DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Guru dalam Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SD Negeri Sumberbrantas III, SD Negeri Kepampang VII dan SD Negeri Panggangreco IV). (Disertasi)

Suwandi Suwandi

Abstrak


Suwandi, 2010. Peran Guru dalam Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SD Negeri Sumberbrantas III, SD Negeri Kepampang VII dan SD Negeri Panggangreco IV). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd., (2) Prof. Dr. Salladien, (3) Prof. Ahmad Sonhadji K. H., M. A., Ph.D.

 

Kata kunci: peran guru, manajemen pendidikan, peningkatan mutu, sekolah dasar.

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah kurang maksimalnya peran guru terhadap penyelenggaraan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Keberadaan guru sebagai pelaksana program yang pertama dan utama di sekolah diharapkan dapat memainkan perannya secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Namun kenyataan keberadaan guru belum maksimal dan efektif dalam peningkatan mutu pendidikan, karena guru lebih cenderung dituntut menghabiskan target materi dan target nilai ujian nasional. Akhirnya guru kurang menyentuh proses manajemen peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan dan belum sesuai dengan peran dan fungsinya untuk membantu kepala sekolah dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan.

            Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumberbrantas III, SD Negeri Kepampang VII dan SD Negeri Panggangreco IV, bertujuan untuk mendeskripsikan segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi berkaitan dengan peran guru dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar, yang meliputi: (1) peran guru dalam penyusunan program peningkatan mutu pendidikan, (2) peran guru dalam pengorganisasian sumberdaya di sekolah, (3) peran guru dalam pelaksanaan program penigkatan mutu pendidikan, (4) peran guru dalam evaluasi pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan, dan (5) strategi guru dalam pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan rancangan penelitian studi multisitus. Data penelitian berupa: data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara dengan 12 informan, data dokumentasi tentang program peningkatan mutu pendidikan atau program pengembangan sekolah, dan notulen rapat keluarga sekolah, dan data observasi.

            Hasil penelitian disimpulkan, pertama, peran guru dalam penyusunan program peningkatan mutu pendidikan, yaitu: (1) sebagai perencana program, dengan melakukan pengkajian dan evaluasi program dan RAPBS tahun yang lalu, (2) sebagai pemberi masukan dan pertimbangan, sesuai pengkajian dan evaluasi program tahun lalu, (3) sebagai pendukung, aktivitas ini diwujudkan dengan menyetujui program dan RAPBS yang telah disusun melalui rapat pleno dan penganggarannya, (4) sebagai mediator/fasilitator, aktivitas ini diwujudkan dengan mensosialisasi program dan RAPBS kepada wali murid dan penggalangan dana melalui paguyupan kelas. Kedua, peran guru dalam pengorganisasian sumberdaya peningkatan mutu pendidikan yaitu: (1) sebagai pemberi masukan dalam pembuatan profil sekolah dan pembagian tugas, aktivitas peran ini diwujudkan dengan memberikan data prestasi siswa dan sosial ekonomi orang tua, (2) sebagai pendukung, peran ini diwujudkan dengan aktivitas membantu dan memberi dukungan kepada kepala sekolah dalam menyiapkan fasilitas fisik sesuai dengan kebutuhan, dan mendukung teman guru mengembangkan potensi dengan menganggarkan dana diklat, seminar, workshop dan KKG. Ketiga, peran guru dalam pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan yaitu: (1) guru sebagai nara sumber, aktivitas peran ini diwujudkan dalam proses pembelajaran, bahwa guru SD harus mampu dan menguasai seluruh matapelajaran yang diajarkan kepada siswa kecuali pendidikan agama, (2) guru sebagai pelaksana, aktivitas peran ini diwujudkan dengan melaksanakan program yang pertama dan utama, meskipun tugas guru SD merangkap tugas-tugas yang lain masih mampu menambah jam pembelajaran, (3) guru sebagai pemilik (handarbeni) program, aktivitas peran ini dilakukan dengan melaksanakan program secara optimal, karena merasa memiliki dan bertanggungjawab pelaksanaan program dan keberhasilan program peningkatan mutu pendidikan. Keempat, peran guru dalam evaluasi program peningkatan mutu pendidikan yaitu: (1) sebagai evaluator, aktivitas peran ini diwujudkan dengan melakukan evaluasi pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan. Tujuannya untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan ketidak berhasilan pelaksanaan program pembelajaran, ekstrakurikuler, keuangan, sarana prasarana dan pasilitas lain berdasarkan obyek, waktu dan model serta cara evaluasi. Kelima, strategi guru dalam pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan adalah: (1) kepala sekolah bersama guru dalam penerimaan murid baru dengan melalui seleksi. Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menjaring dan memilih calon siswa baru yang lebih baik, (2) melalui disiplin merupakan modal dasar untuk mencapai keberhasilan. Strategi ini dapat membantu proses pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan secara efektif dan efesien, (3) mengadakan meeting, strategi ini dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan dan pekerjaan yang dihadapi pada hari ini dan sedikit evaluasi kegiatan kemarin, (4) hubungan kekeluargaan di sekolah diseeting seperti keluarga di rumah. Strategi ini dilakukan agar tercipta hubungan yang harmonis. Tujuannya agar dapat dengan mudah diajak kerjasama saling membantu dan mudah diajak komitmen dalam proses peningkatan mutu pendidikan, (5) penyelenggaraan pendidikan yang transparansi dan akuntabilitas. Strategi ini dilakukan, agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Tujuannya menambah peran serta orang tua murid dan masyarakat dalam membantu peningkatan mutu pendidikan di sekolah, (6) pembentukan paguyupan kelas, strategi ini dilakukan untuk meningkatkan peran serta orang tua siswa terhadap pendidikan, (7) memberi sarapan pagi kepada siswa, strategi ini dilakukan untuk membiasakan anak agar mau belajar di rumah dan datang ke sekolah siap untuk belajar, (8) mengadakan studi banding, strategi ini dilakukan dengan harapan agar guru mampu ikut dalam pelaksanaan manajemen di sekolah.

            Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi guru perluasan dan pengembangan peran guru dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah diharapkan selalu dikembangkan, (2) bagi kepala sekolah diharapkan memberi peluang kepada guru untuk memainkan perannya dan berpartisipasi aktif dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan, kepala sekolah harus dapat menciptakan transparansi dan akuntabilitas serta selektif dalam melakukan pembagian tugas, (3) bagi pengawas, pengawas diharapkan dapat memberikan bantuan kepada guru yang belum memainkan perannya secara maksimal, pengawas juga diharapkan dapat membantu kepala sekolah, agar dapat melibatkan guru secara maksimal dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan, (4) bagi Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota diharapkan dapat memberikan pelatihan secara terencana dan berkesinambungan kepada pengawas, kepala sekolah dan guru sehingga peran pengawas dan peran kepala sekolah, akan lebih optimal sehingga dapat meningkatkan peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan, (5) bagi pemerintah diharapkan dalam membuat dan mengambil kebijakan yang tepat tentang guru, sehingga dapat memberikan pengaruh yang positif dan dapat memainkan perannya secara maksimal, (6) bagi Ilmu Manajemen Pendidikan temuan penelitian ini menjelaskan bahwa, peran guru dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah sangat memberikan kontribusi dan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan mutu pendidikan, (7) bagi peneliti berikutnya penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut, diharapkan dengan penelitian yang berkaitan dengan topik, terbuka peluang untuk mengembangkan dan mengkaji lebih

mendalam tentang peran guru dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan baik dengan pendekatan yang sama maupun dengan pendekatan yang berbeda.

 

ABSTRACT

Suwandi, 2010. The teacher's Role in Management of Education Quality Improvement at the Three Elementary Schools ( Multicase Study in Elementary School Sumberbrantas III, State Elementary School Kepampang VII, and Public Elementary School Panggangreco IV ) Dissertation, Program Study of Education Management, Postgraduate Program, The State University of Malang . Advisors : ( 1) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd., ( 2) Prof. Dr. Salladien, ( 3) Prof. Ahmad Sonhadji K. H., M.A., Ph.D.

 

Key words : role of teacher, education management, quality improvement, elementary school.

One cause of low education quality is less maximum of teacher's role to implementation of the educational quality improvement in schools. The presence of the teacher as the first and the primary implementer program in schools are expected can play their role maximally, so it can improve the education quality at schools. But, according to the in fact, it has not been maximal and effective to do it yet as a whole, because teachers are required to spend material and national final test score target. Finally, they don't care about management process of the education quality improvement and they haven't been suitable with their role and function to help the school principals in it.

            This research was conducted in SD Negeri Sumberbrantas III, SD Negeri Kepampang VII, and SD Negeri Panggangreco IV, the goal of this to describe a phenomenon and event occurred that related to the teacher's role in management of the education quality improvement in the elementary school, including (1) the teacher's role in arranging the program of the education quality improvement, (2) the teacher's role in organization the human resources in school, (3) the teacher's role in implementing of the education quality improvement program, (4) the teacher's role in the evaluation of implementing of the education quality improvement program, and (5) the teacher's strategy in implementing of the educational quality improvement program in school.

