DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerja, dan Motivasi Berprestasi Guru, dengan Kinerja Profesional Guru pada SMA Negeri di Kota Manado. (Disertasi)

Olga O. L. Tirajoh

Abstrak


Tirajoh, Olga O. L. 2011. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerja, dan Motivasi Berprestasi Guru, dengan Kinerja Profesional Guru pada SMA Negeri di Kota Manado. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd, (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd, (III) Prof. H.A. Sonhadji. K.H., MA., Ph.D.

Kata kunci: supervisi kepala sekolah, budaya kerja, motivasi berprestasi guru, kinerja profesional guru.

Pendidikan memegang peranan yang sangat strategis untuk mendapatkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta informsi dunia. Guru sebagai agen pembelajaran sangat perlu meningkatkan mutu kinerja profesionalnya agar dapat menghasilkan lulusan program pendidikan yang dapat diandalkan. Kondisi tersebut menuntut perlu adanya suatu sistem pendidikan yang mampu menyediakan sumberdaya manusia yang mampu bersaing secara global. Oleh karena itulah kebijakan pendidikan nasional perlu diarahkan agar mampu menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu menghadapi tantangan masa depan secara efektif sejak usia sekolah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi berprestasi, dengan kinerja profesional guru pada SMA Negeri di Kota Manado. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Pengambilan sampel untuk responden penelitian ini sebanyak 120 guru yang ditentukan secara proportional random sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Untuk menguji pola hubungan model yang dibentuk, digunakan alat analisis yang mampu menjelaskan secara simultan hubungan tersebut yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 4.01.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis diskriptif variabel supervisi dengan frekuensi sebesar 62 responden (51,67%), sedangkan variabel budaya kerja dengan frekuensi sebesar 64 responden (53,33%). Untuk variabel motivasi berprestasi dengan frekuensi sebesar 67 responden (55,83%). Dan variabel kinerja profesional guru dengan frekuensi sebesar 60 responden (50,00%) yang kesemua variabel mempunyai frekuensi tergolong tinggi.

Selain itu berdasarkan analisis hubungan antar variabel menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah memiliki hubungan langsung yang positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi guru dan kinerja profesional guru, supervisi kepala sekolah juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara tidak langsung dengan kinerja profesional guru melalui variabel motivasi berprestasi guru. Sedangkan untuk variabel budaya kerja juga memiliki hubungan langsung yang positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi guru dan kinerja profesional guru, selain itu budaya kerja juga memiliki hubungan tidak langsung yang positif dan signifikan dengan kinerja profesional guru melalui variabel motivasi berprestasi guru. Sehingga seluruh hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima dan dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris. Hasil penelitian ini berhasil mengkonfirmatori teori-teori dan temuan-temuan penelitian sebelumnya tentang hubungan supervisi kepala sekolah, budaya kerja, motivasi berprestasi guru, dengan kinerja profesional guru. Analisis struktural juga mengungkapkan model yang cocok antara data dengan model struktural yang diuji. Lebih lanjut temuan penelitian ini mendukung teori-teori dan penelitian sebelumnya.

Dari temuan penelitian, dapat disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) kepada Kementrian Pendidikan Nasional, disarankan dalam rangka mengambil kebijakan yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kinerja profesional guru perlu memperhatikan dan mengevaluasi program supervisi kepala sekolah yang telah ditetapkan serta perlunya memperhatikan faktor budaya kerja, serta motivasi berprestasi dikalangan para guru; (2) kepada Dinas Pendidikan kota Manado, disarankan agar hasil penelitian ini dijadikan dasar dalam membuat kebijakan pembangunan dalam bidang pendidikan utamanya bagi peningkatan kinerja profesional guru perlu memperhatikan pentingnya supervisi kepala sekolah, budaya kerja, serta motivasi berprestasi guru sehingga dapat mengoptimalkan kinerja guru secara menyeluruh; (3) Kepada para kepala Sekolah SMA Negeri di Kota Manado hendaknya dalam pembuatan program untuk peningkatan kinerja profesional guru, perlu memperhatikan program supervisi yang kontinyu dan memperhatikan pula budaya kerja serta motivasi kerja para guru yang dipimpinnya; (4) Kepada para guru disarankan untuk terus berupaya meningkatkan kemampuannya dengan cara memutakhirkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengikuti pendidikan dan pelatihan, mengikuti kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan bidang tugasnya, lokakarya, seminar, dan lain sebagainya secara intensif; dan (5) kepada peneliti manajemen pendidikan, disarankan untuk melakukan penelitian yang serupa dengan menggunakan variabel lainnya atau meneliti dengan pendekatan yang berbeda yaitu pendekatan kualitatif.

