DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Permasalahan Penerapan Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar. (Disertasi)

Ari Pudjiastuti

Abstrak


Pudjiastuti, Ari. 2011. Permasalahan Penerapan Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (2) Prof. Dr. H. Moh. Dimyati dan (3) Dr. H. Sulton.

Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Kelas Awal Sekolah Dasar

Sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006, telah terjadi perubahan paradigma dalam pendidikan, dari kurikulum yang sentralistik menjadi kurikulum yang desentralistik, termasuk di pendidikan dasar. Perubahan tersebut terjadi pada pembelajaran di kelas awal, yang semula menggunakan pendekatan mata pelajaran menjadi pendekatan tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu teknik dari pembelajaran terpadu yang mengaitkan konsep-konsep dari beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatu. Dengan suasana tersebut, anak akan terlatih mengaitkan informasi yang satu dengan informasi yang lain sehingga dapat menghadapi situasi silang lingkungan, silang pengetahuan, ataupun silang perangkat dengan keasyikan yang menyenangkan dan sekaligus menjadikan mereka belajar aktif dan terlibat langsung dalam kehidupan nyata. Perubahan ini berpengaruh pada kesiapan sekolah untuk menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik, terutama guru sebagai pelaku pembelajaran.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sumatera Barat dan Kalimantan Barat. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan persiapan pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar? (2) Bagaimana permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar? (3) Bagaimana permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan penilaian pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan persiapan pembelajaran tematik antara lain : (1) Guru mengalami kesulitan dalam menjabarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator terutama dalam hal menentukan kata kerja operasional yang tepat; (2) Guru kesulitan dalam mengembangkan tema dan contoh tema tidak selalu sesuai dengan kondisi lingkungan belajar siswa; (3) Guru kesulitan cara melakukan pemetaan bagi Kompetensi Dasar yang lintas semester dan Kompetensi Dasar yang tidak sesuai dengan tema; (4) Beberapa contoh silabus pembelajaran tematik yang ada sangat beragam pendekatannya sehingga menimbulkan masalah dan keraguan untuk menggunakan; (5) Guru kesulitan dalam merumuskan keterpaduan berbagai mata pelajaran pada langkah pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Permasalahan pelaksanaan pembelajaran tematik antara lain : (1) Keterbatasan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengajarkan lagu anak-anak sesuai tema; (2) Bahan ajar yang tersedia masih menggunakan pendekatan mata pelajaran sehingga menyulitkan guru memadukan materi sesuai tema; (3) Bahan ajar tematik masih bersifat nasional sehingga beberapa materi kurang sesuai dengan kondisi lingkungan belajar siswa; (4) Model team teaching sesuai untuk kondisi sekolah yang menerapkan sistem guru bidang studi. Namun model ini memerlukan koordinasi dan komitmen yang tinggi pada masing-masing guru; (5) Sekolah yang kekurangan jumlah guru menerapkan model pembelajaran kelas rangkap, sehingga kesulitan menerapkan pembelajaran tematik di kelas awal; (6) Untuk guru kelas dapat menggunakan model webbed yakni pembelajaran yang menggunakan suatu tema sebagai dasar pembelajaran dalam berbagai disiplin mata pelajaran; (7) Lingkungan sekolah di wilayah kabupaten masih standar dan sarana teknologi sangat kurang karena sarana pendukungnya yang tidak memenuhi syarat; (8) Guru membuat rangkuman atau kesimpulan bersama-sama dengan siswa dilakukan setiap hari di akhir pelajaran dan di akhir tema setelah berlangsung beberapa kali pertemuan; (9) Jadwal yang menggunakan mata pelajaran menyulitkan guru dalam memadukan berbagai mata pelajaran secara luwes; (10) Penggunaan jadwal tema lebih luwes dalam penyampaian pembelajaran tematik, namun memerlukan perencanaan yang matang dalam hal bobot penyajian antar mata pelajaran.

