DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarSiswa Kelas X SMK Negeri 1Pogalan. (Tesis)

Tri Adjie Nugroho

Abstrak


Nugroho, Tri Adjie. 2011.Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarSiswa Kelas X SMK Negeri 1Pogalan. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc, dan (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si

 

Kata-kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Motivasi, Hasil Belajar, Program Linier.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terjadi di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Guru biasanya menyajikan materi terlebih dahulu kepada siswa, kemudian memberikan contoh soal, dan selanjutnya memberikan soal-soal latihan kepada siswa. Rata-rata siswa kelas X SMK Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2009/2010 memiliki motivasi belajar yang masih rendah dan nilai ulangan harian materi program linier hanya 60% siswa yang mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.

Dengan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang telah dipaparkan di atas, maka perlu dilakukan upaya pengembangan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan mengaitkan ide-ide matematika dengan realitas disekitar siswa, yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran matematika realistik dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui Pendidikan Matematika Realistik(PMR)

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian meliputi: (1) skor hasil tes, (2) skor hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran,(3) skor hasil angket motivasi siswa, dan (4) hasil wawancara terhadap subjek penelitian.

Penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi program linier. Ketuntasan klasikal tes akhir meningkat dari siklus I ke siklus II, hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, hasil angket motivasi awal siswa dan angket motivasi akhir siswa menunjukkan peningkatan.

Beberapa temuan pada penelitian ini adalah (1) Kesulitan siswa umumnya terletak pada saat mengubah soal cerita ke model matematika dan menggambar grafik, (2) Siswa merasa senang belajar materi program linier melalui pembelajaran matematika realistik. Hal ini dikarenakan permasalahan yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya.

 

ABSTRACT

 

Nugroho, Tri Adjie. 2011.Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarSiswa Kelas X SMK Negeri 1Pogalan. Thesis. Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc, dan (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si

 

Key Words:  Realistic Mathematics Education, Motivation, Learning Results, Linear Programming.

This research is motivated by learning that takes place in SMK Negeri 1 Pogalan Psychology. Learning that takes place is still centered on the teachers so that students only works procedurally and understand mathematics without reasoning. Teachers usually present material to students in advance, then give the example problems, and then provides practice questions to students. Average class X student of SMK Negeri 1 Pogalan 2009/2010 school year have the motivation to learn is still low and the daily tests of material linear program only 60% of students achieving basic competency is determined.

By paying attention to issues that have been described above, it is necessary to develop learning strategies that can improve learning motivation and student learning outcomes by linking mathematical ideas with the reality around the students, namely by applying realistic mathematics learning. Realistic mathematics learning in this research is learning through Realistic Mathematics Education (PMR).

The research method used was action research class with the following steps: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The research data include: (1) test scores, (2) score observed teacher activity and student activity during learning activities, (3) score the student's motivation questionnaire results, and (4) results of interviews with research subjects.

Application of mathematics learning can increase student motivation and learning results of the linear program materials. Classical completeness final test increased action from the action I to act II, observations of teachers and students increased activity of the act I to act II, the initial motivation of student questionnaire and student questionnaire final motivation to show improvement.

Several findings in this study were (1) The difficulties students are generally located at the time of change about the story into mathematical models and draw graphic, (2) Students learn the material feel good linear program through realistic mathematics learning. This is because given the problems associated with everyday life, so that students more easily understand the material learned.