DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Fotografi Untuk Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. (Tesis)

Chrisma Rachmadya P.

Abstrak


Rachmadya P., Chrisma. 2009. Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Fotografi Untuk Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Tesis, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

Kata kunci: pengembangan, paket pembelajaran, Media Fotografi

Mata kuliah Pengembangan Media fotografi adalah mata kuliah yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNESA. Mata kuliah ini biasanya diprogramkan pada semester IV dengan bobot Satuan Kredit Semester (SKS) dan Jam Semester (JS) adalah 4.

Berdasarkan pengalaman peneliti selama 4 tahun menjadi mahasiswa S-1 di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNESA ditemukan beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut diantaranya adalah tidak adanya bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, jam semester yang diberikan terlalu singkat sedangkan teori dan praktek yang dirasa membutuhkan waktu yang tidak sedikit, serta buku-buku penunjang perkuliahan atau sumber bacaan kurang relevan. Mahasiswa lebih banyak mencatat materi fotografi yang disampaikan oleh dosen pengasuhnya.

Tujuan Pengembangan paket pembelajaran ini adalah menghasilkan paket pembelajaran mata kuliah pengembangan media fotografi berupa bahan ajar, panduan dosen, dan panduan mahasiswa yang diharapkan dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur pemotretan yang benar. Selain itu, paket pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat mengatasi minimnya bahan ajar yang tersedia di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNESA, sekaligus dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai satu-satunya sumber belajar untuk mata kuliah pengembangan media fotografi.

Model yang digunakan untuk mengembangkan pembelajaran mata kuliah Pengembangan Media Fotografi ini adalah Model Dick, Carey & Carey (2001). Model ini terdiri dari sembilan langkah, yaitu : (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar, (4) menulis tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan atau memilih materi pembelajaran, (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif, dan (9) merevisi pembelajaran.

Produk pengembangan berupa paket pembelajaran, selanjutnya mengalami beberapa tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah : (1) uji ahli isi mata kuliah, uji ahli desain pembelajaran, (2) uji coba perorangan, (3) uji coba kelompok kecil, dan (4) uji coba lapangan.

Bahan ajar a yang dihasilkan dalam pengembangan ini memiliki komponen-komponen: (1) judul bab dan konsep-konsep kunci, (2) petunjuk, (3) kerangka isi, (4) pendahuluan bab, (5) tujuan pembelajaran umum, (6) tujuan pembelajaran khusus, (7) materi, (8) rangkuman, (9) tes akhir bab, (10) balikan, dan (11) sumber pendukung / daftar pustaka. Komponen-komponen yang dimasukkan dalam panduan mahasiswa adalah identitas mata kuliah, tujuan panduan mahasiswa, karakteristik mata kuliah, petunjuk umum, tujuan kegiatan belajar mengajar, tugas dan evaluasi belajar, dan daftar pustaka. Komponen-komponen panduan dosen meliputi identitas mata kuliah, tujuan panduan dosen, karakteristik mata kuliah, tujuan pembelajaran umum, tujuan pembelajaran khusus, karakteristik pebelajar, alokasi waktu pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, tugas dan evaluasi belajar, dan daftar pustaka.

Keterbatasan yang dimiliki oleh paket pembelajaran, adalah (1) paket pembelajaran ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP di Universitas Negeri Surabaya (2) paket pembelajaran ini dirancang untuk delapan kali pertemuan atau setengah semester, sedangkan materi yang dikembangkan terbatas hanya pada materi dasar-dasdar fotografi saja. (3) proses pengembangannya hanya sampai pada tahapan evaluasi formatif saja, (4) model pengembangan yang digunakan untuk paket pembelajaran ini adalah model Dick, Carey and Carey (2001).

