DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Possing terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Siswa Kelas X SMK Negeri I Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009-2010. (Tesis)

Samsu Bashari

Abstrak


Bashari, Samsu. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Possing terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Siswa Kelas X SMK Negeri I Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009-2010. Tesis, Program Studi: Pendidikan Fisika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Markus Diantoro, M.Si., (2) Drs. Yudyanto, M.Si.

Kata kunci: kooperatif tipe problem possing, prestasi belajar

Hasil penelitian terdahulu dan kajian teori menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model kooperatif tipe problem possing pada pembelajaran fisika memiliki dampak yang sangat baik terhadap motivasi dan prestasi siswa. Salah satu keunggulan model kooperatif tipe problem possing adalah dapat dilakukan dengan memberikan orientasi permasalahan secara langsung terhadap siswa sesuai materi yang diajarkan dan siswa dapat mengamati sesuai dengan pengalaman sehari-hari dan sekaligus memecahkan masalah sendiri. Gejala yang ada dewasa ini banyak siswa memiliki pengetahuan faktual yang cukup tetapi gagal menggunakan pengetahuannya saat memecahkan masalah. Salah satu faktor yang ditengarai sebagai penyebab gagalnya pembelajaran di kelas adalah proses pembelajaran yang didominasi guru, model pembelajaran yang tidak mendukung aktifitas siswa maka perlu adanya perubahan model pembelajaran yang digunakan.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional. 2) Menguji interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi 3) Menguji perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi tinggi. (4) Menguji perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi rendah.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan variabel bebas model pembelajaran kooperatif tipe problem possing dan model konvensional, variabel terikatnya prestasi belajar dan sebagai variabel moderat adalah motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Glagah Banyuwangi tahun pelajaran 2009-2010. Data dianalisis dengan statistik ANAVA dua jalur dan Uji Tukey. Pengujian hipoteis nol dilakukan pada taraf signifikan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. 1) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar. 3) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi tinggi.

(4) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe problem possing dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi rendah.

 

ABSTRACT

Bashari, Samsu. 2010. The Influence of Implementation of Cooperative type Problem Possing Model on Physics Learning Achievement Reviewed from Its Learning Motivation of Student Grade X SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Thesis, Study Program Physics Education, Program Pascasarjana State University of Malang, Promotors: (1) Dr. Markus Diantoro, M.Si., (2) Drs. Yudyanto, M.Si.

Keywords: Cooperative type problem possing, learning achievement.

Previous result show that the influence of cooperative type problem possing implemented to physics learning has a good effect in students' motivation and achievement. Cooperative type problem possing model can be done by giving problem orientation directly to students based on the subject matter given so that the students can observe it based on their experience, and are able to solve their own problem. There is an indication that many students have enough factual knowledge but they fail to solve problem. It is believed that the factors causing learning failure in class is that the learning process is mostly dominated by teacher and learning model implemented does not support students' activities. Therefore it needs the change of learning model used.

The purposes of this research are: 1) The test the difference in between result of students learning through problem possing and conventional teaching and learning. 2) To test the interaction between learning model and students motivation to learning achievement. 3) To test the difference students acchievment between students who are learning by using problem possing and those who are learning through conventional model in the high motivated class. (4) To test the difference students acchievment between students who are learning by using problem possing and those who are learning through conventional model in the low motivated class.

The research model used is quasi experiment, with independent variable is cooperative type problem possing model and conventional model. The dependent variable is students leaning achievement, while the moderate variable is learning motivation. The research done at SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi at academic year 2009-2010. The data were analyzed by using two ways of ANAVA and Tukey's evaluation. The null hypothesis evaluation have been done at 5% significant level.

The result of the research shows: 1) There is the difference on physics learning achievement between students who study using cooperative type problem possing model and ones who study using conventional. 2) There is no interaction between learning model and learning motivation students to learning achievement.

3) There is no difference between students achievement on physics learning who study by using cooperative type problem possing model and conventional model in the high motivated class. 4) There is no difference between students achievement on physics learning who study by using cooperative type problem possing model and conventional model in the low motivated class.