DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung di Kelas III Sekolah Dasar. (Disertasi)

Mohammad Ilyas

Abstrak


Ilyas, Mohammad. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung di Kelas III Sekolah Dasar. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Suparno, (2) Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd, dan (3) Prof. Dr. H. Ahmad Rofi'uddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Membaca, Menulis, Berhitung

Pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung merupakan tuntutan sekaligus sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi siswa kelas-kelas awal/khususnya kelas III sekolah dasar. Pola pikir siswa kelas III masih cenderung melihat/memandang segala sesuatu sebagai satu keutuhan. Namun, cara belajarnya sudah dipolakan terpisah-pisah. Ketidaksesuaian antara karakteristik berpikir siswa dengan cara belajarnya cenderung mengakibatkan kemampuan berpikirnya kurang dapat berkembang secara maksimal yang akhirnya dapat menyebabkan kegagalan studinya. Pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung terbukti sejalan dengan karakteristik berpikir siswa. Melalui pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung, siswa dapat memahami berbagai konsep mata pelajaran sebagai satu keutuhan makna dalam teks/tema.

Sejalan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan model pembelajaran tematik melalui kegiatan membaca, menulis, dan berhitung untuk kelas III sekolah dasar. Fokus pengembangan adalah (1) bahan pembelajaran tematik yang dilengkapi dengan (2) perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP), (3) petunjuk guru.

Untuk memcapai tujuan tersebut digunakan desain model Reflective, Recursive Design and Development (R2D2). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap desain dan pengembangan, tahap deseminasi. Uji produk penelitian pengembangan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu uji coba produk dengan validasi teoretik dan validasi empirik, dan uji eksperimentasi. Validasi teoretik melibatkan para ahli dan praktisi. Para ahli terdiri atas: ahli teknologi pembelajaran, ahli pembelajaran tematik dan pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar, ahli pembelajaran bahasa, Ahli kesekolahdasaran, ahli pembelajaran Matematika sekolah dasar, ahli pembelajaran IPA, ahli pembelajaran IPS sekolah dasar, ahli pembelajaran PKn. Para praktisi yang dilibatkan terdiri atas para guru kelas III sekolah dasar dan siswa kelas III sekolah dasar. Validasi empirik dilakukan secara berulang sampai ditemukan produk yang memadai. Uji eksperimentasi produk dilakukan dengan teknik praeksperimen.

Data penelitian ini terdiri atas dua macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik (1) dokumentasi, (2) observasi, dan (3) tes/tugas. Data kualitatif terdiri atas: dokumen, catatan lapangan, dan saran/petunjuk para ahli. Data kualitatif tersebut dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis, kreatif, dan reflektif. Data kuantitatif terdiri atas: data uji validitas dan reliabilitas butir soal, data uji kelompok terbatas, data uji lapangan, dan data uji efektivitas. Data kuantitatip tersebut dianalisis dengan metode statistik deskriptif untuk mengetahui persentase jawaban siswa, para ahli, dan guru. Data uji validitas dan reliabilitas butir soal terdiri atas: data butir soal uraian dan data butir soal pilihan ganda. Data butir soal uraian dianalisis dengan korelasi product moment dengan angka kasar melalui program SPSS 16.00 for windows. Data butir soal pilihan ganda dianalisis melalui program ‘Anates' versi 4.0.2.Oktober 2003. Data uji lapangan dan uji efektivitas bahan pembelajaran dihitung dengan uji-t sampel berpasangan melalui program SPSS 16.00 for windows.

Hasil pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran tematik untuk kelas III sekolah dasar dan deskripsi efektifitasnya. Perangkat pembelajaran tematik tersebut meliputi (1) Bahan Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung; (2) Perencanaa Pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP; (3) Petunjuk Guru (4) Alat penilaian. Bahan Pembelajaran Tematik Berbasis Membaca, Menulis, dan Berhitung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar.

Bahan pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas bahan bacaan dan bahan pembelajaran menulis. Bahan bacaan terdiri atas: teks, alat tes. Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan pembelajaran yang dikembangkan layak untuk siswa kalas III sekolah dasar. Teks yang dikembangkan layak untuk bahan bacaan siswa. Alat tes pemahaman isi teks juga layak untuk siswa. Hasil validasi para ahli dan praktisi menunjukkan layak untuk siswa. Hasil uji lapangan menunjukkan efektif untuk pembelajaran siswa. Hasil eksperimen juga menunjukkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil validasi silabus oleh para ahli menunjukkan layak. Hasil validasi guru kelas juga menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran oleh para ahli menunjukkan layak dan guru kelas menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar. Hasil validasi petunjuk guru pembelajaran tematik BMMB oleh para ahli menunjukkan layak dan guru kelas menyatakan mudah dipahami dan mudah dilaksanakan dalam pembelajaran kelas III sekolah dasar.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa produk pengembangan ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis statistik keenam model menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor prates dengan skor postes. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbasis membaca, menulis, dan berhitung efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas III sekolah dasar.