Setelah melalui serangkaian uji coba, menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam mata kuliah Pengembangan Media Fotografi. Hal ini diperkuat hasil penilaian angket untuk tiap komponen paket pembelajaran, semuanya di atas kriteria yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 71%, dan layak untuk digunakan. Selain itu, dilihat dari perolehan hasil belajar sebelum menggunakan paket pembelajaran, memperoleh skor rata-rata 47,08 dan sesudah menggunakan paket pembelajaran memperoleh skor rata-rata 83,31, ada kenaikan perolehan skor sebesar 36,73. Dengan demikian, produk paket pembelajaran yang dihasilkan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.

 

ABSTRACT

Rachmadya P., Chrisma. 2011. Developing of Learning Package Course Media Model of Photography in the Department of Curriculum and Educational Technology at State University of Surabaya. Thesis, Learning Technology, Graduate School of State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. H. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

Key words: development, learning packages, Photography Media

Media Development photography courses are the courses included in the Work Skills Course at the Department of Educational Technology Unesa FIP. This course is usually programmed at the fourth semester with the weight of Semester Credit Units (SCU) and Semester Hours (JS) is 4.

Based on the experience of researchers for four years as the S-1 student in the Department of Educational Technology FIP Unesa found several problems. Those issues include the lack of teaching materials used in learning activities, semester hours is too short while the theory and practice that feels it was not a little, and books supporting lectures or readings less relevant sources. Students are more recorded photographic material presented by lecturers nanny.

The development objectives of this learning package is to produce a learning package courses photographic media development in the form of teaching materials, teacher guides and student guides are expected to help students gain knowledge about facts, concepts, and proper shooting procedures. In addition, the resulting learning package is expected to address the lack of teaching materials available in the Department of Curriculum and Educational Technology Unesa FIP, both can be used by faculty and students as the only source of learning for the course development of photographic media.

The model used to develop learning courses are Photography Media Development Model Dick, Carey & Carey (2001). This model consists of nine steps, namely: (1) identify learning objectives, (2) analysis of learning, (3) identify early behavior and characteristics of learners, (4) to write specific learning goals, (5) develop test items reference benchmark, (6) develop learning strategies, (7) develop and or selecting learning materials, (8) design and conduct formative evaluation, and (9) revise learning.

Product development of a learning package, subsequently experienced several stages of testing to get the data as a material improvement of product development. Stages of experiments performed are: (1) test content specialist subjects, expert test of learning design, (2) individual trials, (3) testing of small groups, and (4) field trials.

A teaching materials produced in this development has the components: (1) chapter headings and key concepts, (2) instructions, (3) content outline, (4) introductory chapter, (5) general learning objectives, (6 ) specific learning goals, (7) material, (8) summary, (9) tests the end of the chapter, (10) feedback, and (11) backup sources / Bibliography. The components included in the student guide is the subject of identity, purpose of student guides, course characteristics, general guidelines, the purpose of teaching and learning activities, assignments and evaluation of learning, and a bibliography. The components of faculty guide covers subjects of identity, purpose lecturer guide, the characteristics of subjects, general learning objectives, specific learning objectives, learner characteristics, time allocation of learning, teaching and learning activities, assignments and evaluation of learning, and a bibliography.

Limitations of the learning package, are (1) This learning package is only for students majoring in Curriculum and Educational Technology at the State University of Surabaya FIP (2) learning package is designed for eight sessions or half-semesters, while the materials developed limited by basic material-photography course. (3) development process just until the formative evaluation stage only, (4) model of development used for this learning package is a model of Dick, Carey and Carey (2001).

After going through a series of trials, suggesting that the learning package developed is feasible for use in the courses Media Development Photography. This reinforced the results of the assessment questionnaire for each component of the learning package, all the above criteria have been established, namely by 71%, and fit for use. Moreover, judging from the acquisition of learning outcomes prior to using the learning package, to obtain an average score of 47,08 and after using the learning package to obtain an average score of 83,31, an increase of gain score of 36,73. Thus, products produced learning packages have contributed significantly to the increase in student learning outcomes.