 

ABSTRACT

Tirajoh, Olga, O.L. 2011. Correlation between Supervision by Principals, Working Culture, and Teachers' Achievement Motivation with Teachers' Professional Performance in Public Senior High School in Manado. Dissertation. Department of Education Management. Post Graduate Program. State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd, (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd, (III) Prof. H.A. Sonhadji, K.H., MA., Ph.D.

Keywords: supervision by principal, working culture, teachers' achievement motivation, teachers' professional performance.

Education plays crucial strategic role to obtain and improve human resources mastering science and technology and world information. It is a must for teachers as learning agent to improve the quality of their professional performance so that they can produce qualified graduate of educational program. It demands a kind of educational system which is able to provide human resources that can compete globally. Thus, policy of national education should be aimed to prepare human resources which are able to face future challenge effectively since school age.

This research aims at finding out the correlation between supervision by principals, working culture, and teachers' achievement motivation with teachers' professional performance in public senior high school in Manado. It employs quantitative approach with correlational design. Sample for respondents comprises of 120 teachers taken by using proportional random sampling. Data is collected by using questionnaire. To test pattern of model correlation, the research uses an analytical tool which is able to explain that correlation simultaneously. The analytical tool used is Structural Equation Modeling (SEM) with Analysis of Moment Structures (AMOS) program with version 4,01.

The research finding shows that based from the descriptive analysis, the supervision variable has the frequency of 62 respondents (51.67%), while working culture variable has frequency of 64 respondents (53.33). For achievement motivation variable has frequency of 67 respondents (55.83%). And teacher professional performance variable has frequency of 60 respondents (50.00%). Therefore all variables have relatively high frequency.

Besides, analysis of the correlation among the variables shows that supervision by principles has direct, positive and significant correlation with the teachers' achievement motivation and teachers' professional performance. In addition, the supervision by principles also has indirect, positive and significant correlation with the teachers' professional performance through the variable of teachers' achievement motivation. Working culture variable also has direct positive and significant correlation with teachers' achievement motivation and teachers' professional performance and working culture has indirect, positive and significant correlation with teachers' professional performance through the variable of teachers' achievement motivation. As a result, the entire hypotheses proposed in the research can be accepted and proved empirically. The research findings also succeeds to confirm theories and findings from previous researches on the correlation of supervision by principals, working culture, teachers' achievement motivation and teachers' professional performance. Structural analysis also reveals model which is relevant between data and structural model which is tested. This research also supports previous theories and researches.

From the above findings, the writer proposes the following recommendations: (1) For Education Department, it is suggested that in taking policy in relation to effort in improving teachers' professional performance it is important to give attention to and evaluate the program of supervision by principle that has been determined well before and focus on the working culture factor and achievement motivation among teachers; (2) for the Education Office of Manado, the finding of this study should be made as basis to formulate development of educational policy. Especially for the improvement of teachers' professional performance, it is important to give more attention on the significance of supervision by principals, working culture, and teachers' motivation for achievement in order to optimize the entire teachers' performance; (3) for the principals of Public Senior High Schools in Manado, in formulating programs to improve teachers' professional performance, it is recommended that they focus on continuous supervision programs and working culture and working motivation of the teachers who are under their command; (4) for teachers, it is recommended that they improve their skills by upgrading their knowledge and skills. It can be done by joining training program, academic activities in relation to their professional position, seminar, workshop and others intensively; and (5) for the researcher of education management, it is recommended that they conduct similar research by using other research variable or different approach such as qualitative one.