DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Program Parenting pada PAUD Unggulan Nasional (Studi Multi Situs pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya). (Tesis)

Rudi Hariawan

Abstrak


Hariawan, Rudi. 2011. Manajemen Program Parenting pada PAUD Unggulan Nasional (Studi Multi Situs pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd., (II) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd.

Kata Kunci: manajemen program parenting, PAUD unggulan nasional

Memadukan pendidikan di kelompok bermain dengan di rumah, seharusnya menjadi perhatian bagi para penyelenggara pendidikan anak usia dini dengan meningkatkan layanan yang tidak terbatas pada anak di kelompok bermain saja, melainkan lebih jauh menjadikan para orang tua sebagai mitra kerja atau sebagai pendidik di rumah dengan cara memberikan program pendidikan keorangtuan (parenting) bagi para orang tua agar mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Program parenting yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini bukan sesuatu yang baru namun juga tidak banyak yang mampu menyelenggarakannya, sehingga penting untuk dikaji dari konsep teoritis tentang manajemen program parenting pada pendidikan anak usia dini, mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal.

Penelitian ini dilakukan di dua situs, yaitu PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya, bertujuan untuk mendeskripsikan segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi berkaitan dengan manajemen program parenting pada pendi-dikan anak usia dini, yang meliputi: (1) Rancangan program parenting pada pendidi-kan anak usia dini, (2) Implementasi program parenting pada pendidikan anak usia dini, (3) Evaluasi program parenting pada pendidikan anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan studi multi situs. Data penelitian berupa: data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi, dan data observasi mengenai penyelenggaraan program parenting.

Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, rancangan program parenting pada PAUD disusun melalui proses sebagai berikut: (1) Lembaga menyusun program parenting; (2) wali murid merancang program yang relevan dengan program lembaga, (3) merumuskan dan menetapkan program parenting sebagai program kerja tahunan komite sekolah. Kedua, implementasi program paren-ting pada PAUD meliputi kegiatan, sebagai berikut: (1) pertemuan formal Pra-pembelajaran anak di kelas, pertengahan dan akhir semester pertama, awal dan akhir semester kedua, dan komitmen bersama membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, (2) pembinaan kemampuan dan keterampilan orang tua melalui kegiatan seminar, pelatihan, forum diskusi, dan membuat Alat Peraga Edukasi (APE), (3) Pendampingan anak oleh orang tua di dalam dan di luar kelas, seperti game, lomba, outbound, moving home, kunjungan ke rumah atau ke instansi-instansi pemerintah, (4) Kegiatan konsultasi dan keagamaan rutin mingguan. Ketiga, evaluasi program parenting pada PAUD dilakukan dengan cara, sebagai berikut: (1) menilai perubahan sikap dan komunikasi yang bersahaja antara orang tua dengan anaknya, (2) keaktifan orang tua dalam kegiatan parenting, (3) penilaian perkembangan mingguan anak, (4) pertanggungjawaban kegiatan parenting oleh pengurus komite sekolah secara lisan dan tertulis kepada wali murid dan lembaga.

Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan saran-saran sebagai berikut. (1) Guru dan orang tua senantiasa terus saling menjaga dan memelihara hubungan yang erat, sehat, dan harmonis, serta tetap saling berbagi informasi mengenai anak didiknya dan berbagi pengetahuan tentang cara membantu dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal di rumah. (2) Bagi Kepala Sekolah senantiasa terus, (a) memberi pembinaan dan pengarahan yang aktif guna memperlancar terlaksananya program parenting di sekolah, (b) membangun kesadaran dan hubungan kerjasama orang tua dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. (3) Bagi Kabid PLS Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, senantiasa terus aktif memberikan pelatihan secara berkesinambungan tentang konsep manajemen program parenting yang efektif kepada pengawas, kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan pihak-pihak yang berperan secara langsung dalam penyelenggaraan parenting di lembaga PAUD. (4) Bagi Ditjen PAUD Nonformal dan Informal Kemendiknas, diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh penyelenggaraan program pendidikan keorangtuaan yang efektif, dan sebagai landasan dalam membuat pilot project penyelenggaraan program parenting di lembaga PAUD di seluruh Indosesia, (5) Bagi program studi manajemen pendidikan, diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang berguna, serta pengayaan dan pengembangan tentang konsep manajemen pada PAUD khususnya manajemen humas kepada pengajar dan mahasiswa di Program Studi Manajemen Pendidikan, dan (6) Bagi peneliti lain, sebagai inspirasi untuk mengkaji lebih mendalam tentang manajemen program parenting pada pendidikan anak usia dini, mengingat masing-masing lembaga PAUD memiliki keunikan tersendiri dalam menyelenggarakan program parenting.

