DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas X Semester II Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dengan Model Dick And Carey. (Tesis)

Karunia Puji Hastuti

Abstrak


Karunia Puji Hastuti, 2010. Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas X Semester II Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dengan Model Dick And Carey. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd., (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata kunci: bahan ajar geografi SMA/MA kelas X, pengembangan model Dick and Carey.

Orientasi penyediaan bahan ajar di berbagai sekolah di Indonesia saat ini, terutama bahan ajar geografi, hanya difokuskan pada segi kuantitas. Fakta menunjukkan bahwa penyediaan bahan ajarpenunjang pembelajaran geografi di sekolah hanya mempertimbangkan segi proporsi jumlah siswa dengan jumlah bahan ajaryang tersedia. Dari segi kualitas, masih banyak materi pada bahan ajarpelajaran geografi yang sebenarnya menunjukkan kelemahan yang mendasar yaitu teks geografi "mengabaikan" aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, penyajian gambar, serta ketercernaan materi. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan bahan ajar yang mengarah pada perbaikan dari tiap aspek tersebut.

Produk bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kaidah keilmuan geografi, standar isi dan kaidah penulisan bahan ajar melalui modifikasi model Dick dan Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan lima langkah, yakni: (1) mengidentifikasi standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator berdasarkan konsep BSNP, (2) melakukan analisis materi pelajaran, (3) pengembangan dan penulisan bahan ajar, (4) melakukan validasi bahan ajar, (5) merevisi produk akhir hasil pengembangan bahan ajar.

Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi pelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (75%). Hasil uji coba pada ahli rancangan pembelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba ahli bahasa berada dalam kategori sangat baik (92%), tetapi masih ada beberapa kesalahan pengetikan dan pemenggalan kata. Hasil uji coba lapangan pada siswa, bahan ajar berada dalam kategori sangat baik (86%). Sedangkan hasil uji coba lapangan pada guru, bahan ajar berada dalam kategori sangat baik (92%).

Saran pemanfaatan: (a) bagi guru dan siswa harus memperhatikan petunjuk penggunaannya pada bagian awal dari bahan ajarini, (b) sebelum mempelajari bahan ajar ini, baca dan pahamilah abstraksi isi bahan ajaryang mewakili peta konsep yang tersedia, (c) dalam mempelajari setiap sub bab, pahamilah abstraksi yang terdapat di awal setiap pembahasan sub bab, (d) untuk membantu memahami setiap uraian materi, guru dan siswa dapat melihat kata kunci yang tersedia di tiap paragraf, (e) dalam mempelajari setiap uraian materi, jangan lewatkan latihan/tugas yang telah disediakan. Dengan mengerjakan tugas/latihan tersebut siswa/guru akan mengetahui seberapa jauh siswa telah menguasai materi tersebut, (f) bila terdapat istilah asing yang kurang dimengerti, siswa dapat melihat lembar glosarium yang terdapat di dalam bahan ajar, dan (g) telusurilah alamat website yang terdapat dalam bahan ajar ini, sehingga siswa akan memperoleh informasi dan pengetahuan yang lebih luas dan melatih siswa untuk memanfaatkan teknologi.

Saran desiminasi: (a) Mengadakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan bahan ajar, khususnya bahan ajar geografi untuk SMA/MA, (b) Diperkenalkan kepada forum-forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi, dan (c) Dimuat dalam suatu rubrik atau kolom penulisan bahan ajar di alamat suatu website.

Pengembangan selanjutnya: (a) pengembangan bahan ajar geografi terbatas hanya pada kelas X semester II pada materi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Untuk menghasilkan produk bahan ajar secara utuh sebaiknya dikembangkan untuk dua semester (semester satu dan semester dua), (b) uji coba bahan ajar ini terbatas di Kota Banjarmasin. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berlaku secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia, (c) untuk menghasilkan produk bahan ajar yang dikembangkan secara lebih berkualitas dibutuhkan waktu penelitian dan pengembangan yang relatif lama (multyyears). Hal tersebut perlu dilakukan sebab bahan ajar yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh siswa seluruh Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dan yang lebih penting adalah mendorong siswa untuk mau membaca bahan ajar, dan (d) dalam uji coba pengembangan bahan ajar ini tidak sampai memperhatikan pengaruh bahan ajar hasil pengembangan terhadap hasil belajar siswa. Untuk memperoleh hasil yang lebih berkualitas pada pengembangan bahan ajar ini sebaiknya dilakukan tes kepada siswa sebelum dan sesudah membaca bahan ajarhasil pengembangan ini.

 

ABSTRACT

Karunia Puji Hastuti. 2010. The Development of Geography Text Book For Senior High School (SMA/MA) Grade X on The Material of Hydrosphere and Its Effect Human Life With Dick and Carey Model. Thesis, Geography Education Department, Post Graduate Program, State University of Malang. Consultant: (1) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si

 

Keyword: geography text book SMA/MA grade X, the development of Dick and Carey Model.

            The orientation of text book supply in many school in Indonesia, especially for geography is only focused on quantity. In fact the supply of book to support geography learning in school only considered with the proportion of students' number. In quality aspect, there are still many books show the basic weaknesses namely "ignoring" language truth aspect, fact/data, concept, generalization, picture performance and material acceptance. Therefore it needs for a problem solution alternative by developing or improving text book oriented in those aspect.

            Product of text book developed is based on the scientific rule of geography content standard and the rule of book writing through modification of Dick and Carey Model (2001). Procedures of development for this model consist of ten step but in this case, only five step were done. They are: 1) identifying competence standard, basic competence and indicator based on the concept BSNP, 2) analyzing the learning material, 3) improving and writing text books, 4) validating text book, 5) revising the final product of text book development.

            Based on the result of validation on material expert, text book is in good category (75%). The result of test on learning design, text book is in good category (71%). The result of language text expert test, text book is in very good category (92%). But there still many mistyping and incorrect pause. The result of test on the students, text book is in very good category (86%). While the result of test on teacher, text book is in very good category (92%).

            Usage suggestion: (a) for teacher and students, must pay attention to the usage instruction on the initial part of the text book, (b) before learning this text book, read and comprehend the abstract which represent the available mind mapping, (c) in learning every sub chapter, comprehend the abstract in the initial of discussion of each sub chapter, (d) to helping in comprehending every material explanation, the teacher and students can see the keywords of each paragraph, (e) in learning material explanation, don't miss the exercises and tasks. By doing the exercises/tasks, students and teacher would know hor far the student can comprehend those material, (f) if there is unknown foreign term, the students can see the glossarium in the text book, (g) visit the address of website available in this text book, so the student can get wider information and knowledge and train the student to be familiar in using technology.

            Dissemination suggestion: (a) holding a regional seminar or even a national seminar about text book development especially geography text book for senior high school (SMA/MA), (b) introduced to the organization of teacher especially for geography teacher, (c) publicated in a rubric or column of book writing in a website.

            Further development: (a) the development of geography text book is limited in grade X, semester II on the material of hydrosphere analysis and its effect to the human life. There should be two semester development to produce a complete text book, (b) the test of this book is restrict in Banjarmasin, its must be examined in the spread area in Indonesia to produce more valid text book, (c) for producing a high quality of text book. It needs for long time research (multi years). It is important to do since text book is expected to be used by the students in Indonesia to support the students to read more, (d) in examining the text book, it is not focused on the effect of text book toward the students achievement. It should be done to get the higher quality of text book development. It can be examined before and after reading the result of this text book development.