DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Belajar Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2009/2010

Rahayuningsih Rahayuningsih

Abstrak


Rahayuningsih, 2011, Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Belajar Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis, Jurusan IPA Terpadu, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd., (2) Dr. Ibrohim, M.Si

Kata kunci:     Motivasi belajar, Aktivitas Kooperatif, Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Pembelajaran Kontekstual

 

            Melihat permasalahan yang terjadi di SMPN 3 Jember yaitu kurangnya motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang masih rendah maka perlu adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran biologi di sekolah dengan tepat. Aktivitas siswa juga masih rendah dan siswa masih sedikit mendapat kesempatan bekerjasama dalam tugas kelompok. Masalah tersebut dicoba diatasi dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual akan menjadikan pembelajaran bermakna karena selalu dikaitkan dengan kehidupan nyata, sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran. Metode belajar kooperatif TGT (Teams Games Tournament) sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan yang menyenangkan dan menantang.

            Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran, siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode belajar kooperatif TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010.Waktu penelitian mulai Bulan Januari sampai dengan Bulan Juni 2010.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis data dengan angket menunjukkan ada peningkatan motivasi dari sebelum tindakan yaitu 76,1% dengan kriteria baik menjadi 84% di akhir tindakan dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data melalui lembar observasi, motivasi belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 64% ke siklus II sebesar 80,1%, sehingga peningkatan motivasi belajar adalah sebesar 16,1%. Aktivitas kooperatif siswa mengalami peningkatan dari siklus I (80,4%) ke siklus II (85,8%), sehingga peningkatan aktivitas kooperatif sebesar 5,4%. Hasil belajar siswa berupa tes kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus I (75%) ke siklus II (89,3%). Secara klasikal peningkatan tersebut sudah memenuhi ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%. Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode belajar kooperatif TGT dapat memberikan respons positif dengan kategori skala sikap sangat baik (4,18).

            Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran sebagai berikut: (1) guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran ini dalam melaksanakan pembelajaran biologi karena siswa merasakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, melatih kerjasama dengan teman, membantu siswa membangun kebiasaan berpikir positif dan memotivasi siswa supaya lebih giat belajar, (2) pembelajaran kooperatif TGT salah satu komponennya adalah pemberian penghargaan kepada siswa berupa piagam sebagai bentuk penguatan (reinforcement), maka hendaknya kepada guru dalam penerapan pembelajaran kooperatif tidak melupakan komponen ini, karena penghargaan dapat menimbulkan kepuasan dalam diri siswa dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

ABSTRACT

 

Rahayuningsih, 2011. Contextual Learning using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Learning to Enhance Motivation, Activity and Achievement on Biology for the Seventh Grader Students of State Junior High School 3 Jember in 2009/2010. Thesis. Science Department. Postgraduate Program, State University of Malang. Advisor: (1) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd, (2) Dr. Ibrohim, M.Si

 

Keywords: Learning motivation, Cooperative activities, Achievement, TGT Cooperative learning, Contextual learning

 

Considering the problems occurred in State Junior High School 3 Jember, that was lack of students motivation and low achievement, it exactly needs new innovations in learning Biology. The low activities and few chances of working cooperatively in a team, are possibly solved by contextual learning. Contextual learning may result in more meaningful learning in which it is always related to real life, so that the students are easier to understand the lesson. Teams Games Tournaments (TGT) cooperative learning method as an alternative to increase students learning motivation, because this method is not only challenging but also more interesting activities.

This study was classroom action research which was done in two learning cycles, in which each consist of four meetings. This study aims was to know the increase of learning motivation, activities and achievement of students in Biology subject through the implementation of contextual learning using TGT learning method. The subject of this study was 28 seventh grader students of State Junior High School 3 Jember. This study started in January to June 2010.

The result of the study indicated that there were increasing of the students motivation from cycle I to cycle II. The result of data analysis from the questionnaires indicated that there was an increase of motivation before the action research from 76.1% with good criteria into 84% at the end of the action research with very good criteria. The result of data analysis from observation indicated that there were increasing of motivation from cycle I (64%) to (80.1%) in cycle II. It means that there was an increase of 16.1%. Cooperative activities of he students also increase from 80.4% in cycle I to 85.8% in cycle II with the increased percentage number of 5.4%. The achievement of the students resulted from cognitive test indicated that there were increasing from cycle I to cycle II. The increase of classical mastery from cycle I (75%) to cycle II (89.3%) has already fulfilled the standard mastery of 85%. The implementation of contextual learning using TGT cooperative learning provided positive responses with very good attitude scale category (4.18).

On the basis of the finding of the study, there are some suggestions such as (1) teachers should implement this kind of teaching and learning activities for teaching Biology subject because the students have to be involved directly within interesting learning process atmosphere and conducting good cooperation among the students in order to help them build more positive thinking and motivate them to be more actively involved in the Biology subject teaching and learning process, (2) one of the components of TGT cooperative learning is giving certificate as one of the forms of reinforcement, therefore it is suggested that teachers should not neglect this essential component, because this reinforcement can increase the students satisfaction that may result in the increase of motivation.