DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Supervisi Pengawas Sekolah, Kinerja Profesional Kepala Sekolah dan Pengembangan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Profesional Guru di SMA Negeri Kabupaten Jember. (Tesis)

Arifiatun Arifiatun

Abstrak


Penelitian ini dilakukan dengan dilandasi kenyataan bahwa masalah mutu  guru masih sangat butuh perhatian karena mutu guru sangat mempengaruhi kinerja profesional mereka yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap kualitas pendidikan. Hal-hal yang berhubungan dengan kinerja guru  antara lain adalah supervisi pengawas sekolah, kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru. Melalui hal-hal tersebut di atas diharapkan kinerja profesional guru akan lebih meningkat.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana supervisi pengawas, kinerja  profesional  kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru di SMA Negeri Kabupaten Jember, (2) mengetahui seberapa besar hubungan supervisi pengawas sekolah terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember, (3) mengetahui seberapa besar hubungan kinerja profesional kepala sekolah terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember, (4) mengetahui seberapa besar hubungan pengembangan profesionalisme guru terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember, dan (5) mengetahui manakah diantara variabel bebas supervisi pengawas, kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru  yang paling besar sumbangannya terhadap variabel terikat kinerja profesional guru.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional yang mendeskripsikan tentang hubungan supervisi pengawas sekolah, kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru dengan  kinerja profesional guru Teknik pengumpulan data menggunakan responden 222 guru sebagai sumber data. Teknik penentuan responden menggunakan teknik proporsional random sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) supervisi pengawas berlangsung baik (45,5 %), (2) kinerja profesional kepala sekolah berlangsung baik (56,3 %), (3) pengembangan profesionalisme guru berlangsung baik sekali (  45,5 %), (4) kinerja guru berlangsung baik (55,3 %), (5) berdasarkan uji linieritas diperoleh bahwa hubungan masimg-masing variabel adalah linier karena signifikansinya 0,05, dengan demikian variabel-variabel tesebut adalah normal, (7) berdasarkan uji hipotesis maka, (a) supervisi pengawas sekolah tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja profesional guru karena berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi supervisi pengawas 0,076 atau > dari 0,05, (b) kinerja profesional kepala sekolah mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja profesional guru dibuktikan dengan hasil analisis yang menyatakan nilai signifikansi kinerja profesional kepala sekolah adalah 0,013 atau < dari 0.05, (c) pengembangan profesional guru mempunyai hubungan  yang signifikan terhadap kinerja profesional guru karena nilai signifikansi menunjukkan 0,006 atau < 0,05, dan (8) besarnya sumbangan efektif masing-masing variabel terhadap variabel kinerja profesional guru adalah: supervisi pengawas sekolah mempunyai sumbangan efektif 19,99 %, kinerja profesional kepala sekolah mempunyai sumbangan efektif sebesar terbesar yaitu 36,61 % dan pengembangan profesionalisme guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 30,07 % sehingga secara keseluruhan besarnya sumbangan efektif adalah 86,67%, dengan demikian ada sumbangan efektif sebesar 13,33% berasal dari luar 3 variabel tesebut.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran untuk meningkatkan kinerja guru di Kabupaten Jember:  (1) bagi pengawas sekolah, disarankan agar melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan pedoman yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerjanya agar kinerja profesional guru juga lebih meningkat, (2) bagi kepala sekolah, disarankan agar meningkatkan kinerja profesionalnya agar kinerja profesional guru juga lebih meningkat, (3) bagi guru, disarankan agar selalu meningkatkan kinerja profesionalnya, antara lain dengan memperoleh pembinaan dari kegiatan supervisi pengawas sekolah, kinerja profesional kepala sekolah, dan melakukan berbagai kegiatan pengembangan profesionalisme. (4)bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, dengan adanya temuan-temuan dalam penelitian ini maka diharapkan agar  dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengadakan perbaikan dan pengembangan pendidikan yang lebih memadai terutama yang berkaitan dengan supervisi pengawas, kinerja profesional kepala sekolah, pengembangan profesionalisme guru dan kinerja profesional guru, dan (5) bagi  peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan dalam bidang ilmu manajemen pendidikan terutama yang berkaitan dengan supervisi pengawas sekolah, kinerja profesional kepala sekolah, pengembangan profesionalisme guru dan kinerja profesional guru.