DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Pemecahan Masalah Materi Persamaan Linear Satu Variabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pasuruan. (Tesis)

Achmad Choliq

Abstrak


Choliq, Achmad. 2011. Pembelajaran Pemecahan Masalah Materi Persamaan Linear Satu Variabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pasuruan. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd., (2) Dr. Hery Susanto, M.Si.

 

Kata kunci: masalah, pemecahan masalah, persamaan linear satu variabel

Keberhasilan guru akan terjamin, jika guru dapat mengajak muridnya mengerti suatu masalah melalui semua tahap proses belajar, karena dengan cara tersebut murid akan memahami hal yang diajarkan (Rooijakkers, dalam Sagala, 2009:174)

Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan hal yang sering terjadi. Agar peserta didik mampu dalam memecahkan masalah perlu dikembangkan kemampuan berfikir logis, analitis sistematis, kritis, dan kreatif.

Penelitian ini difokus pada "Bagaimana pembelajaran pemecahan masalah materi persamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Pasuruan". Sesuai dengan pertanyaan penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pemecahan masalah untuk memahamkan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Pasuruan pada materi persamaan linear satu variabel. Pemecahan masalah yang dimaksud dalam penelitian ini merujuk pada tahap-tahap yang dikembangkan oleh Polya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Pasuruan . Hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa pada kriteria paham (87%), aktivitas guru baik (88%), aktivitas siswa baik (84%) dan respon siswa sangat baik (91%)

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya dapat memahamkan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Pasuruan terhadap materi persamaan linear satu variabel. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap. Tahap awal yang meliputi: memberikan tujuan pembelajaran, memberikan materi apersepsi, memotivas siswa,dan meminta siswa menempati kelompok asal. Tahap inti yaitu memberikan permasalahan kepada siswa dikemas dalam lembar kerja yang dikerjakan secara berkelompok. Soal permasalahan dikerjakan sesuai dengan pertanyaan yang terstruktur yang mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran dengan menggunakan tahap-tahap: memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban, sedangkan tahap akhir memberi tes akhir tindakan yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Hasil penelitian diharapkan menghasilkan yang lebih baik, maka disarankan bila ada peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian pembelajaran pemecahan masalah dengan model Polya hendaknya dilakukan pada sekolah lain atau materi lain, agar diperoleh gambaran lebih lanjut tentang penelitian ini.

ABSTRACT

Choliq, Achmad 2011. Learning Problem Solving Linear Equations  One Variable In Students SMP Negeri 1 Pasuruan. Thesis, Mathematics Education Studies Program, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd. (2) Dr. Hery Susanto, M.Si.

Keywords: Problem, Problem Solving, Linear Equations One Variable.

The successful teacher will be guaranteed, if the teacher can invite students to understand a problem through all stages of the learning process, because in this way students will understand the things that are taught (Rooijakkers, in Sagala, 2009:174)

Problem solving in mathematics is often occurred in order to make students able to solve the problem needs to develop the ability of logical thought, analytic, systematic, critical, and creative.

This study is focused on "What of learning problem solving linear equation one variable on class VII D SMP Negeri 1 Pasuruan". In accordance with research questions, this research aims to describe learning problem-solving to get the understanding of class VII D SMP Negeri 1 Pasuruan on material equation.

Problem solving mentioned in this study refers to the stages developed by Polya. This study uses qualitative research design class action. The research was conducted on students in class VII D SMP Negeri 1 Pasuruan. The results is obtained from students mastery on student understanding (87%), teachers activities good (87%), students activities good (84%)and student response very good (91%).

The results showed learning problem-solving model Polya can understand the students of class VII D SMP Negeri 1 Pasuruan on equation. Learning is accomplished by using three stages. The initial phase includes: providing learning objectives, providing materials apersepsi, motivating students, and asking the students to occupy a group home. The phase core gives the problems that are packed into a worksheet is done in groups. The problem solving done with structured questions that lead to learning goals by using the stages: understanding the problem, formulating a plan, implementing the plan, and checking back the answers while the final stage to give the final test action that aims to determine students understanding of material that has been studied.

The results are expected to produce better, it is advisable if there are other researchers who are interested in undertaking the study of learning solving problems with Polya model should be performed in other schools or other material, in order to obtain further description of this research.