DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistik Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMP-RSBI. (Tesis)

Asmadi Asmadi

Abstrak


Asmadi. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistik Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMP-RSBI. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasajana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono, M.S, M. Sc., (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M. Si

Kata kunci: pengembangan, pembelajaran realistik, garis dan sudut

Dalam proses pendidikan, kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan paling pokok dan ketercapaian tujuan pendidikan bergantung pada pengalaman belajar yang dialami peserta didik. Banyak kritik ditujukan pada cara guru yang terlalu menekankan pada penguasaan sejumlah informasi atau konsep belaka. Guru seringkali menggunakan tanya jawab dan pemberian tugas dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan buku teks (berisi pengetahuan yang disampaikan secara naratif) dan lembar kerja peserta didik ( berisi ringkasan materi, beberapa contoh soal dan pembahasan dan latihan soal). Peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan diskusi.

Pemahaman materi garis dan sudut di kelas VII merupakan materi penting untuk dapat memahami materi matematika lainnya, antara lain materi identifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudut-sudutnya, materi identifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajar-genjang, belah ketupat dan layang-layang, pemecahan masalah yang berkaitan dengan besaran-besaran pada lingkaran, dan kesebangunan.

Sebagai perwujudan dari salah satu kompetensi profesional peneliti sebagai seorang guru SMP, yaitu untuk mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran realistik yang berupa buku peserta didik (student's book) yang memberi kesempatan yang cukup bagi peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar untuk mengkontruksi pemahaman materi garis dan sudut melalui serangkaian tugas/kegiatan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) sebagai pedoman bagi guru dalam merealisasikan pembelajaran dengan menggunakan buku peserta didik.

Adapun langkah-langkah pembelajaran realistik yang tercermin dalam buku peserta didik dan rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi: (a) memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah riil sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuan peserta didik, (b) peserta didik mengembangkan model-model simbolik terhadap masalah yang diajukan, (c) pembelajaran berlangsung interaktif, (d) Penekanan utama bukan pada langkah-langkah prosedural, tetapi lebih pada pemahaman konsep dan penyelesaian masalah, dengan melibatkan masalah yang tidak rutin dan mungkin jawabannya tidak tunggal,(e) Pembelajaran didesain agar materi pelajaran terkait dengan topik atau bahasan lain sehingga lebih bermakna.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses untuk memperoleh hasil pengembangan berdasarkan model pengembangan Plomp, yang meliputi: (1) prototyping stage, meliputi fase investigasi awal, fase desain/perancangan, dan fase pengembangan/konstruksi dan 2) assessment stage, meliputi fase implementasi/uji produk dan fase analisis, evaluasi dan revisi.

Uji coba produk menunjukkan persentase skor keterlaksanaan buku peserta didik yang ditunjukkan dari data aktivitas peserta didik adalah 95,25% dengan kriteria sangat baik dan persentase keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang ditunjukkan dari data aktivitas guru adalah 96% dengan kriteria sangat baik, dan persentase keefektifan mencapai 88% banyak peserta didik memperoleh skor lebih dari atau sama dengan 75. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pengembangan ini yang berupa buku peserta didik (students's book) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Saran-saran yang disampaikan berkenaan dengan pengembangan dan pemanfaatan perangkat pembelajaran realistik hasil pengembangan ini antara lain adalah (a). Perangkat pembelajaran realistik hasil pengembangan ini, yang berupa buku peserta didik (student's book) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) hendaknya digunakan bersamaan agar terealisasi pembelajaran realistic yang tidak sekedar mementingkan hasil, tetapi juga proses, (b) Buku peserta didik ini belum sepenuhnya mengacu pada PMR (Pendidikan Matematika Realistik), terutama pada bagian check understanding, maka pemanfaatan buku peserta didik hendaknya dengan mengadakan perbaikan dengan soal dan tugas sesuai PMR.

 

ABSTRACT

Asmadi.2011. Developing of the Realistic Teaching Materials on chapter lines and angles for Seventh Grade SMP- RSBI (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistik Materi Garis dan Sudut pada Kelas VII-SMP-RSBI). Thesis. Mathematics Education Studies Program, Graduate Program, State University of Malang. Supervisors: (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono, M.S, M. Sc., (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M. Si

Key words: development, realistic learning, line and angle

In the process of education, learning activities is the most basic activities and the achievement of educational goals depends on the experience of learning experienced by students. Many of the criticisms directed at the way of teachers are too much emphasis on the mastery of the amount of information or concepts. Teachers often use question and answer method and giving the tasks for delivering the knowledge using textbook of Math (containing matter of Math that presented in narrative) and student's worksheets (containing a summary of matter, some examples of questions and answers and exercises). Students are less involved in discussions.

 Understanding of lines and angles in seventh class is an important matter to be able to understand the topics further mathematics, including identification of the properties of triangles based on their sides and the measure of their angles, identification of the properties of rectangles, squares, trapeziums, parallelograms, rhombuses, and kites, solving problems related to the quantities on a circles, and similarities and congruencies

 As the realization of one of the professional competence of the researcher as a teacher of Junior High School, to develop learning materials creatively, so the researcher developed realistic learning materials, namely the "student's book" which gives ample opportunity for students to gain experience of learning to construct their understanding the matter of lines and angles by sequences of activities and the "lesson plan" as a basic planning for teacher to realize learning using the student's book.

 The realistic learning steps in this research showed in student's book and lesson plan including: (a) start learning by asking the real issue according with the experience and knowledge level of students, (b) students develop models symbolic of the problems presented, (c) interactive learning, (d) The main emphasis is not on the procedural steps, but more on understanding concepts and problem solving, involving non-routine problems and maybe the answer is no single, (e) Learning be designed so the subject matter related to the other topic so that more meaningful discussion.

 This research is a developmental research. The process to obtain the results of development based on developmental model of Plomp, which includes: (1) prototyping stage, covering the initial investigation phase, the phase of design / drafting, and the phase of development/ construction and 2) the assessment stage, covering the implementation phase/product testing and analysis phase, evaluation and revision.

Implementation of the prototype showed that percentage of practicality of student's book that showed by data of student's activities is 95.25% by criteria very good, and percentage of practicality of lesson plan that showed by data of teacher's activities is 96% by criteria very good, and percentage of effectiveness is 88% mount of students get scor more than or equal 75. The Data showed that the product of development, namely student's book and lesson plan are valid, practice and effective.

 The suggestions are presented regarding the development and utilization of the learning realistic outcome of this development are as follows.(a)The student's book and lesson plan outcomes of this development should be used together in order to realize realistic learning that is not merely concerned with the results, but also the process, (b)The student's book are not fully refers to the PMR or RME (Realistic Mathematics Education), especially on the check understanding, then utilization of the student's book needs to repair with questions and tasks according to PMR.