DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola belajar dan pembelajaran pada Program paket C setara SMA/MA (Studi kasus di PKBM Mustika Kota Rina). (Tesis)

Aritonang Madonna

Abstrak


Aritonang, Madonna. 2011. Pola belajar dan pembelajaran pada Program paket C setara SMA/MA (Studi kasus di PKBM Mustika Kota Rina). Tesis, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Djauzi Mudzakir, M.A, (II) Dr. Sanapiah Faisal S.

Kata Kunci: program paket C, PKBM, pendidikan luar sekolah.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penyelenggara program kejar Paket C yang akhir-akhir menimbulkan kerisauan di masyarakat, kerisauan tersebut muncul karena yang secara logis-matematis waktu penyelenggaraan dan sumber daya serta fasilitas yang dimiliki Program tersebut jauh lebih rendah kualitasnya dibandingkan pendidikan formal. Yang sering dipertanyakan adalah bagaimana Pendidikan kesetaraan dapat memberikan hasil yang setara dengan pendidikan formal jika pembelajarannya hanya dilaksanakan kurang lebih tiga hari per minggu dengan sarana yang minim. Yang paling mengherankan lagi adalah kondisi kelulusan Program Paket C ini mencapai 97%-100%.

Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan : (1) Bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar? (2) Bagaimana upaya warga belajar dalam mencapai keberhasilan belajar pada program paket C di PKBM Mustika Kota Rina? (3) Pihak-pihak manakah yang memegang peran kunci dalam membantu kelulusan warga belajar di PKBM Mustika Kota Rina? Selanjutnya penelitaan ini bertujuan untuk :1) Untuk mengetahui upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar, 2) Untuk mengetahui upaya warga dalam mencapai keberhasilan belajar pada Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina 3) Untuk mengetahui apakah ada pihak-pihak yang terkait dalam membantu kelulusan warga belajar Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Peneliti menelaah sebuah kasus yang dilakukan secara intensif, mendalam, dan komprehensif terhadap sebuah fenomena. Informan utama penelitian ini adalah tutor dan warga belajar Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) wawancara mendalam, (2) observasi dan(3) dokumentasi. Data dianalisis dalam 3 tahap, yakni (1) reduksi data, (2) trianggulasi, (3) pengkategorian data.

Dari hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut: 1) upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar melalui pembelajaran pembelajaran partisipatif, melakukan evaluasi pembelajaran, memotivasi warga belajar serta mengarahkan warga belajar untuk mempelajari modul, 2) Upaya warga belajar dalam mencapai keberhasilan belajar melalui belajar mandiri, tetapi tidak semuanya warga belajar melakukan belajar mandiri, 3) Adanya pihak-pihak yang membantu kelulusan warga belajar.

Berdasarkan temuan penelitian tersebut, disarankan hal-hal berikut: 1. Pimpinan PKBM Mustika Kota Rina; (a) Agar hasil pembelajaran lebih baik perlu ditambah modul atau buku paket, media pembelajaran serta jenis kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan keterampilan yang beragam; (b) Memberikan pelatihan kepada tutor, mengenai Pola pembelajaran Pendidikan Nonformal terkhusus pada program Paket C; 2. Tutor: (a) Membuat silabus pembelajaran,agar pencapian hasil belajar dapat terukur; (b) Memotivasi warga belajar sangat diperlukan tindakan nyata melalui beberapa metode motivasi. 3. Penelitian lain : segala permasalahan yang belum dituntaskan dalam penelitian, disarankan agar dapat dikaji dan diteliti lebih lanjut, seperti pembelajaran andragogi dan mencari fakta secara mendalam kelulusan warga belajar program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina.

 

ABSTRACT

Aritonang, Madonna. 2011. Learning Patterns and Instructions in Package C Program equal to SMA/MA (Case Study in PKBM Mustika Kota Rina). Thesis of Nonformal Education Department, Postgraduate Program, State university of Malang. Advisors: (I) Dr. M. Djauzi Mudzakir, M.A, (II) Dr. Sanapiah Faisal S.

Keywords: Package C Program, PKBM, Nonformal Education.

The background of the research was a phenomenon of Package C Program which recently has caused a concern in the society. This problem aroused around the issue of time, sources and facilities which quality is logical-mathematically much lower than that of formal education. How this nonformal education could be equal to formal one was being questioned; especially when it held only three times a week with a minimal facilities. The most surprising news was that the graduates of this program could reach 97% - 100%.

This research focused on the questions of: (1) How would the tutor increase the learning achievement of the learners, (2) How would the learners succeed in their learning in Package C Program in PKBM Mustika Kota Rina, and (3) Who played the key role in helping the learners graduate from PKBM Mustika Kota Rina. Based on these questions, the research objectives were: (1) to define the tutor's effort in increasing the learning achievement of the learners, (2) to define the learners' effort in succeeding the program, ad (3) to identify whether there are parties that help the learners graduate from Package C Program in PKBM Mustika Kota Rina.

This research used a qualitative approach with case study design. A phenomenon was studied intensively, deeply and comprehensively. The main informants were tutors and learners of Package C Program in PKBM Mustika Kota Rina. Data were collected using in-depth interview, observation and documentation. The collected data thus analyzed in three stages; data reduction, data triangulation, and data categorizing.

The analysis resulted in: (1) tutors were trying to increase the learning achievement by using participative learning method, evaluating the instructions, and motivating the learners to learn the moduls; (2) learners, though not all, were learning independently in order to succeed the program; and (3) there were parties who help the learners in graduating from the program.

According to the result, suggestions were given for related parties, such as: (1) Management of PKBM Mustika Kota Rina: (a) Moduls and textbooks, as well as instructional media and learning activities, should be increased and developed to attain a better learning achievement; (b) Tutors are given trainings about nonformal education learning pattern especially in Package C Program. 2. Tutors: (a) Syllabus should be made so that the achievements are measurable; (b) Motivating learners is also an important issue and should be undertaken using several motivation methods. 3. Subsequent researchers: There are issues which have yet to be investigated. Therefore, it is better that these issues are reviewed and investigated thoroughly, e.g.: andragogy learning and/or in-depth facts around the graduation of learners of Package C Program in PKBM Mustika Kota Rina.