DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif-Produktif terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas x Program RSBI di SMAN 1 Blitar. (Tesis)

Mohamad Norkotib

Abstrak


Norkotib, Mohamad: Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif-Produktif terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas x Program RSBI di SMAN 1 Blitar. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S, (II) Drs. Kadim Masykur, M.Pd.

 

Keywords: Model Pembelajaran, Model Kreatif Produktif, Prestasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, 1) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif (MPKP) dan siswa yang belajar dengan model konvensional; 2) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa; 3) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi apakah terdapat perbedaan prestasi belajar, jika belajar dengan model pembelajaran kreatif-produktif dan belajar dengan cara konvensional; 4) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah apakah terdapat perbedaan prestasi belajar, jika belajar dengan model pembelajaran kreatif-produktif dan belajar dengan cara konvensional.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen deskriptif-kuantitaif untuk menjawab pertanyaan di atas. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar (20 butir soal pilihan ganda) dan tes kemampuan berpikir kritis (15 butir soal pilihan ganda). Data penelitian berupa nilai tes prestasi belajar dan nilai tes kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa kelas konvensional maupun kelas kreatif-produktif. data dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar yang ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas X program RSBI di SMAN 1 Blitar dipengaruhi oleh model pembelajaran kreatif-produktif dan kemampuan berpikir kritis. model pembelajaran kreatif-produktif memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar lebih baik daripada model konvensional. temuan lain penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kreatif-produktif memotivasi siswa aktif belajar, melatih siswa belajar mandiri dan menumbuhkan kreativitas siswa.

 

ABSTRACT

 

Norkotib, Mohamad: The Effect of Creative-Productive Learning Models to learning Achievement in Terms of Critical Thinking Ability of Student in X Class RSBI Program at SMAN 1 Blitar. Advisors: (1) Dr. Muhardjito, M.S, (II), Drs. Kadim Masykur, M.Pd.

 

Keywords: Learning Model, Creative-Productive Model, Learning Achievement

The purposes of the research were to identify and analyze, 1) Are there differences in learning achievement between students who studied with Creative-Productive Learning Models and students who studied with the conventional model, 2) Are there any interactions between models of learning and critical thinking skills to learning achievement; 3) for students who have a high critical thinking skills, are there differences of learning achievement, if studied with the creative-productive learning model and the conventional model; 4) for students who have a low critical thinking skills are there differences of learning achievement, if studied with the creative-productive learning model nd the conventional model.

This research used a descriptive-quantitative experimental design to answer the questions above. Instruments of this research is the learning achievement tes (20 item of multiple choice questions) and test critical thinking skills (15 item of multiple choice questions). The research datas are the score of student achievement test and score of critical thinking skills test that obtained by students in conventional class and creative-productive class. The research data analyzed with two way analysis of variance.

The results of data analysis shows that learning achievement in terms of students' critical thinking skills class X RSBI program at SMAN 1 Blitar influenced by creative-productive learning model and critical thinking skills. Creative-Productive learning model influence on learning achievement better than conventional models. Other findings of this research indicate that the creative-productive learning model motivate student active learning, train to students to learn independently and develop students' creativity.