DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Teori Perancangan Mesin. (Disertasi)

Muh. Rais Muh. Rais

Abstrak


Muh. Rais: 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Teori Perancangan Mesin. Disertasi, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wayan Ardhana, M.A., (II) Prof. Dr. H. Moh. Dimyati, (III) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

 

Kata Kunci: project-based learning, ekspositori, gaya belajar, prestasi belajar

Standar kompetensi matakuliah perancangan mesin dalam kurikulum Teknik Mesin menekankan penguasaan mahasiswa pada pengetahuan teori dasar perancangan mesin yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam perancangan teknologi tepat guna baik dalam konsep maupun dalam prakteknya. Dalam kenyataannya, pencapian kompetensi ini belum secara maksimal terpenuhi dikarenakan banyak hal, antara lain: pemilihan strategi, metode dan model pembelajaran perancangan mesin.

Pada aspek strategi, penyampaian materi pembelajaran perancangan mesin oleh dosen kurang mendapat peran yang lebih aktif pada mahasiswa dalam memecahkan masalah-masalah nyata. Akibatnya, prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah teori perancangan mesin menjadi rendah. Untuk menjawab persoalan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan proyek nyata.

Salah satu strategi pembelajaran yang secara empiris banyak digunakan dalam membantu mahasiswa meningkatkan prestasi belajarnya adalah strategi pembelajaran Project-Based Learning. Rancangan pembelajaran ini menekankan pada belajar secara mandiri dan kolaboratif. Mahasiswa belajar menemukan keterampilan merencanakan, mengorganisasi, bernegosiasi, dan membuat konsensus tentang isu-isu nyata. Sebagai pembanding keefektifan strategi pembelajaran project-based learning digunakan strategi pembelajaran ekspositori yang sering diterapkan pada mata kuliah teori peracangan mesin.

Selain strategi pembelajaran, faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran adalah kondisi pembelajaran. Salah satu kondisi pembelajaran diantaranya adalah gaya belajar. Gaya belajar berkaitan dengan cara individu dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memberi sumbangan yang besar didalam pencapaian prestasi akademik. Sejauh mana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar merupakan konsentrasi penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi project-based learning dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengkaji perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar diverging, gaya belajar converging, gaya belajar assimilating, dan gaya belajar accommodating, dan (3) mengkaji interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar.

Penelitian quasi experimental dengan rancangan the factorial version of nonequivalent control group design digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Mesin FT Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT Universitas Negeri Makassar yang berada pada semester IV tahun akademik 2009-2010. Jumlah keseluruhan berdasarkan data program studi jurusan Teknik Mesin adalah 106 orang yang terdiri dari 58 orang program studi S1 dan 48 orang program studi D3. Data gaya belajar dikumpulkan menggunakan tes gaya belajar David A. Kolb, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar yang dikembangkan oleh peneliti. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan ANOVA faktorial 2x4 dengan menggunakan SPSS 15.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran project-based learning dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (F=5.336; p=0.023), 2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar diverging, converging, assimilating dan accommodating, (F=1.745;p=0.163), dan 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar belajar matakuliah teori perancangan mesin (F=0.229; p=0.876). Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan strategi project-based learning memiliki pengaruh yang lebih baik dengan skor rata-rata 72.431 dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang memiliki skor rata-rata relatif lebih kecil 68.125. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, diharapkan pengajar dapat menerapkan strategi project-based learning dalam praktek pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

 

ABSTRACT

 

Muh. Rais: 2010. The Effect of Learning Strategies and Styles on Learning Achievement of Machine Design Theory. Dissertation, Learning Technology Department, Graduate Program, Malang State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Wayan Ardhana, M.A. (II) Prof. Dr. H. Moh, Dimyati, (III) Dr. Waras Kamdi, M. Pd.

 

Keywords: project-based learning, expository, learning styles, learning achievement

Based on Mechanical Engineering curriculum, Machine design course competency standard emphasizes students to be master in basic theory of machine designing as a protection in appropriate designing technology both in concept and practice. In fact, the achievement of this competence has not optimally fulfilled because some problems which are: the selection of strategies, methods and design of machine learning models.

In strategy aspect, the students do not give active response to solve real problems in delivery of learning materials of machine designing by lecturers. So, the students' learning achievement of machine theory are low. To solve the problem, it needs learning strategy to make students active in solving real projects and problems.

One of learning strategies which is usually used to help students to improve their academic achievement empirically is Project-Based Learning strategy. The design of this study emphasizes individual and collaborative learning. The students learn skills to plan, organize, negotiate and create consensus based on the real issues. It is used expository learning strategy which is usually applied in machine designing theory study as a comparative effectiveness of project-based learning strategy.

An other important factor which is needed in learning is learning conditions. One of them is learning style. Learning style relates to individuals' technique in getting knowledge and skills which gives a large contribution in the attainment of academic achievement. The study concentration was how the main effects and interaction effects of learning strategies and learning styles on learning achievement. The study purposes were: (1) examine the academic achievement differences between groups of students who learned using project-based learning strategies and expository learning strategies, (2) examine the academic achievement differences between groups of students who learned using diverging, converging, assimilating, and accommodating learning styles, and (3) examine the interaction between learning strategies and learning styles.

Quasi experimental research design with the factorial version of the nonequivalent control group design is used to achieve that goal. The study was conducted at Department of Mechanical Engineering (FT) of State University of Makassar. This subject study was students of fourth semester of academic year 2009-2010 of Department of Mechanical Engineering (FT) of State University of Makassar. Based on data of Department of Mechanical Engineering, the total numbers of the students were 106 people consisting of 58 students of S1 study program and 48 students of D3 study program. Learning style data were collected using David A. Kolb learning style test, whereas study result data were collected using learning achievement test which was developed by researchers. The data were analyzed as descriptive and 2x4 factorial ANOVA by using SPSS 15.0 for Windows.

The results showed that 1) there was significant academic achievement differences between groups of students who learned using project-based learning strategies and expository learning strategies (F = 5.336;p = 0.023), 2) there was no academic achievement differences between groups of students who learned using diverging, converging, assimilating, and accommodating learning styles (F = 1.745;p = 0.163), and 3) there is no interaction between learning strategies and learning styles on learning achievement of machine designing theory study ( F = 0.229;p = 0.876). Results of descriptive statistics showed that the use of project-based learning strategy had a better effect with an average score 72.431 compared with expository teaching strategies which had smaller relative average score 68.125. Based on the research findings, teachers were expected to apply the project-based learning strategy in learning practice in order to achieve learning objectives optimally.