DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran melalui Metode Penemuan Terbimbing untuk Mening-katkan Kompetensi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung tentang Barisan dan Deret. (Tesis)

Pujiono Pujiono

Abstrak


Pujiono, 2011. Pembelajaran melalui Metode Penemuan Terbimbing untuk Mening-katkan Kompetensi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung tentang Barisan dan Deret. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pro-gram Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M. Sc. dan (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M. Si.

 

Kata Kunci: barisan dan deret aritmetika, penemuan terbimbing berkelompok

Hasil pengamatan peneliti terkait dengan hasil tes materi Barisan dan Deret Aritmetika pada tahun pelajaran 2009/2010 menunjukkan bahwa siswa belum men-capai ketuntasan klasikal, dan hasil diskusi dengan guru bidang studi matematika SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung maka diperlukan suatu cara dalam upaya me-ningkatkan kompetensi siswa yang salah satunya melalui pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung tahun pelajaran 2010/2011 pada materi Barisan dan Deret Aritmetika.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Subjek wawancara dipilih 6 siswa yang ter-diri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak berkomunikasi.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing secara ber-kelompok dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Pada tindakan I hasil pengamatan aktivitas siswa rata-rata sebesar 84,09% atau berada pada kategori baik, sedangkan pada tindakan II aktivitas siswa rata-rata sebesar 85,12% atau berada pada kategori sangat baik. Nilai akhir pada tindakan I siswa yang tuntas adalah 88,57%, sedangkan pada tindakan II siswa yang tuntas sebesar 97,14%. Data di atas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing berkelompok dika-takan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berkelompok materi Barisan dan Deret Aritmetika sangat positif.

Saran yang diberikan adalah (1) Karena pembelajaran dengan metode pene-muan terbimbing berkelompok terbukti dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan pada pengajar (guru) untuk menggunakan metode pembelajaran tersebut di kelas, (2) Bagi tenaga pengajar (guru) yang tertarik menggu-nakan pembelajaran metode penemuan terbimbing berkelompok seyogyanya mem-pertimbangkan hal-hal seperti : pemahaman siswa tentang materi prasyarat dan keter-sediaann waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran, (3) Pada pembentukan ke-lompok sebaiknya siswa dipilih oleh guru secara heterogen untuk memeratakan ke-mampuan siswa, (4) Bagi peneliti lain yang berminat menggunakan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berkelompok, dapat mengembangkannya lebih lanjut untuk pelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.

 

ABSTRACT

Pujiono, 2011. The Implementation of Guided Discovery Method to improve the Eleventh Grade Student's Competency about Arithmetic Sequences and Series at SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung. Thesis, Study Program of Mathe-matics Education, Postgraduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc., and (2) Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M.Si.

 

Key words: Arithmetic Sequences and Series, Group Guided Discovery

The result research on the effect of Arithmetic Sequences and Series test in 2009/2010 shows that students hasn't gained classical mastery based on the discussion by mathematic teachers in SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung, it is necessary the effort to improve students competency in which are of them is by implementing guided discovery method learning in group. This research describes the implementation of learning with Guided Discovery Method improving the Eleventh grade students Electrical Power Tech 2 SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung competency for academic year 2010/2011 in the Arithmetic Sequences and Series subject.

The study employs with classroom action research design. It is conducted to the Eleventh grade students Electrical Power Installation Tech 2 SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung. The chosen subjects of interview are 6 students consisting of 2 students with high ability, 2 medium ability students, and 2 low ability students. These students are chosen based on the result of pretest and that they are communicable.

 The result research conclusion of Guided Discovery method in group is able to improve the Eleventh grade students Electrical Power Installation Tech 2 SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung competency. In the first action, observation result of students activity having average as 84,09% or means good categorized, while in the second action, students activity having average as 85,12% or means very good categorized. The final score in the first action is 88,57%, while in the second action, the score is 97,14%. The data shows that learning implements Guided Discovery method considered improving students competency. Students response to the learning implements Guided Discovery method in Arithmetic Sequences and Series is very positive.

The following suggestion given are: (1) Because of Guided Discovery method in a group is really improving students competency in learning, hope the teacher implements the learning method in class, (2) The teacher who is interested in implementing Guided Discovery method in group preferable considering as follows: student's understanding about pre requisite subject and available enough time for the learning process, (3) The group should be made up by teacher heterogeneous so that group has completed members in competency, (4) For the other researchers who are interested in implementing the method, can improve further for mathematic subject with different topics.