DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Improving the Reading Comprehension ability of the Ninth Grade Students of SMPN 1 Kalipuro Banyuwangi through the SQ3R Strategy. (Thesis)

Agus Romli Setyawan

Abstrak


Setyawan Romli, Agus. 2010. Improving the Reading Comprehension ability of the Ninth Grade Students of SMPN 1 Kalipuro Banyuwangi through the SQ3R Strategy. Thesis, English Language Education, Graduate Program of State Unniversity of Malang. Advisors: (1) Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A, (II) Dr. Suharmanto, M.Pd.

Key words: improving, reading comprehension, SQ3R strstegy.

This research is designed to improve the students' reading comprehension to describe the implementation the SQ3R strategy. In a SQ3R activity, students are assigned to comprehend a text with the procedure of survey, question, read, recite, and review.

The research employs a collaborative classroom action research design in which the researcher and the collaborative teacher work together in preparing a suitable procedure of the SQ3R strategy, designing the lesson plan, determining of the criteria of success, implementing the action, observing and doing reflections. The subjects of this research were 39 ninth year students of SMPN 1 Kalipuro Banyuwangi, East java in the academic year 2010/2011. This research was conducted in 2 cycles, each of which comprises two meetings.

The data of this research were obtained through observation sheet to obtain information about the teacher's and students' activities and performance during the implementation of the SQ3R strategy, field notes to note the data beyond the coverage of the observation sheet, and a reading comprehension test to identify whether the students make a progress in reading comprehension.

The research shows that the implementation of the SQ3R strategy in the teaching learning of reading comprehension can improve the students' comprehension skill. It can be identified that after the implementation of the action there is an improvement in the number of students who got the score greater or equal to 70 in the first cycle was only 19 students out of 39 students or 48,72%. It had not fulfilled the criterion of success yet. In the cycle 2, the students who got the score greater or equal to 70 were 30 out of 39 students or 76,92%. It fulfilled the criterion of the success in terms of the score improvement. Moreover, students were active in the class in terms of sharing ideas, previewing, answering the questions, reading, reflecting, reciting, and reviewing by using the SQ3R strategy.

Based on the findings, it is suggested that teachers use the SQ3R strategy as one alternative in the teaching of reading comprehension in the classroom. It is also recommended that the students employ the SQ3R strategy to practice their reading comprehension, which can be done for other genres. For other researchers, the finding can be used as valuable references for those whose interest is conducting research in the same field.

 

ABSTRAK

Setyawan Romli, Agus. 2010. Meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 9 SMPN 1 Kalipuro Banyuwangi dengan mengunakan strategi SQ3R. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pasca Sarjana Universitas negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A, (II) Dr. Suharmanto, M.Pd.

Kata kunci: meningkatkan, pemahaman membaca, strategy SQ3R

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dengan pelaksanaan strsategi SQ3R. dalam kegiatan stragegi SQ3R, siswa diberi tugas untuk memahami sebuah teks dengan menggunakan prosedur SQ3R, yaitu survey, bertanya, membaca, membaca nyaring, dan mereview.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif, yaitu kolaborasi antara peneliti dengan guru yang bekerja sama untuk mengembangkan prosedur strategi SQ3R yang sesuai, membuat rencana pengajaran, menentukan criteria kesuksesan belajar, melakukan tindakan , mengamati dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini 39 siswa kelas IX SMPN 1 Kalipuro Banyuwangi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan.

Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, untuk memperoleh informasi tentang kegiatan dan penampilan guru dan siswa selama pelaksanaan strategi SQ3R, catatan lapangan digunakan untuk mencatat data yang tidak terdapat pada lembar observsi, dan tes pemahaman membaca, digunakan untuk mengidentifikasikan apakah siswa sudah memperoleh kemajuan dalam pemahaman membaca.

Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi SQ3R dalam pembelajaran pemahaman membaca adalah dapat meingkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Itu dapat di identifikasi bahwa ada peningkatan nilai pemahaman membaca yang signifikan setelah pelaksanaan dari tindakan di setiap siklusnya. Di siklus ke-1 jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 70 hanya 19 siswa dari 39 siswa atau 48,72%. Itu adalah belum memenuhi kriteria keberhasilan. Di siklus-2, jumlah siswa yang memperoleh nilai sama dengan atau lebih besar dari 70 adalah 30 dari 39 siswa atau 76,92%. Hasil tersebut adalah telah memenuhi kriteria sukses dari penelitian ini. Lebih lanjut, siswa terlihat aktif dalam berbagi pendapat, mempreview atau meninjau bacaan, menjawab pertanyaan, membaca, mrefleksikan, mendiskusikan, dan mereview sebuah text atau bacaan selama proces belajar mengajar dengan menggunakan strategi SQ3R.

 Berdasarkan temuan dari penelitian ini, disarankan kepada para guru untuk menggunakan strategi SQ3R sebagai salah satu strategi alternatif dalam pengajaran pemahaman membaca di dalam kelas. Siswa juga di rekomendasikan untuk menggunakan strategi SQ3R sebagai strategi belajar dalam pemahaman membaca yang dapat mereka lakukan pada jenis-jenis teks yang lain. Untuk peneliti yang lain, temuan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti yang tertarik dalam melaksanakan riset di bidang yang sama.