematika realistik, aktivitas belajar.

Pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih cenderung bersifat konvensional, proses pembelajaran yang demikian menyebabkan siswa menjadi pasif. Untuk itu perlu dirancang suatu pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada prestasi hasil belajar.

Pembelajaran dengan pendekatan realistik memberikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dibayangkan oleh siswa, sehingga siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Pembelajaran yang dilakukan melalui lima langkah, yaitu: langkah pertama memahami masalah realistik, langkah kedua menyelesaikan masalah realistik, langkah ketiga membandingkan dan mendiskusikan jawaban dalam kelompok, langkah keempat diskusi kelas, dan langkah kelima menyimpulkan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mendiskripsikan bagaimanakah pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan matematika realistik yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Batu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 17.01% dilihat dari pencapaian terdapat 69.63% kriteria baik pada siklus I menjadi 86.64% kriteria sangat baik. Hasil lain dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar pada akhir siklus. Persentase ketuntasan klasikal meningkat sebesar 12% dari 78% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II.

Berdasarkan hasil analisis pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik selain dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, ternyata juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Batu. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna, sehingga pemahaman siswa terhadap konsep yang diberikan guru akan bertahan lama.

Dalam pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel, peneliti menyarankan kepada para guru untuk menggunakan (1) pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) LKS yang memberi kesempatan bagi siswa mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika yang sedang dipelajarinya

 

ABSTRACT

Nurhidayah, Avita Dwi. 2011. The learning of linear equation system of two variable by realistic mathematics approach to improve students learning activity of the eight grade students of SMP N 2 Batu. Thesis, Mathematic Education Department, Post Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd, M.A, (II) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D.

Keywords: learning, realistic mathematics approach, learning activity.

The learning at SMPN 2 Batu still used conventional characteristic so it would give effect to the students. One of the effect is the teacher still dominate the classroom and the students become passive. In this study, the researcher try to arrange the learning process based on the students activity. One of the method is the implementation of realistic mathematic approach to improve students activity which give impact to the students achievement.

The learning process by using realistic mathematics approach would give student problem and task related with their daily life and it was familiar with them, so they could construct their own knowledge. The learning that has been done by the students divided into five steps namely. The first step is students should understand the realistic problem. The second step is the students could solve realistic problem. The third step is the student could compare and discuss the answer in group. The fourth step is the students could discuss their answer in front of the classroom discussion. The last step is the students could take a conclusion.

This study used a qualitative approach with classroom action research design. This study aims to describe realistic mathematic approach to improve student learning activity of the eight grade students of SMPN 2 Batu.

The result of this study showed students activity increased from cycle I to cycle II at 17,01% from 69,63% (good criteria), at cycle I become 86,64% (very good criteria). It meant that the student achievement increased in the end of cycle. Classical mastery percentage increased 12% from 78% in cycle I to 90% in cycle II.

Based on the result of analysis, it can be known that mathematics learning process by using realistic approach not only improve the students activity in learning but also it could improve the students achievement of the eight grade students of SMPN 2 Batu. It was caused learning activity become more meaningful so the students understanding through the concept that has been given by the teacher kept for a long time.

In linear equation with two variables learning system, the researcher suggested to the teacher (1) to apply realistic mathematics approach (2) the teacher should use student worksheet task to provide an opportunity to the students to construct mathematic concept being learned.