 

ABSTRACT

 

Ilyas Mohammad, 2010. Developing Reading, Writing, and Computing-based Thematic Instructional model in Class III of Elementary School. Dissertation. Indonesian Language Study Program. Post Graduate Program. State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. H. Suparno, (2) Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd., and (3) Prof. Dr. H. Ahmad Rofi'uddin, M.Pd.

 

Keywords: Thematic Instruction, Reading-based, Writing-based, and Computing-based.

Reading, Writing and Computing-based thematic instruction is a demand as well as solution to tackle problems faced by students of preliminary classes, especially those of class III in elementary school. Students' pattern of thought tend to see all as unity. However, the learning strategy has been patterned separately. The inexpediency between the characteristics of students' thinking with their learning strategy makes their thinking ability less developed which in turn take part in their failure of study. the findings of this study shows that Reading, Writing, and Computing-based thematic instruction is inline with characteristics of students' thinking. Through learning process of reading, writing and computing, students are able to understand various concepts of subjects in text/theme as one whole meaning.

In line with the above problem, this developmental study aims at developing model of thematic instructional materials through reading, writing and computing for class III of elementary students. The model of instructional materials are equipped by (1) syllabus model of thematic instruction; (2) lesson plan model of thematic instruction; (3) teacher guidance model of thematic instruction.

To achieve the above stated objective, model design of Reflective, Recursive Design and Development (R2D2) is employed. This study is conducted using three stages, namely; defining stage, designing and developing stage and disseminating stage. There are two kind of test for the product of this developmental study. they are product trial using theoretical and empirical validation and experimentation test. Theoretical validation involves experts and practitioners. The experts are instructional technology experts, thematic instruction expert, and Indonesian Language Teaching experts, Language Teaching expert, elementary education experts, mathematic expert for elementary school, science teaching experts, social science experts, Civic study experts. The practitioners are teachers and students of Class III. Empirical validation is conducted repeatedly until sufficient product can be found. It involves teacher and students of class III. Test of product experimentation is conducted using quasi-experiment technique.

There are two data for this study, namely: qualitative and quantitative data. The data are collected using (1) documentation, (2) observation, and (3) test. Qualitative data are analyzed using domain analysis technique with critical, creative and reflective principle. Quantitative data are analyzed using descriptive statistic method to know the percentage of answer from students, experts and teachers. Data of open ended question are analyzed using Alpha SPSS 16.00 for Windows. Multiple choice test data are analyzed using "Anates of 4.0.2 version of October 2003. data of field test and test of instructional material effectiveness are computed using t test with SPSS 16.00 for windows.

The result of development is thematic instructional materials for class III of elementary school and its description of effectiveness. The thematic instruction sets include (1) model of Reading, Writing and Computing-based thematic instruction; (2) syllabus, (3) lesson plans (4) teachers guidance. Reading, Writing and Computing-based thematic instruction is effective to improve learning achievement of class III students.

Instructional materials developed consist of text, test instruments, and instructional materials for writing. Repeated test, expert/practitioner validation, field test and experiment data shows that the instructional materials developed is proper for students of elementary school. Texts are proper for students as well as test instruments. Validation result from experts and practitioner shows that it is proper. Field test findings show that it is effective for learning. Experiment result also shows that it is effective to improve students' achievement.

Validation result for syllabus done by expert shows that it is proper. Validation by teacher shows that is easy to understand and implement for teaching process in class III. Validation result for lesson plans done by expert shows that it is proper and teacher states that it is easy to understand and implement for teaching process of class III/ validation result by teacher shows that Reading, Writing and Computing-based thematic instruction is proper and teacher also states that it is easy to understand and implement for teaching process in class III.

The result of experiment shows that the development product is effective to improve students' achievement. The result of statistical analysis shows that the six models shows the same result, namely, there is a significant difference between pre and post test score. Thus, it can be concluded that Reading, Writing and Computing-based thematic instruction is effective to be used in teaching process for class III students.