DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Barisan dan Deret Siswa SMPN 2 Pandaan. (Tesis)

Warnoto Warnoto

Abstrak


Warnoto, 2011. Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Barisan dan Deret Siswa SMPN 2 Pandaan. Tesis , Program Magister Pendidikan Matematika RSBI, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang: Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.Sc, (2) Dr. Hery Susanto, Msi.

Kata kunci ; Barisan dan Deret, Meningkatkan Hasil Belajar, Think Pair Share

Berdasar hasil pengamatan sebelum penelitian, diketahui bahwa kualitas proses dan hasil belajar siswa SMPN 2 Pandaan masih dikatakan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi barisan dan deret melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pandaan pada bulan Juli- September 2010. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) menyusun rencana tindakan (2) melakukan tindakan (3) observasi/pengamatan (4) refleksi.

            Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX G SMPN 2 Pandaan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share . Dengan rincian sebagai berikut (1) tahap Think, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada LKS secara individu, (2) tahap Pair siswa diminta untuk mengerjakan soal pada LKS dengan cara berpasangan dengan teman terdekatnya atau kelompoknya, (3) pada tahap Share guru akan memanggil satu orang siswa diminta untuk presentasi di depan kelas untuk menerima pertanyaan temannya dalam hal mengerjakan LKS dan siswa yang lain bisa saring jawaban LKS yang telah dikerjakan pada tahap Think dan Pair.

            Peningkatan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret ditentukan dari pembelajaran siklus 2 yang ditentukan empat komponen yaitu (1) Hasil observasi aktivitas siswa adalah pada pertemuan ke-3, semua observer memberi nilai kategori sangat baik , pada pertemuan ke-4 sama semua observer memberi nilai sangat baik. (2) Hasil tes ke-3 rata-rata kelas 80,6 kriteria penguasaan sangat baik, untuk tes ke-4 rata-rata 81,5 kriteria penguasaan sangat baik. (3) hasil wawancara menunjukan bahwa siswa bisa memecahkan masalah dalam menentukan rumus sendiri, yaitu siswa tahu pada langkah mana siswa salah dan akhirnya bisa membetulkan sendiri walaupun masih ada yang minta bantuan temannya (4) hasil kerja LKS siswa sudah dapat menentukan rumus sendiri walaupun dalam tahap yang berbeda yaitu Think Pair share . Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMPN 2 Pandaan .

 

ABSTRACT

 

Warnoto, 2011. Think Pair Share Learning To Improve the Learning Outcomes . Series and Rows of SMPN 2 Pandaan Students. Thesis, Mathematics Education RSBI Magister Program, Post Graduate Program, State University of Malang: Advisors (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M. Sc, (2) Dr. Hery Susanto, Msi.

Keywords: Series and rows, Improving learning outcomes, think pair share

Based on the observations before, it is known that the quality processes and student learning of outcomes SMPN 2 Pandaan still low. The research aims to improve student learning outcomes in series and rows of materials through cooperative learning type, think pair share. The research is a classroom action research. This research was conducted in SMPN 2 Pandaan in July to September 2010. This experiment was conducted into two cycles, each cycle consists of four phases, those are arrange action plan, action, observation and reflection.

From this research can be concluded that learning mathematics can improve student learning outcomes in class IX G SMPN 2 Pandaan by adopting a type of cooperative learning methods Think Pair Share. The details are as follows (1) Think stage, students are asked to do the problems on the worksheet individually, (2) Pair stage students are asked to do the problems on the worksheet in pairs by his closest friend or group, (3) the teacher will call the phase Share, one student asked for a presentation in front of the class to receive his question in terms of doing worksheets and other students can Share the answer of worksheets strain that has been done on the stage Think and Pair.

The improvement of student learning outcomes in series and rows of determined material from the learning cycle 2, which determined the four components, (1) The observation of student activity ison the 3rd meeting, all observer give very good value category, on the 4th meeting all the observers give the same very good value either. (2) The average class of the 3rd test result are 80,6, mastering criteria is very good. For the average of the 4th test are 81,5, mastering criteria is very good. (3) The result of interviews showed that students can solve the problems in forming his own formula, the students know the steps which is wrong and could eventually fix theirselves, although some of them need help from others friends. (4) the work of the worksheets can determine the formula itself, although in different stages of think pair share. It can be concluded that Think Pair Share learning can improve the learning outcomes of students in SMPN 2 Pandaan