DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemampuan, Motivasi kerja, Kepemim-pinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMKN di Surabaya. (Disertasi)

Mohammad Usman

Abstrak


Usman, Mohammad. 2011. Pengaruh Kemampuan, Motivasi kerja, Kepemim-pinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMKN di Surabaya. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Agus Suman, DEA., (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed., dan (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata kunci: kemampuan, motivasi kerja, kepemimpinan, iklim organisasi, kepuasan kerja, kinerja.

Penelitian ini menganalisis pengaruh kemampuan kerja, motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru. Kepuasan kerja bagi guru sebagai pendidik diperlukan untuk meningkatkan kinerjanya.

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan terhadap kepuasan kerja (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja (4) Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja (5) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan terhadap kinerja guru (6) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru (7) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (8) Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru (9) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru.

Rancangan penelitian adalah survey. Jenis penelitian termasuk explanatory research. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang hubungan antar variabel laten yang telah dirancang dalam desain penelitian.

Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 120 responden. Analisis data menggunakan analisis statistik model persamaan struktural dengan bantuan Software LISREL 8.30 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kemampuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (3) variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (4) variabel iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (5) variabel kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (6) variabel motivasi kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (7) variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (8) variabel iklim organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru, (9) variabel kepuasan kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

Temuan-temuan dari penelitian ini mempunyai implikasi yang penting bagi SMKN di Surabaya dalam menjalankan roda organisasinya terutama dalam hal kemampuan kerja guru, peningkatan motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah, dan pembentukan iklim organisasi yang kondusif. Semuanya agar kinerja guru dapat ditingkatkan.

 

ABSTRACT

Usman, Mohammad. 2011. The Influence of Ability, Job Motivation, Leadership of Principal, Organization Climate, Job Satisfaction, Toward Economics Teacher Performance SMKN in Surabaya. Dissertation. The Program of Study Educational Economics. Post Graduate Program of Malang, State University. Advisor: (1) Prof. Dr. H. Agus Suman, DEA., (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed., and (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Keywords: ability, job motivation, leadership of principal, organization climate, job satisfaction, teacher performance.

This research analyzes the influence of ability, job motivation, leadership of principal, and organization climate toward teachers' performance by job satisfaction.

The aims of this research: (1) To know the influence of the ability toward the job satisfaction (2) To know the influence of job motivation toward the job satisfaction (3) To know the influence of leadership principal toward the job satisfaction (4) To know the influence of organization climate toward job satisfaction (5) To know the influence of ability toward teachers performance (6) To know the influence of job motivation toward teachers performance (7) To know the influence of leadership of principal toward teachers performance (8) To know the influence of organization climate toward teachers performance (9) To know the influence of the job satisfaction toward teachers performance.

The research design is survey. This kind of the research is included explannatory research. The gained result is expected to be able to obtain the explaination about the ralation of laten variable which is planned in the reseach design.

The research samples are determined 120 teachers.Then the gained data is analyzed by using the statistics analysis of structural equation modeling, SEM by Software aid of LISREL 8.30 for Windows.

The result of this research shows that: (1) the variable ability has the positive and significant influence toward job satisfaction, (2) the variable of job motivation has the positive and significant influence toward job satisfaction, (3) the variable of leadership principal has the positive and significant influence toward job satisfaction, (4) the variable of organization climate has the positive and significant influence toward job satisfaction, (5) the variable ability has the positive and significant toward influence teachers' performance, (6) the variable of job motivation does not influence positively and significantly toward teachers' performance, (7) the variable of leadership principal influences the positively and significantly toward teachers' performance, (8) the variable of organization climate influences positively and significantly toward teachers' performance, (9) the variable job satisfaction does not influence positively and significantly toward teachers' performance.

The findings of this research have the important implication for SMKN in Surabaya to run the organization wheel, especially the ability of teachers work, job motivation improvement, leadership principal, organization climate formation that are conducive. All of those variables can improve the teachers performance.