DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Learning Cycle 5 Fase (LCM) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri I Purwosari. (Tesis)

Agustini Wulan

Abstrak


Wulan, Agustini. 2010. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Learning Cycle 5 Fase (LCM) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri I Purwosari.Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd (2) Dr.H. Arif Hidayat, M.Si.

kata kunci: prestasi belajar, problem based learning, learning cycle 5 fase

Aktivitas pembelajaran fisika yang terjadi di SMKN I Purwosari cenderung berpusat pada guru, siswa bersifat pasif dan kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya.Pada kenyataan sekarang, untuk menghadapi dunia industri, kemampuan berpikir sangat diperlukan siswa untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang sangat kompetitif. Perlu dilakukan pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan pola berpikir siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : menguji perbedaan model pembelajaran PBL dan LCM terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMKN I Purwosari dan Menguji keefektifan model pembelajaran yang digunakan (PBL) atau (LCM) terhadap prestasi belajar siswa SMKN I Purwosari.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental) pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri I Purwosari tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian adalah tiga kelas yang ditetapkan berdasarkan teknik Purposive sampling. Kelas pertama belajar dengan model PBL. Kelas kedua belajar dengan LCM dan kelas ketiga belajar dengan model konvensional. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan 25 butir tes versi 1,0 yang dimodifikasi. Data dianalisis dengan statistik ANAVA satu arah, dan uji Scheffé. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Prestasi belajar pada kelompok PBL lebih tinggi daripada kelompok konvensional (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model LCM dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensionalprestasi belajar siswa kelompok LCM lebih tinggi daripada kelompok konvensional (3) Pembelajaran model PBL lebih efektif daripada model konvensional dalam peningkatan prestasi belajar siswa. (4) Pembelajaran model LCM lebih efektif daripada model konvensional dalam peningkatan prestasi belajar siswa.

 

ABSTRACT

Wulan, Agustini. 2010. Effectiveness Of Problem Based Learning Model Learning and The 5-E Learning Cycle Models Toward Student Achievement Grade X Of Vocational School I Purwosari. Thesis. Study program of Physics Education. Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Dr.LiaYuliati, M. Pd (2) Dr. Arif Hidayat, M.Sc.

 

Key words: Student's achievement, problem based learning, the 5-E learning cycle

Physics learning activity that occurred in Vocational High School I Purwosari tend teacher-centered, students are passive and lack the opportunity to develop their creativity.. Physics teaching and learning needs to be done that can improve students thinking patterns to improve student achievement. This study aimed to examine the differences in the PBL and LC models of grade X student's achievement at Vocational High School I Purwosari, and The effectiveness of the PBL or LC models on student's achievement at Vocational High School I Purwosari. This study used quasi experiment design pretest-posttest control group design. The population of research was a grade X of student at Vocational High School I Purwosari academic year 2009/2010. The samples were assigned three classes based on purposive sampling technique. The First-class with PBL model, the second-class with LC model and the third-class learning with the conventional model. Data were collected with a paper and pencil. Data were analyzed with a statistical one-way ANOVA, and Scheffe test. Tests performed on the null hypothesis significance level of 5%. The results showed that: (1) There were significant differences between the learning achievement of students who learned using the PBL model with students who learn using conventional models. Learning achievement in the PBL model was higher than the conventional model (2) There were significant differences in students achievement between students who learned to used the LC model with students who learned to used the conventional model. Students achievement of LC model was higher than the conventional model (3) The PBL was more effective than the conventional model in improving student's achievement. (4) LC model was more effective than the conventional model in improving student's achievement.