DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan Basis Data Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota Surabaya Berbasis Sistem Informasi Geografi (SIG) Dengan Menggunakan Software Arcgis. (Tesis)

Depi Priyono

Abstrak


Priyono, Depi. 2011. Penyusunan Basis Data Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota Surabaya Berbasis Sistem Informasi Geografi (SIG) Dengan Menggunakan Software Arcgis. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Agus Suryantoro, M.Si (2) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

Kata kunci: pendidikan, SIG, data spasial, georeference, Standar Nasional Pendidikan, evaluasi strategis.

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan dalam bidang pendidikan yang ada saat ini diperlukan suatu kebijakan dari pemerintah yang komprehensif dan bersifat multidimensi. Informasi mengenai basis data pendidikan dapat dijadikan data awal guna menentukan kebijakan lebih lanjut. Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem yang mampu mengakomodasi data spasial yang ber-georeference

dengan data atribut menjadi sebuah tampilan yang mampu memberikan analisis keruangan.

Dengan adanya pengembangan SIG untuk informasi kependidikan, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Surabaya khususnya dan Kementerian Pendidikan Nasional umumnya dapat menghasilkan suatu evaluasi strategis pendidikan dengan konsep DBMS (Data Base Management System) yang kemudian menjadi dasar pertimbangan kebijakan pendidikan yang bersifat perbaikan maupun pengembangan pendidikan. Tujuannya adalah penyusunan basis data pendidikan SMA Negeri Kota Surabaya berbasis SIG dengan menggambarkan kondisi tiga komponen utama pendidikan yaitu: kesiswaan, tenga kependidikan dan sarana prasarana pendidikan.

Dalam penelitian ini semua kajian menggunakan pendekatan kualitatif. Bahwa berdasarkan hasil pengakumulasian data kependidikan berbasis SIG untuk wilayah penelitian SMA Negeri kota Surabaya menunjukkan sebuah pelayanan kependidikan yang cukup optimal sebagai bagian dari pengupayaan guna memenuhi Standar Pelayanan Minimum yang termaktub dalam Standar Nasional Pendidikan. Dari 22 SMA Negeri di Kota Surabaya tersimpulkan ada 3 SMAN yang memiliki tingkat pelayanan kependidikan tertinggi yaitu SMAN 5, SMAN 2 dan SMAN 15. Mengikuti di bawahnya adalah SMAN 16, SMAN 6, SMAN 9, SMAN 4, dan SMAN 1.

Pengembangan SIG sebagai media informasi kependidikan diharapkan nantinya akan menjadi suatu keakraban sehingga penerapan SIG berjalan di semua lembaga pendidikan tentunya dengan berbagai perangkat yang harus disiapkan dan maintenance (perawatan) yang cukup baik.

 

ABSTRACT

Priyono, Depi. 2011. Preparation of Database of Education High School (SMA) State of Surabaya-based Geographical Information Systems (GIS) Using ArcGIS Software. Thesis, Department of Geography Education, Graduate Program, State University of Malang. Supervisor: (1) Dr. Agus Suryantoro, M. Si (2) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

Key words: education, GIS, spatial data, GIS, the National Education Standards, a strategic evaluation.

Education is an important part in the process of nation and state life. The problems in education that exist today require a comprehensive policy of the government and is multidimensional. Information on educational data base can be used as preliminary data to determine further policy. Geographic Information Systems (GIS) as a system capable of accommodating the air-spatial data with GIS attribute data into a view that is capable of providing spatial analysis.

With the development of GIS for educational information, the government in this particular Surabaya City Department of Education and Ministry of National Education can generally produce a strategic evaluation of education with the concept of DBMS (Data Base Management System), which later became the basis of policy considerations that are improving education and educational development . The goal is the preparation of educational data base Senior High School Surabaya - based GIS to describe the condition of three main components namely education: student affairs, tenga educational facilities and educational infrastructure.

In this research, all studies used a qualitative approach. That the accumulation of data based on the results of GIS-based education for SMA research area of Surabaya showed a fairly optimal educational services as part of the pursuit to meet the Minimum Service Standards set forth in the National Education Standards. Of the 22 Senior High School in Surabaya, SMAN summed there are 3 that have the highest educational level of service that is SMAN 5, SMAN SMAN 2 and 15. Following below is SMAN 16, SMAN 6, SMAN 9, SMAN 4, and SMAN 1.

Development of GIS as a medium of educational information expected will be a familiarity so that the application of GIS in all educational institutions run course with a variety of devices that must be prepared and maintenance (care) is quite good.