Permasalahan penilaian pembelajaran tematik antara lain : (1) Guru kesulitan dalam melakukan penilaian bagi siswa kelas 1 yang belum lancar membaca dan menulis; (2) Penilaian lisan, unjuk kerja, tingkah laku, produk maupun portofolio sudah dilakukan namun jarang didokumentasikan; (3) Guru masih kesulitan membuat instrumen penilaian unjuk kerja, produk dan tingkah laku, sehingga cenderung lebih suka menggunakan penilaian tertulis; (4) Guru masih kesulitan menentukan Kriteria ketuntansan Minimal; (5) Guru juga menemui kesulitan dalam cara menilai pembelajaran tematik, karena rapor siswa menggunakan mata pelajaran.

 

ABSTRACT

Pudjiastuti, Ari. 2010. Problems in Applying Thematic Instruction in the First Grade of Elementary School. Dissertation, Instructional Technology Department, Post-Graduate Program, State University of Malang. Advisor: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (2) Prof. Dr. H. Moh. Dimyati and (3) Dr. H. Sulton.

Keywords: Thematic Instruction, first grade of elementary school.

Since School-based Curriculum has prevailed in 2006, there is a paradigm change in education, a change from centralist to decentralist curriculum, including in early education. This change has happened in the learning approach of early classes, which previously used course approach and now is using thematic approach. Thematic Instruction is one of integral learning techniques that focus on concepts from some courses with core centre as the theme. In that situation, children are going to be trained to get one information with another that they are able to face enjoyable cross-environment, cross-knowledge or cross equipment states and this situation can make them study actively and merge directly with real life. This change influences school preparation to have learning activity by utilizing thematic approach, especially for teachers as the learning agents.

The approach used in this research is qualitative descriptive. This research location in West Sumatra and West Kalimantan. The focuses of this research were (1) What are the problems regarding the preparation of applying thematic instruction in first graders of elementary school? (2) What are the problems regarding the implementation of applying thematic instruction in first graders of elementary school? (3) What are the problems regarding the evaluation of applying thematic instruction in first graders of elementary school?

Results showed that the problems in the preparation of thematic instruction are: (1) Teachers having difficulties in presenting Competence Standards and Basic Competence into indicators especially in defining appropriate operational verbs; (2) Teachers having difficulties in developing themes as well as examples which are not always fit with students' learning environment; (3) Teachers having difficulties in mapping Basic Competence across semester and Basic Competence which is improper with the themes given; (4) Several examples available for thematic instruction syllabus are vary in the matter of approach, resulting in problems and doubts in its usage; and (5) Teaches having difficulties in formulating cohesiveness of different subjects into Learning Implementation Plan (RPP).

The problems in the application of thematic instruction are including: (1) A limitation of teachers' ability in performing games and kids songs; (2) Learning materials available are still using the approach of subjects, which results in teachers having difficulties in combining material according to the theme; (3) Thematic materials are still national-based, results in inappropriateness of materials in accordance with students' learning environment; (4) Team teaching model are appropriate with the schools applying the system of subject teachers. However, this model needs high coordination and commitment from each teacher; (5) On the other side, there are schools which are understaffing, results in teachers having difficulties in applying thematic instruction in first graders of elementary school; (6) Class teachers could use webbed model, i.e. using a particular theme as a learning principal for several subjects; (7) School environments in regencies which are still on the standard and the lacking technology due to inappropriate supporters; (8) Teachers and students making summaries in the end of learning activities everyday and in the end of a theme after several meetings; (9) Schedule of subjects which hinder the teachers in combining different subjects flexibly; and (10) The use of theme schedule which is more flexible in the thematic instruction but need more planning regarding the presentation's quality between subjects.

The problems in the evaluation of thematic instruction are: (1) Teachers having difficulties in evaluating first graders who are still unable to read and write fluently; (2) Verbal evaluation, work performance, behavior, products as well as portfolios which have yet to be documented; and (3) Teachers having difficulties in making instruments for performances, products and behavior, which make written evaluation more preferable; (4) Teachers having difficulties in determining Minimum Achievement Criteria; and (5) Teachers having difficulties in evaluating thematic instruction due to students' report which are still subject-oriented.