DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN GARIS DAN SUDUT DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) LORSBACH

Yusran Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

Fauzi, Yusran. 2011. Pembelajaran Garis dan Sudut dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Lorsbach. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. H. Akbar Sutawidjaja, M.Ed., Ph.D., (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

Kata Kunci : Model Learning Cycle, Garis dan Sudut.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa MTsN Kepanjen, yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi garis dan sudut submateri hubungan antar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar dipotong garis lain. Dari hasil diskusi, peneliti menemukan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep hubungan antar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar dipotong garis lain. Dan masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan tentang dua garis berpotongan atau dua garis sejajar dipotong garis lain bila besar salah satu sudutnya berupa variabel. Oleh karena itu, diperlukan usaha yang serius dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tersebut. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan model siklus belajar (learning cycle).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran garis dan sudut dengan model siklus belajar (learning cycle) yang dapat membangun pemahaman siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini terbagi dalam dua pertemuan. Data penelitian meliputi (1) tes, (2) pengamatan aktifitas guru dan siswa, (3) wawancara, (4) validasi instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIA MTs Negeri Kepanjen tahun pelajaran 2009/2010. Subjek wawancara adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 berkemampuan tinggi, 2 berkemampuan sedang, dan 2 berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil tes akhir siklus diperoleh persentase siswa yang memperoleh skor ≥ 60 sebesar 88% sehingga memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan. Sedangkan hasil pengamatan aktifitas guru pada pertemuan I dan II dalam kriteria sangat baik. Dan hasil pengamatan aktifitas siswa pada pertemuan I dan II dalam kriteria sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa proses pembelajaran dengan model learning cycle dapat membangun pemahaman siswa pada materi hubungan antar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Pada tahap engagement, siswa diberi permasalahan berupa gambar dua garis berpotongan atau dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain yang salah satu sudutnya diketahui. Kemudian siswa menentukan besar sudut yang belum diketahui.  Pada tahap exploration, siswa membuat hipotesis tentang hubungan antar sudut yang terbentuk dan membuktikannya. Pada tahap explanation, siswa memaparkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Pada tahap elaboration, siswa menelaah kembali hubungan antar sudut yang diperoleh serta memecahkan permasalahan tentang dua garis berpotongan atau dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain yang besar sudutnya berupa variabel. Dan pada tahap evaluation, siswa menjawab soal-soal tes yang diberikan secara individu. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran ini pada materi matematika yang lain.