DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Melalui Problem Based Learning Bagi Siswa MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. (Tesis)

Erfin Mu’adibah

Abstrak


Mu'adibah, Erfin. 2011. Peningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Melalui Problem Based Learning Bagi Siswa MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd, M.A., (2) Dr. Sri Mulyati, M.Pd.

Kata kunci: teorema pythagoras, pemahaman matematika, problem based learning.

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII-C MTsN Jambewangi Selopuro Blitar diperoleh informasi bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi teorema Pythagoras dan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap teorema Pythagoras masih rendah. Selama ini dalam pelaksanaannya guru menerapkan metode ceramah dan penugasan. Siswa pasif pada saat pembelajaran. Siswa cenderung menghafal rumus dan tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri teorema Pythagoras. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran, yaitu pembelajaran berbasis masalah. Dengan pembelajaran berbasis pada masalah diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran teorema Pythagoras.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga tindakan. Masing-masing tindakan dilakukan dalam suatu siklus sesuai dengan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Siklus ini meliputi tahap (a) merencanakan, (b) melaksanakan, (c) mengamati, dan (d) merefleksi. Siklus dalam suatu tindakan akan diulang sampai kriteria yang ditetapkan dalam setiap tindakan tercapai.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi teorema Pythagoras. Proses pembelajarannya terbagi dalam tiga tahap, yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa tentang pentingnya teorema Pythagoras, mengingatkan kembali materi prasyarat, pembentukan kelompok, dan pemberian alat peraga, (2) tahap inti meliputi pelaksanaan investigasi oleh kelompok dan presentasi hasil diskusi, dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Ketiga tahap tersebut telah mencakup lima fase dalam pembelajaran berbasis masalah, yaitu: (1) memberikan orientasi tentang permasalahan kepada siswa, (2) mengorganisasikan siswa untuk meneliti atau melakukan investigasi, (3) membantu investigasi mandiri dan kelompok, (4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil investigasi, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah.

Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi (pengamatan), hasil tes siswa, dan wawancara. Hasil pengamatan pada tiga tindakan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan termasuk pada kategori baik dan sangat baik. Dari hasil tes dan latihan mandiri pada masing-masing tindakan, skor rata-rata (dalam persen) dari keseluruhan siswa yang memperoleh skor pada tes awal, tindakan I, II, III dan tes akhir berturut-turut adalah 50, 80, 82, 92,5 dan 95. Dengan peningkatan skor tes awal, tindakan I, II, III dan tes akhir tersebut menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang materi teorema Pythagoras meningkat.

 

ABSTRACT

 

Mu'adibah, Erfin. 2011. Increase the Comprehension of Concept Pythagoras Theorem by Problem Based Learning for Students at MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Thesis Program of Study Mathematics Education, Postgraduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd, M.A., (2) Dr. Sri Mulyati, M.Pd.

Key words: pythagoras theorem, mathematiics comprehension, problem based learning.

Based on the result of first observation and interview with mathematics teacher at class VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar it has been given information that the students found difficulty in understanding of concept Pythagoras theorem, and show that students mastery for this subject is low. During the observation, the teacher only uses the lecturing teaching method and give assigment. In tha teaching learning process, the students follow passively. Students are not given opportunity to find by themselve those formula. Because of that, it needs inovation approach of mathematics instruction, this is Problem Based Learning. By this approach, we hope the students comprehension concept in this instruction improve.

This is classroom action research. This research consist of three acts. Each act is done in a cycle in appropiate that developed by Kemmis and Mc Taggart, namely (a) plan, (b) action, (c) observation, and (d) reflection. Cycle in an action is repeated until the criteria defined in each action is reached.

Based on findings, it is found that Problem Based Learning can be used to increase the comprehension of Pythagoras theorem. Proses of learning divided into three stages of instruction, namely: (1) initial stage consists of delivering aims of instruction, motivating students about the importance of Pythagoras theorem, recalling the requirement materials, building the groups, and giving visual aids; (2) main stage consists of conducting investigation by group and doing discussion result presentation; and (3) final stage consists of making conclusion and evaluation. This stages covering the five phase in Problem Based Learning, namely (1) orientation students on issues, (2) organize students to learn or investigation, (3) guide the investigation of individual and group, (4) develop and present the result of work, and (5) analyze and evaluate problem-solving process.

The result of the study is gained from the observation, students' test result, and interview. The observation of three activity shows that the learning of the research are categorized as good and very good respectively. From the test and individual exercise in every activity result, the average score (presented in percentage) from all of the students who get ≥ 65 in the pretest, activity I, II, III and post test respectively are 50, 80, 82, 92.5 and 95. With the increase of test scores in pretest, treatment I and II shows that students' comprehension of Pythagoras theorem increases.