 

ABSTRACT

Hariawan, Rudi. 2011. Parenting Program Management at National Excellent Early Childhood (Multi-Site Study at Early Childhood of Anak Saleh and Early Childhood of Firdaus in Malang Raya). Thesis Management Studies Education Program, Graduate Program, State University of Malang. Supervisors: (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. (II) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd.

Keywords: management courses in parenting, excellent early childhood.

Integrating education in play group with at home, should be a concern for early childhood education providers to improve unlimited services for children in play group, but further makes the parents as partners or as an educator at home by providing programs parenting for parents to be able to carry out their duties as educators. Parenting program is the form of informal activity undertaken to align the activities of upbringing and education of children in nursery and at home. Parenting is not only new things but also not all the people can hold it, so it's important to be studied from the theoretical concepts concerning the management of parenting programs in early childhood education, since this activity is very useful in helping a maximal growth and development children.

The research was conducted at two sites, namely Childhood of Anak Saleh and Early Childhood of Firdaus in Malang Raya, aimed to describe all phenomena and events relating to the management of a parenting program in early childhood education, which include: (1) The design of a parenting program on children's education early age, (2) Implemention of parenting program in early childhood education, (3) Evaluation of a parenting program in early childhood education. The study used a qualitative approach, using multi-site study. The research data includes: descriptive data obtained through interviews, documentation data and observations regarding the implementation of parenting programs.

The results summarized as follows. First, the design of parenting in early childhood programs developed through the process as follows: (1) Institutions develop parenting programs, (2) parents to design programs that are relevant to agency programs, (3) formulate and establish a parenting program as an annual work program of the school committee. Second, the implementation of programs in early childhood paren-ting activities include, as follows: (1) Pre-formal meeting children's learning in class, middle and end of first semester, the beginning and end of the second half, and a shared commitment to help the growth and development of children, (2 ) capacity building and skills of parents through seminars, training, discussion forums, and make the Viewer Tool Education (VTE), (3) Assisting the child by the parents inside and outside the classroom, such as games, competitions, outbound, moving home, home visits or to government agencies, (4) consultation activities and religious weekly routine. Third, evaluation of parenting in early childhood education program conducted in a way, as follows: (1) assess changes in attitudes and a simple communication between parents and their children, (2) active parents in parenting activities, (3) assessment of weekly child development, (4 ) accountability parenting activities by the school board committee verbally and in writing to parents and institutions.

Based on the results of the study recommended the following suggestions. (1) Teachers and parents always continue to look after each other and maintain close relationships, healthy, and harmonious, and still share information about their students and share knowledge on how to assist and support the growth and development of children to the maximum in the home. (2) For the principal always continue, (a) provide guidance and direction that is active in order to facilitate the implementation of parenting programs in schools, (b) build awareness and cooperation of parents in supporting the growth and development of children. (3) For Head PLS District Education Office/City, always continue to actively provide training on an ongoing basis about the management concept of effective parenting programs to the superintendent, principals, school committee chairman, and those who contribute directly in the implementation of parenting in early childhood institutions. (4) For the Directorate General of Non-Formal and Informal Kemendiknas Early Childhood, is expected to serve as an example implementation of effective parenthood education programs, and as a cornerstone in making the pilot project implementation of parenting programs in early childhood institutions across Indosesia, (5) For management education courses, is expected can serve as a source of useful information, as well as the enrichment and development of management concepts in early childhood education, especially public relations management to faculty and students at Education Management Studies Program, and (6) For other researchers, as an inspiration for more in-depth review of the parenting program management in early childhood education, given that each institution has unique early childhood in conducting parenting programs.