            The approach used in this research is qualitative approach, by using design of study multisitus research. The datum of the research are descriptive data get through interview with 12 informants, documentation of the education quality improvement or school development program, short meeting school family note and observation datum.

            The result of this research concluded that, the first, the teacher's role in arranging of the education quality program, namely (1) as a program planner, by doing review and evaluation program and Cost Estimate Revenue and Expenditure of School (RAPBS) last year, (2) as a provider advise and consideration, based on the assessment and evaluation program last year, (3) as a supporter, this activity is reflected by agreeing the program and Cost Estimate Revenue and Expenditure of School (RAPBS) that has been arranged in plenary meeting and its budget, (4) as a mediator / facilitator, this activity is reflected by the socialization program and Cost Estimate Revenue and Expenditure of School (RAPBS) to the student's parents and collected budgets through the class community. The second, the teacher's role in organization of human resources of the education quality improvement, namely (1) as a provider advise in making the school profile and job description, this role activity implemented by giving the students achievement data and parents' socioeconomic, (2) as a supporter, this role is realized with activities which help and give support to the school principal in preparing physical facilities according to the requirements needed, and support the teacher's friends improve their potential by budgeting the training, seminars, workshop, and Teachers Working Group (KKG). The third, the teacher's role in implementing of education quality improvement program, namely (1) teacher as a guest speaker, this role activity is reflected in teaching learning process, the elementary school's teacher must be able and master all of the material subjects that be taught to the students except religious subject, (2) teacher as an executor, this role activity is realized by doing the first and primary program, although they have the other tasks, they still be able to give the extra lesson, (3) teacher as the owner (posses) of the program, this role activity done by doing the program optimally, because they feel have responsibility of the program and the successful of education quality improvement program. The fourth, the teacher's role in evaluating of education quality improvement program, namely (1) as an evaluator, this role activity is realized by doing an evaluation to the implementation of education quality improvement program. The aim is to know the level of success and lack of success of the implementing learning program, extracurricular, financial, infrastructure and other facilities based on the object, time, models, and how the way to evaluate. The fifth, the teacher's strategies in implementing of education quality improvement program, are (1) the principal and the teachers work together in accepting the new students by doing selection. This strategy was conducted to have the goal in order to be able to recruit and choose the better candidate of new students, (2) through discipline is the authorized to achieve success. This strategy can help the process of implementing of the education quality improvement program effectively and efficiently, (3) held a meeting, this strategy is done to anticipate the problems and the jobs that faced today and a bit of evaluation the activities done yesterday, (4) the family relationship in school is arranged as family at home. This strategy is carried in order to be created the harmonious family. The goal is to be able to cooperate easily and help each other and asked commitment of the education quality improvement process easily too, (5) education executor must be transparency and accountability. This strategy was done in order to get trust from community in organizer of education. The aim is to increase participation of student's parents and community in helping of the education quality improvement in school, (6) forming the class community, this strategy was held to increase the participation of the student's parents to the education, (7) give breakfast to the students, this strategy was done to become accustomed to the children in order to want to study at home and come to the school they have been ready to study too, (8) conducted a comparative study, this strategy was done in the hope the teachers be able to participate in implementing of management of the school.

            Based on the result of this research recommended the following suggestions are, (1) for teachers, expansion and improvement the teachers' role of management of the education quality improvement in school is expected always be developed, (2) for the headmasters are expected to provide opportunities to the teachers to play their role and take apart actively in the management of education quality improvement, the headmaster must be able to create transparency and accountability and give job description selectively, (3) for supervisors, the supervisors are expected to be able to give assistance to the teachers who haven't played their role maximally, also supervisors are expected be able to assist the headmaster, in order to involve the teachers maximally in the management of education quality improvement, (4) for The Office Education District and City are expected to be able to provide the training by planning and annual to the supervisors and the headmaster's role will be more optimal, so it can increase the teacher's role in education quality improvement, (5) for the government is expected to be able to make and take the best policy about teachers, so it can give positive influence and can play their role maximally, (6) for Science Education Management, the finding of the research explain that, the teachers' role of management of the education quality improvement of school give contribute and broad influence to the education quality improvement, (7) for the next researchers, this research requires the further research, expected with the research related to the topic, there are opportunities to develop and examine more deeply about the teachers' role in the management of education quality improvement, in the same or different approach.